Lengkap! 5 Cara Mudah dan Akurat Menguji Keaslian Berlian

ngasih.com. Waspada, penipuan berkedok berlian masih marak terjadi. Jangan tertipu dengan tampilan menawan dan berkilauan, namun ternyata hanya hasil rekayasa dan sintetis belaka. Meski sekilas tampak serupa, berlian alami punya ciri khas yang menjadikannya berharga.

Maka, konsumen berkelas haruslah cerdas.

Wajib tahu, cara mudah dan akurat menguji keaslian berlian, berikut ini:

1. Cara sederhana tes keaslian berlian pada perhiasan

Tidak perlu alat atau langkah yang rumit. Untuk menguji keaslian berlian yang terpasang pada perhiasan, kamu bisa coba 3 cara berikut ini:

  • Tes embun, dengan cara embuskan napas pada berlian. Apabila nampak embun selama beberapa detik, maka itu merupakan berlian palsu. Berlian asli dapat mendispersi panas dan tetap kering meski diberi embusan berkali-kali.
  • Stempel resmi, dengan asumsi bahwa berlian tidak akan dipasang pada logam murahan, sehingga akan memiliki tanda emas atau platina seperti angka karat, 585, 750, 950, PT, atau Plat. Sementara C.Z. berarti cubic zirconia atau berlian sintetis.
  • Lup perhiasan, bisa kamu gunakan untuk mengamati inklusi berlian. Karena terbentuk secara alami, berlian asli akan memiliki ketidaksempurnaan, berupa serpihan mineral atau perbedaan warna. Sementara, berlian sintetis tampil sempurna karena dibuat dalam kondisi steril di laboratorium.
Baca Juga :  7 Gambar Pohon yang Kuat Bisa Bertahan di Tengah Kondisi Sulit

2. Cara sederhana tes keaslian berlian tanpa perhiasan

Apabila berlian tidak terpasang pada perhiasan, kamu bisa menguji keasliannya pada aspek-aspek berikut ini:

  • Pembiasan yang tinggi, menunjukkan keaslian berlian. Maka, kamu bisa menguji pembiasan tersebut dengan melihat tulisan koran atau titik melalui berlian.
  • Warna bayang-bayang, dengan berwarna keabuan merupakan berlian asli. Apabila kamu melihat pelangi pada kilau berlian, bisa dipastikan berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah.
  • Massa jenis tinggi, karena berlian sangat rapat. Sehingga, jika dicemplungkan ke dalam air, berlian asli akan segera tenggelam.
  • Ketahanan terhadap perubahan suhu, dengan memanaskan berlian selama 30 detik dan mencemplungkannya pada air dingin. Berlian palsu akan retak dari dalam, sementara berlian asli cukup kuat dan tidak terpengaruh.

3. Cara profesional tes keaslian berlian

Ahli perhiasan, pada umumnya memiliki alat-alat yang cukup canggih untuk menguji keaslian berlian, antara lain:

cara melihat keaslian berlian, cara menguji keaslian berlian, cara memeriksa keaslian berlian, cara membuktikan keaslian berlian, cara mengetahui keaslian batu berlian, cara menguji keaslian batu berlian, cara melihat keaslian batu berlian, cara tes keaslian batu berlian, bagaimana cara mengetahui keaslian berlian, cara cek keaslian berlian, cara mengetahui keaslian berlian, cara uji keaslian berlian, cara sederhana menguji keaslian berlian, cara mudah test keaslian berlian, cara tes keaslian berlian

  • Uji panas, dengan menilai ketahanan berlian dalam mempertahankan suhu. Alat akan berbunyi dan menyala, apabila berlian asli.
  • Uji berlian/moisanit, menggunakan alat konduktivitas listrik.
  • Pengamatan miskroskop, dengan pembesaran 1200 kali. Apabila terdapat garis-garis jingga, maka mengindikasikan adanya zirkonia kubik.
  • Neraca dengan sensitivitas tinggi, dapat membedakan berat berlian dengan zirkonia kubik. Dengan ukuran dan bentuk yang sama, zirkonia kubik 55 persen lebih berat dari berlian alam.
  • Sinar ultraviolet, akan memunculkan pendar biru pada berlian asli. Sementara pendar hijau, kuning, atau kelabu halus mengindikasikan moisanit. Namun, ketiadaan pendar biru juga bisa terjadi pada beberapa spesimen berlian.
  • Sinar X, tidak akan bisa menunjukkan citra berlian asli, karena sifatnya yang tembus radiasi. Sementara itu, kristal lain akan tampak.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dalam 1 Hari

4. Memperoleh bukti keaslian berlian

Untuk mendapatkan bukti keaslian berlian, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Mendatangi penilai berlian bereputasi baik, dengan gelar Sarjana Gemologi (GG) yang independen.
  • Mengajukan pertanyaan yang tepat, antara lain tentang kesesuaian berlian dengan dokumen penilaian dari penjual, pembuatan berlian, riwayat perawatan tambahan, dan adanya pengubahan warna.
  • Meminta sertifikat berlian yang disahkan oleh otoritas penilai berlian yang profesional, dengan informasi detail dan lengkap.
  • Bawa berlian kamu ke laboratorium untuk dibuatkan fingerprint, dan mendaftarkannya ke basis data internasional.

5. Membedakan berlian asli dengan batuan lain

Agar tidak tertipu, kamu perlu tahu cara mengenali batuan lain, sebagai berikut:

  • Berlian sintetis, dihargai lebih murah, namun memiliki struktur kimiawi yang sangat mirip dengan berlian asli. Sehingga, harus dinilai oleh ahli secara profesional.
  • Moinasit, lebih berkilau dan memberi pembiasan ganda. Moinasit dapat dideteksi dengan alat uji berlian/moinasit melalui konduktivitas listrik.
  • Topas putih, cenderung mudah tergores oleh material lain. Sementara berlian asli sangat sulit tergores karena memiliki tingkat kekerasan paling tinggi.
  • Safir putih, dikenali dari kilaunya yang tidak kontras dan tampak berkabut.
  • Zirkonia kubik, mudah diidentifikasi karena memancarkan kilau jingga dan memiliki spektrum warna yang luas.
Baca Juga :  Keindahan Pantai Rambak di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Bagaimana? Siapkah kamu membeli berlian?

Apabila kamu masih ragu untuk menguji keaslian berlian, ada baiknya kamu mempelajari ilmu gemologi lebih jauh lagi. Yang terpenting, pastikan kamu telah memiliki bekal pengetahuan yang cukup, untuk meminimalisir risiko yang bisa terjadi. Hope for the best, prepare for the worst! Lengkap! 5 Cara Mudah dan Akurat Menguji Keaslian Berlian -NSP

Loading...
error: