Pupuk Organik dari Ikan Laut

tanamen.com. Selain pupuk organik yang terbuat dari bahan tumbuhan, ada juga jenis yang terbuat dari ikan laut. Apa yang bisa diperoleh dari pupuk organik jenis ini?

Kalau anda bertandang ke toko samprotan yang besar, anda mungkin akan menemukan pupuk cair organik yang terbuat dari ikan laut dengan nama Fish Fertilizer. Contohnya merk Alaska dan Albatros. Keduanya masih merupakan barang impor. Alaska didatangkan dari Amerika sedang Albatros dari Australia.

Fish Fertilizer berupa cairan kental berminyak yang dikemas dalam botol plastik atau botol gelas coklat gelap. Tidak disebut dengan rinci, dari ikan laut jenis apa pupuk ini dibuat. Dalam brosur pengantarnya hanya diterangkan : pupuk ini dibuat dengan menghancurkan ikan laut, yang kemudian diproses lebih lanjut menjadi bentuk cair dengan maksud agar mudah digunakan. Cairan ini terlihat berminyak karena memang mengandung minyak ikan.

pupuk organik kuda laut rumput cair untuk dari ikan sengon granul bintang cap prima bahan harga membuat pembuatan

Apa kandungannya? Sebagaimana sifat bahan bakunya (ikan laut) yang kesohor banyak mengandung protein, fish fertilizer juga banyak mengandung senyawaan organik ini. Akibat itu, menurut brosurnya, maka bila larutan pupuk ini disiramkan pada tanah, ia akan merangsang kegiatan mikroorganisma tanah sehingga menyebabkan tanah jadi subur. Mikroorganisma tanah itu menguraikan bahan organik menjadi hara yang berguna bagi tanaman.

Baca Juga :  Tanaman Sirih Gading dengan Daunnya yang Lembut

Sebagaimana pupuk cair organik lainnya, pupuk ini juga mengandung unsur penting (NPK) dan unsur mikro. Alaska fish fertilizer ada yang ditulis mengandung NPK dengan komposisi 5-2-2, ada juga yang 5-1-1, sedang Albatros mempunyai komposisi NPK 9-4-7.

Pupuk ini diperuntukkan bagi segala jenis tanaman, termasuk tanaman hias, buah, sayur maupun perkebunan. Tapi sebagaimana yang diakui sendiri oleh distributornya, harga pupuk ini masih agak mahal, sehingga saat ini pemakainya masih terbatas pada kalangan hobiis tanaman. Dalam brosurnya disebut, pupuk ini cocok antara lain untuk suplir, palem, mawar, anggrek, anyelir, anggur, apel, mangga dan tomat.

Cara penggunaannya ialah dengan dilarutkan dalam air lalu disiramkan di daerah perakaran tanaman. Tentu ada perbedaan kepekatan (konsentrasi) pupuk, antara yang digunakan untuk tanaman dalam pot (dalam ruangan), dan tanaman di tempat terbuka. Bagi tanaman dalam pot, dipakai kepekatan 0,5 sendok teh pupuk dalam 1 liter air, sedang untuk tanaman di tempat terbuka dipakai kepekatan 1 sendok makan dalam 4,5 l air.

Baca Juga :  Membuat Tanaman Cepat Berbuah

Penyiraman dengan larutan pupuk ini dilakukan seminggu sekali. Penyiramannya boleh juga mengenai daun tanaman. Artinya : daun tidak akan menderita apa-apa kalau terkena pupuk itu. Terdapat juga petunjuk dalam brosur, bahwa agar tanaman tidak “terkejut” sewaktu dipindahtanamkan, maka akarnya dicelup dulu dalam larutan pupuk yang kepekatannya 2 sendok makan dalam 4,5 l air. Silahkan anda buktikan sendiri. Pupuk Organik dari Ikan Laut -SJ

Loading...
error: