Kenapa Bunga Anggrek Rontok Sebelum Mekar? Ternyata 3 Hal ini Penyebabnya

tanamen.com. Banyak faktor yang menjadi penyebab rontoknya kuncup anggrek, sebelum bunga dalam tangkainya mekar semua. Semuanya bisa segera diatasi, asalkan diketahui penyebabnya. H. Muchyar, seorang penangkar anggrek dari Taman Anggrek Indonesia Permai, mencoba membantu mencegah dan mengatasi masalah ini.

Kalau kuncup bunga anggrek mulai “berjatuhan”, adalah akarnya yang harus segera diamati lebih dulu. Siapa tahu telah terjadi pembusukan pada akar bagian bawahnya. Jika memang demikian, bisa jadi hal ini disebabkan oleh air siraman yang kelewat banyak, sehingga kelembapannyapun ikut-ikutan tinggi.

penyakit anggrek bulan dan cara mengatasinya pada musim hujan vanda hama busuk obat tumbuhan nama dendrobium penyebab adalah bunga yang menyerang daun hitam jenis yg pdf cymbidium gambar tanaman gejala 5 macam

Akar yang sudah terlanjur busuk, sebaiknya cepat dipotong dan dibuang, lalu anggrek ditanam lagi pada media baru. Sisa-sisa kuncup bunga yang rontokpun perlu dibersihkan. Kemudian pot diletakkan di tempat yang teduh, supaya akarnya sehat kembali.

Penyiraman dilakukan secukupnya, tidak kurang apalagi berlebihan. Setelah tanaman sehat kembali, pot bisa dipindahkan ke tempat yang lebih terang, sesuai dengan kebutuhan sinar matahari dari anggrek yang bersangkutan.

1. Serangan kutu merah

Hama kutu merah ini bentuknya seperti kutu air. Warnanya bisa berubah sesuai dengan warna bunga yang akan dihinggapi. Kalau bunganya kuning kutu ini akan menjadi kuning. Kalau bunganya merah, maka ia berubah menjadi merah, karena yang dimakannya adalah selaput warna bunganya. Kalau sudah seperti ini, maka pemberantasan menggunakan pestisidalah yang paling tepat.

Baca Juga :  Jenis Melati dan Manfaatnya

Misalnya dengan menggunakan Kelthane dengan konsentrasi satu sendok teh dilarutkan dalam 4 liter air. Penyemprotan dilakukan seminggu hingga sebulan sekali. Kalau serangannya cukup parah, sebaiknya lebih sering disemprot, yaitu setiap 3 hari sekali selama 9 hari. Panyemprotan bisa segera dihentikan, jika memang sudah tidak ada lagi serangan. Selain Kelthane, bisa juga digunakan Thiodan, Basudin, dan air tembakau. Kira-kira 1 bagian tembakau dari sepuntung rokok, dicampur dengan 1 ember (kurang lebih 10 liter) air ukuran sedang lalu disemprotkan.

2. Kekurangan unsur Kalium (K)

Unsur kalium penting sekali untuk memperkuat jaringan tubuh tanaman, tak terkecuali bunganya. Kekurangan unsur ini, bisa mengakibatkan bunga mudah rontok. Sebagai tindakan pencegahan, tanaman anggrek dipupuk dengan pupuk daun terutama diberikan pada masa pembungaannya. Satu sendok teh pupuk daun dicampur dengan 4 liter air, lalu disemprotkan.

kuncup anggrek rontok, bunga anggrek rontok, penyebab bunga anggrek rontok

3. Keturunan dan alergi

Kalau semua kemungkinan di atas sudah berusaha diatasi, namun masih saja kuncup bunganya rontok, berarti sifat keturunan telah diwariskan oleh induk-induknya terdahulu. Ini cukup sulit untuk diatasi.

Baca Juga :  Mengatasi Semut Rangrang Pada Pohon Mangga

Ada pula yang kerontokannya hanya terjadi sewaktu-waktu saja. Kadang-kadang kuncup bunganya rontok dan sekali waktu mekar semuanya, tak ada satu pun yang jatuh. Menurut H. Muchyar, hal ini terjadi akibat alergi terhadap cuaca tertentu. Seperti yang pernah dialami oleh Dendrobium “Miss Hawaii”, misalnya. KENAPA BUNGA ANGGREK RONTOK SEBELUM MEKAR? S/FS

Loading...
error: