11 Ciri Umum Kucing Anggora yang Asli

ngasih.com. Kucing adalah hewan favorit banyak orang. Salah satu jenis kucing lucu yang populer di Indonesia adalah Kucing Anggora. Kucing yang berasal dari daerah Angora (sekarang Ankara, Turki) memiliki bulu seputih salju.

Di Indonesia sendiri, jumlah Kucing Anggora ini jarang sekali karena Turki membatasi persebaran Kucing Anggora di luar Turki. Tidak hanya bulu, tingkahnya yang cenderung aktif juga membuat banyak orang yang gemar memelihara Kucing Angora untuk teman bermain di rumah. Akhirnya, bisnis dan perkembangbiakkan Kucing Anggora pun banyak ditemukan di mana-mana.

Jika kamu ingin mengadopsi jenis ini, ada baiknya jika kamu mengetahui ciri-cirinya apakah kucing tersebut asli atau campuran. Sebab, membedakan kucing ini dengan Kucing Persia pun terkadang sulit. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar memperhatikan ciri-ciri fisik dari Kucing Anggora agar tidak tertipu.

ciri kucing anggora asli, ciri ciri anak kucing anggora asli, ciri ciri kucing anggora yang asli, ciri ciri kucing anggora asli

1. Harganya mahal

Ciri-ciri yang paling bisa kamu lihat dengan mudah adalah dari segi harga. Jika ada yang menjual Kucing Anggora dengan harga yang sangat miring, kamu sebaiknya curiga dengan penjual tersebut.

Harga Kucing Anggora asli sangat berbeda dengan harga Kucing Anggora yang sudah kawin dengan ras kucing yang lain. Untuk mengadopsi Kucing Anggora yang asli sendiri, kamu sudah bisa mengeluarkan sekitar empat hingga 14 juta rupiah untuk satu ekor kucing. Namun, jika sudah dikawinkan dengan ras lain, harga kucing bisa turun drastis hingga ratusan ribu rupiah per ekor.

2. Keberadaannya di Indonesia cukup langka

Salah satu alasan mengapa kucing ini berharga mahal adalah karena keberadaannya di Indonesia bisa dibilang cukup langka. Hal ini dikarenakan pemerintah Turki sendiri melarang warga negaranya meluaskan ras kucing anggora ke negara lain (eksport).

Pemerintah melakukan itu untuk menjaga keaslian ras kucing asal Turki tersebut. Bahkan, konon katanya, kucing ini memiliki perlindungan hukum di sana. Jadi, bisa dibilang, ras Kucing Anggora di Indonesia sendiri sangat jarang bisa ditemui. Maka, tidak heran jika kembali pada poin satu, yakni harganya sama sekali tidak murah.

3. Perhatikan bagian tubuh kucing: kepala

Untuk membedakan kucing anggora asli dengan yang campuran, kamu bisa memperhatikan setiap bagian tubuhnya. Bagian tubuh pertama yang harus kamu perhatikan adalah bentuk kepala si kucing.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Burung Ocehan Penghias Taman

Bentuk kepala kucing anggora memang sekilas mirip dengan bentuk kepala kucing lokal. Kucing anggora asli memiliki bentuk kepala yang cukup unik mirip segitiga yang terbalik. Bulunya tidak lah terlalu panjang dan dapat terlihat jelas perbedaannya dengan kucing persia.

4. Perhatikan bagian tubuh kucing: telinga

Telinga kucing anggora lumayan lebar di bagian bawah dan besar mengerucut ke bagian ujung telinga. Bentuk telinga nya ini hampir mirip dengan bentuk segitiga. Jarak di antara keduanya saling berdekatan dan tidak diselimuti bulu yang tebal atau panjang. Sehingga, telinga kucing anggora biasanya dapat terlihat dengan jelas.

5. Perhatikan bagian tubuh kucing: mata

Jangan sampai melewatkan untuk mengecek bagian mata kucing anggora. Matanya sedikit miring ke atas dan berbentuk seperti buah almon. Untuk warna matanya sendiri, biasanya mirip dengan warna kucing yang lain yakni kuning. Namun, ada juga mata kucing anggora yang berwarna biru dan biasanya anggora berwarna mata biru adalah tuli.

6. Perhatikan bagian tubuh kucing: hidung

Untuk bagian hidung sendiri, apakah hidung kucing anggora sama seperti hidung kucing lokal pada umumnya? Biasanya, hidung kucing anggora terlihat lebih mancung karena didukung dengan wajahnya yang berbentuk lonjong. Jika dilihat lebih seksama dan lebih dekat, hidung kucing anggora seperti ke atas dan lubang hidungnya terlihat.

7. Perhatikan bagian tubuh kucing: kaki

Kucing anggora memiliki kaki yang cukup panjang sehingga ia terlihat tinggi. Kaki yang menarik perhatian ini didukung dengan ukuran tubuh kucing yang sedang dan langsing.

8. Perhatikan bagian tubuh kucing: ekor

ciri kucing anggora hamil asli ciri-ciri sakit campuran birahi mau melahirkan stres minta kawin jantan dan persia kampung akan atau yang betina bayi bagus blasteran baik cacingan mix anak pengen dalam bahasa inggris ciri-cirinya dari fisik himalaya hewan sedang jenis kecil keturunan masih keguguran laki lokal baru lahir medium putih peranakan hasil perkawinan dengan penyakit ras sehat siap saat sudah stress tua turkish angora turki umum 1 bulan ciri2

Salah satu bagian tubuh yang paling unik dari kucing anggora adalah bagian ekornya. Ekor kucing anggora biasanya panjang dengan bulu yang tebal dan lebat dibandingkan bagian tubuhnya yang lain. Kalau kamu lihat lebih detail, ekor kucing anggora biasanya terlihat mengembang seperti ekor musang atau kemoceng.

9. Perhatikan bagian tubuh kucing: bulu

Selain ekor, bagian yang unik dari kucing anggora adalah bulu-bulunya. Bulu kucing anggora bisa tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca di lingkungan sekitarnya. Jika cuaca panas, bulu kucing anggora akan tumbuh pendek. Tapi jika cuaca dingin, bulu kucing anggora akan tumbuh lebih cepat dan halus.

Baca Juga :  8 Hewan yang Mudah Dipelihara dan Menguntungkan

Bulu kucing anggora pada dasarnya tidak selebat dan sepanjang kucing persia. Jadi, jangan salah menilai kedua kucing ini lagi ya. Biasanya, kucing anggora memiliki bulu yang paling lebat hanya di bagian leher dan ekornya, sisanya hampir mirip dengan jenis kucing yang lain.

10. Perhatikan tubuh kucing: keseluruhan

Secara keseluruhan, kucing anggora bertubuh langsing dengan anggora jantan biasanya lebih besar daripada anggora betina. Panjang tubuhnya pun cukup panjang dengan bagian belakang yang sedikit lebih tinggi daripada bagian depan. Struktur tulangnya cukup bagus dengan tonjolan tulang yang sedikit terlihat di badannya.

11. Kepribadian dan tingkah laku kucing

Kucing anggora termasuk jenis kucing yang sangat aktif, suka bermain, energik, nammun tetap penurut. Kucing anggora termasuk ras kucing yang bisa dibilang cukup cerdas, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah dilatih, dan mudah beradaptasi. Baiknya lagi, kucing anggora biasanya lebih senang bermain di sekitar manusia atau pemiliknya untuk berinteraksi.

Jika kamu memelihara kucing anggora, perlu kamu ketahui kalau kucing anggora sangat tidak suka dikurung di dalam kandang atau rumah. Kucing anggora lebih suka bersama dengan pemiliknya, maka jangan heran kalau kucing ini selalu mengikuti ke mana kalian pergi. Selain itu, kucing anggora juga suka mengawasi lingkungan sekitarnya atau terkenal sangat waspada.

Setelah mengetahui ciri-ciri kucing anggora tersebut, jangan sampai kamu salah lagi menilai apakah kucing tersebut kucing anggora asli atau bukan. Seperti yang kita ketahui, kucing anggora adalah kucing yang sangat unik. Dari bentuk kepalanya, matanya, bulunya, dan cara berjalannya, membuat kucing ini banyak menjadi favorit masyarakat umum.

Keaktifan kucing anggora yang luar biasa ini membuatnya sangat cocok dipelihara oleh kamu yang suka bermain-main dengan kucing peliharaan di rumah. Kucing anggora akan menyingkirkan seluruh rasa bosan di dalam rumah karena ia sangat bisa menghibur pemiliknya. Namun, kamu memang harus sabar karena tingkahnya yang super aktif.

Loading...
error: