Kenali Komponen Gaji Karyawan Beserta Cara Perhitungannya

Karyawan di perusahaan yang berlainan mendapatkan gaji dalam jumlah yang berbeda. Jabatan dan divisi tugas pun akan menentukan besar kecilnya jumlah penghasilan yang dibawa pulang. Semakin tinggi jabatan, semakin besar gajinya.

Semakin kompleks tugas dan tanggung jawab, semakin besar pula kompensasinya. Semakin spesifik fungsi tugasnya, semakin tinggi pula pendapatan yang diterima. Contohnya, jika Anda bekerja sebagai pekerja kontrak dengan fungsi khusus mengawasi pemasangan pipa bor minyak bumi di laut lepas, atau sebagai staf khusus pemerintahan di bidang pengawasan keamanan nasional.

Ada juga beberapa posisi yang gaji pokoknya lebih kecil daripada bonus tahunan atau komisi. Misalnya dalam perusahaan asuransi, ada beberapa karyawan di bagian marketing yang mendapatkan gaji tetap yang sangat kecil dibandingkan komisi yang didapatkan dari penjualan di lapangan. Semua hal ini bisa diatur oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan keunikan pekerjaan tersebut.

“Upah atau gaji dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada karyawan yang ditetapkan dan dibayarkan sesuai perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan.” (UU Nomor 13 Tahun 2003, Pasal 1 ayat 30)

Terlepas dari jenis pekerjaan ataupun perusahaan, ada beberapa kesamaan dalam komponen gaji yang diterima oleh seorang karyawan. Ingin tahu? Mari kita lihat bersama.

software gratis hotel habis lepas per hari indomaret jam koperasi konveksi kenaikan kalkulator lembur lewat masa percobaan mengundurkan diri negeri sipil naik oleh perusahaan pabrik phk

Gaji Pokok

Beberapa perusahaan menggabungkan gaji pokok dengan uang tunjangan makan dan kehadiran untuk memenuhi persyaratan upah minimum regional atau UMR. Sebaiknya komponen-komponen tersebut dipisah karena tunjangan sudah jelas berbeda dengan gaji pokok. Selain itu, tunjangan juga bisa dipakai sebagai insentif tambahan. Gaji pokok diberikan sesuai dengan jabatan dalam pekerjaan yang diberikan.

Tunjangan

Tunjangan merupakan tambahan dari gaji pokok. Tunjangan biasanya dipakai untuk meningkatkan kinerja karyawan, biasanya dengan sistem harian. Misalnya tunjangan makan dan kehadiran, hanya diberikan kepada karyawan bersangkutan hanya jika ia masuk kerja pada hari tersebut. Tunjangan lainnya adalah tunjangan jabatan, tunjangan transport, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, dan sebagainya.

Baca Juga :  14 Ide Usaha Berbisnis Di Kota Kecil atau Pedesaan

Potongan

Potongan mengurangi penghasilan seorang karyawan. Beberapa potongan yang biasa dikenakan adalah Potongan Pajak Penghasilan (PPh), potongan iuran kesehatan, potongan iuran hari tua, dan lain sebagainya. Ada beberapa potongan yang bersifat wajib dan ada yang tidak. Contoh dari potongan tidak reguler adalah sanksi secara keuangan yang dikenakan karena masalah pelanggaran karyawan.

Uang Lembur

Uang lembur merupakan penghasilan tambahan, namun tidak selalu didapat karena karyawan harus bekerja melebihi jam kerja yang ditentukan perusahaan. Lembur biasanya terjadi karena ada tenggat waktu yang harus diselesaikan atau bisa juga karena kerusakan pada peralatan perusahaan seperti mesin yang mengganggu jalannya produksi. Lembur bisa juga disebabkan perjalanan ke luar kota untuk melakukan tugas khusus seperti mengunjungi klien atau inspeksi cabang. Setiap waktu ekstra yang dipergunakan oleh karyawan di luar jam kantor umum akan diperhitungkan mengikuti ketentuan perusahaan dan hukum yang berlaku.

Contoh Komponen Gaji

Contoh komponen gaji karyawan bisa dilihat di bawah ini. Di bawah ini adalah penghasilan yang didapatkan oleh Ibu Dina setiap bulannya:

harian laundry kiloan resign kontrak tidak tetap yang sakit menurut depnaker masuk tengah bulan baru swasta excel all in pph 21 atas menghitung algoritma aplikasi dengan vb download delphi bulanan borongan

Selain penghasilan, ada pemotongan yang dikenakan atas penghasilan Ibu Dina:

pegawai bank cara hitung bersih bagi upah bumn borland c++ cuci mobil motor cuti hamil cafe contoh untuk melahirkan program c bahasa dirumahkan php pascal visual basic netbeans turbo java format menggunakan 2007 form fungsi if formula flowchart free

Total gaji yang diterima oleh Ibu Dina setelah dipotong adalah sebagai berikut:

peraturan pkwt prorata pajak restoran rumah makan rumus salon pokok toko tambang training tahun 2016 terbaru template usaha kecil umr dan vlookup vb.net variabel warung karyawan.xls xls di benar diphk zakat 2018 2017

Gaji adalah salah satu komponen dari payroll perusahaan. Dan sebagai seorang yang bertanggungjawab pada payroll pada suatu perusahaan, menggunakan Aplikasi payroll untuk memudahkan pengelolaan payroll adalah langkah yang tepat. Salah satunya adalah LinovHR, Aplikasi payroll berbasis web.

error: