8 Poin Penting Memilih Cincin Pertunangan Terbaik

ngasih.com. Segala proses menjelang pernikahan, haruslah dilakukan dengan hati yang tenang. Salah satunya, jangan sampai teledor dalam memilih cincin pertunangan. Bukan hanya memilih yang pas di jari atau sekadar berhias permata rubi, melainkan juga harus mempertimbangkan beberapa aspek teknis, seperti memilih band, memilih berlian, hingga akhirnya membeli cincin yang diidamkan.

Nah, buat kamu yang sebentar lagi akan melangsungkan hari kebahagiaan, berikut ini 8 poin paling penting dalam memilih cincin pertunangan terbaik:

memilih cincin tunangan kawin lamaran tunang pertunangan berlian sesuai bentuk tangan emas yang bagus batu asli cara akik menurut zodiak mimpi tanggal lahir berdasarkan tips couple nikah jari untuk pasangan putih merisik di sungai pernikahan desain emban baik gagang hari kelahiran ikat ikatan 9 10 model lelaki mentah arti perkawinan panduan ring saiz dengan bulan pacar ukuran wanita kekasih yg cocok perak 7

1. Memilih Bahan Band

Bagian cincin yang melingkari jari disebut band. Bisa terbuat dari emas, perak, platina, atau kombinasi logam lain. Bahan band tentu memengaruhi ketahanan cincin saat digunakan untuk beraktivitas. selain itu, warna setiap logam berbeda-beda dan turut memengaruhi warna berlian yang bertahta di atasnya. Maka, sebelum memilih, perhatikan selera pasangan Anda. Dan, tentu saja ukuran yang paling pas untuk jarinya.

2. Memilih Setting dan Permata

Setting merupakan bagian cincin yang bertindak sebagai “pagar” untuk mengikat permata. Pada umumnya, digunakan kombinasi setting platina pada band emas, agar kilau permata memancar jelas dan tidak terpengaruh oleh warna emas. Yang terpenting, gunakan setting yang cukup kuat untuk segala aktivitas.

Baca Juga :  Resep Hidup Bahagia Sehat Ceria Pasca Usia 50 Tahun

Sementara itu, untuk permata tidak harus berupa berlian. Sesuaikan saja  dengan selera dan kepribadian pasangan. Gunakan prinsip 4C: carat, color, clarity, and cut. Karat, warna, kejernihan, dan potongan permata.  Dan, kamu juga bisa mempertimbangkan C kelima, yaitu Cubic Zirconia sebagai permata.

3. Memilih Berlian Terbaik

Permata berupa berlian, masih menjadi pilihan sebagian besar pasangan. Namun, seperti yang telah disebutkan dalam tips sebelumnya, ingatlah 4C, yaitu:

  • Carat (karat), dengan 100pt sebagai nilai maksimal. 75 pt berarti 75% karat. Semakin besar nilai karat, maka semakin besar dan mahal.
  • Color (warna), berlian cukup variatif. Mulai dari D (bening dan langka) hingga I. Sementara kualitas terbaik ada di kelas F—H.
  • Clarity (kejernihan), pilih inklusi (ketidaksempurnaan alami) yang paling sedikit. Kode F1 untuk berlian tanpa inklusi, VVS1 dan VVS2 untuk yang nyaris tanpa cela, VS1 dan VS2 dengan inklusi yang sangat sedikit, SI1 dan SI2 untuk sedikit inklusi, sementara I1, I2 dan I3 merupakan berlian tidak sempurna.
  • Cut (potongan), akan memengaruhi kilau dan menyamarkan inklusi. Potongan berkualitas tinggi sangat penting karena menjadi dasar keindahan sebuah berlian. Apabila Anda membeli via internet, mintalah citra objektif seperti ASET dan Idealscope dari seller.

4. Mempertimbangkan Aktivitas Pasangan

Jika pasangan menyukai aktivitas outdoor atau kegiatan yang intensif, pilih permata yang tidak menonjol, sehingga lebih simpel dan tidak mudah tersangkut. Sementara itu, permata yang tinggi lebih cocok bagi perempuan glamor yang memperhatikan setiap detail penampilannya.

Baca Juga :  Tempat Berenang Bareng Ubur-ubur Tidak Beracun di Indonesia

5. Mengetahui Keinginan Pasangan

Apabila cincin akan diberikan sebagai kejutan, cari tahu keinginan dan selera pasangan kamu lewat teman dekat atau saudaranya. Bisa pula kamu gali dan pancing ia berkomentar saat melewati toko berlian. Namun, jika kalian telah gamblang dalam membicarakan soal pernikahan, tanyakan padanya secara langsung tanpa basa-basi agar dapat membeli cincin yang paling tepat.

6. Penyesuaian Anggaran

Sesuaikan biaya pembuatan cincin dengan ketersediaan anggaran. Sampaikan budget, model, dan waktu pada pengrajin yang kamu datangi, dan pastikan pasangan kamu bisa menerima cincin yang kamu berikan. Ingatlah bahwa makna jauh lebih berharga daripada sekadar angka.

7. Memilih Pengrajin yang Tepat

Untuk menghindari rasa kecewa, mintalah rekomendasi pengrajin cincin terbaik dari teman atau saudara kamu. Ada harga, ada rupa. Lebih baik sedikit lebih mahal namun berkualitas, daripada bertaruh dengan harga murah. Lebih baik lagi, diskusikan toko yang kamu pilih bersama pasangan apabila memungkinkan.

8. Detail Saat Pembelian

Mengingat bahwa cincin ini bukan barang murah yang bisa kamu beli kapan saja, maka belilah dengan cermat dan teliti. Mintalah sertifikat, garansi, sekaligus asuransikan cincin pada toko perhiasan tersebut. Dan, apabila telah selesai segala urusan, bersiaplah untuk melamarnya.

Baca Juga :  Yakin Ilmu Kamu Sudah Bermanfaat? Yuk Cek Disini!

Selamat menyambut hari bahagia kalian berdua! 8 Poin Penting Memilih Cincin Pertunangan Terbaik -NSP

Loading...
error: