Inilah Berbagai Jenis Pondasi Beserta Fungsinya yang Perlu Diketahui

ngasih.com. Apabila kamu sedang berencana untuk membuat rumah sendiri, ada baiknya kamu mulai menggali informasi terkait ilmu-ilmu teknik sipil dan perencanaan bangunan. Salah satu yang terpenting, yaitu jenis-jenis pondasi yang bisa dipilih, serta fungsi dan keunikannya masing-masing. Karena, bisa dikatakan, pondasi merupakan bagian terpenting dari suatu rumah atau bangunan.

Pondasi, bertindak sebagai penopang utama yang menanggung beban pada struktur, lantas meneruskan beban tersebut ke lapisan tanah. Oleh karena itu, pondasi menjadi kunci penting yang menentukan tingkat kekuatan dan ketahanan hasil konstruksi. Pondasi yang digunakan untuk rumah dengan satu lantai, tentu berbeda dengan rumah berlantai dua atau tiga.

Maka, agar proses pengawasan teknis berlangsung baik, Anda wajib mengetahui serba-serbi pondasi, agar dapat memilih penopang yang paling tepat dan sesuai dengan calon rumah yang tengah dibangun. Berikut ini 4 jenis dan fungsi pondasi rumah yang perlu kamu ketahui:

1. Pondasi Umpak untuk Rumah Panggung

jenis pondasi rumah tinggal, jenis pondasi rumah bertingkat, jenis pondasi rumah sederhana, jenis pondasi rumah download, jenis pondasi rumah panggung, jenis pondasi sumuran, jenis pondasi sesuai jenis tanah, jenis pondasi setempat, jenis pondasi strauss, jenis struktur pondasi

Rumah-rumah tradisional Indonesia, yang sebagian besar berupa rumah panggung, mengandalkan pondasi umpak yang terbuat dari susunan batu kali atau batu bata. Rumah-rumah yang sarat filosofi dan menjunjung tinggi kearifan lokal ini, bersifat tahan gempa karena material kayu yang lebih lunak dan pondasi umpak yang fleksibel. Ikatan antarstruktur juga tidak kaku, sehingga bisa mengendalikan getaran tanah. Namun, penggunaan pondasi umpak atau setempat ini juga harus disesuaikan dengan kondisi tanah di lokasi bangunan.

Baca Juga :  5 Larangan Penting Bagi Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua, Ironis!

2. Pondasi Batu Bata

jenis pondasi dalam pdf, jenis pondasi dan penjelasannya, jenis pondasi dan kegunaannya, jenis pondasi dangkal dan dalam, jenis pondasi dalam adalah, jenis jenis pondasi ebook download, jenis pondasi foot plat jenis pondasi dan fungsi, jenis pondasi dan fungsinya pdf, jenis dan fungsi pondasi dalam, jenis jenis pondasi beserta fungsinya

Sesuai namanya, pondasi batu bata terbuat dari material batu bata, berupa pasangan bata yang umumnya disebut rollag bata. Karena daya topang yang tidak terlalu kuat, pondasi batu bata hanya dipakai untuk rumah sederhana atau struktur yang bebannya tidak terlalu berat. Kendati demikian, banyak yang orang menggunakan pondasi batu bata karena biaya yang murah dan proses pengerjaan yang relatif singkat.

Pada umumnya, untuk mengurangi beban bangunan, dinding batu bata hanya dibuat sepertiga dari dinding keseluruhan. Sementara itu, sisanya menggunakan dinding kayu atau bambu. Teknik bangunan sederhana ini dalam bahasa Sunda sering disebut Duduk Jandela.

3. Pondasi Batu Kali

jenis pondasi dan fungsinya, jenis pondasi dan contohnya, jenis pondasi yang cocok untuk tanah pasir, jenis pondasi berdasarkan jenis tanah, jenis pondasi rumah, jenis pondasi dangkal, jenis pondasi bangunan, jenis pondasi berdasarkan kedalamannya, jenis pondasi dangkal pdf, jenis pondasi dan gambarnya

Pemasangan yang mudah dan daya topang yang lebih kuat dari pondasi batu bata, menjadikan pondasi batu kali lebih populer untuk digunakan.  Pondasi batu kali terbuat dari susunan atau pasangan batu kali. Pondasi ini umum digunakan untuk menopang rumah satu lantai. Jika kondisi tanah memungkinkan, pondasi batu kali bisa digunakan untuk rumah dua lantai, dengan kombinasi pondasi telapak yang dibuat dari beton bertulang.

Baca Juga :  Gambar Seorang Kakek di Sampul Iqro, Siapakah Beliau ?

4. Pondasi Telapak (Foot Plat)

jenis pondasi berdasarkan kedalaman tanah keras, jenis dan fungsi pondasi dalam, jenis jenis pondasi beserta fungsinya, jenis pondasi berdasarkan kedalaman, jenis pondasi dan kegunaan, jenis pondasi dan kedalamannya jenis pondasi untuk tanah keras, jenis pondasi 2 lantai, jenis pondasi berdasarkan material, jenis pondasi pada bangunan download

Meniru struktur kaki ayam yang bisa menopang beban cukup berat, pondasi jenis telapak sering disebut pondasi cakar ayam. Pondasi telapak berbentuk seperti kaki yang menapak dan terbuat dari beton bertulang. Pondasi tangguh ini biasa diandalkan untuk menopang rumah berlantai dua atau tiga. Bentuk cakar ayam, berfungsi untuk menahan beban kolom dan struktur bangunan. Besar telapak disesuaikan dengan daya dukung tanah. Semakin baik kondisi tanah, telapak yang diperlukan semakin kecil.

Jika sudah memahami informasi tentang pondasi, kini kamu bisa mencari tahu bagian selanjutnya dari ilmu perencanaan bangunan. Setelah pengetahuan kamu lengkap dan paripurna, tinggal eksekusi, deh. Selamat mencoba! Jenis-jenis Pondasi Serta Kelebihan dan Kekurangannya. – #NSP

Loading...
error: