10 Contoh Keajaiban Alam di Indonesia dengan Keindahan yang Telah Diakui Dunia

ngasih.com. Indonesia merupakan negara kepulauan tropis dengan keindahan alam yang mempesona di dunia. Hampir di setiap sudutnya terdapat suatu daya tarik yang memikat dan menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara.

Tidak heran jika banyak traveler baik domestik maupun mancanegara yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata idaman mereka.

Ada banyak tempat yang dapat disinggahi dan dinikmati di negara ini. Namun, terbatasnya waktu membuat kita harus menentukan prioritas tempat-tempat mana saja yang menjadi tujuan untuk dikunjungi.

Berikut ini kami sampaikan 10 keajaiban alam di Indonesia dengan keindahan yang telah diakui dunia!

1. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

keajaiban alam di indonesia

Keindahan alam laut Kepulauan Raja Ampat tetap menonjol meski di antara ratusan permata tropis yang mempesona. Setidaknya terdapat lebih dari 1000 pulau kecil, dengan lanskap yang sangat unik.

Daerah yang masih sangat alami dengan keanekaragaman hayati yang mengagumkan, mulai dari urung endemik, bunga liar berwarna-warni, dan berbagai satwa liar yang menjadi penghuni.

Belum lagi, keindahan bawah lautnya yang memiliki setidaknya 500 spesies terumbu karang dan 1400 jenis ikan, termasuk pari manta, hiu paus, dan kuda laut kerdil. Masih banyak lagi keajaiban di Raja Ampat yang menjadikannya sebagai tempat menyelam paling berharga di dunia.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

tujuh keajaiban alam di indonesia, 5 keajaiban alam di indonesia, gambar keajaiban alam di indonesia, gambar keajaiban alam indonesia, keajaiban alam indonesia yang tidak dimiliki negara lain

Gunung Bromo menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Indonesia yang menjadi destinasi wisatawan mancanegara maupun domestik. Keindahan alamnya yang mempesona menjadi alasan banyak orang untuk berkunjung ke tempat ini.

Gunung berapi aktif yang ditengahnya terdapat hamparan pasir luas disebut “Segara Wedi” ini posisinya berdampingan dengan beberapa gunung lain yang menjulang di sekitarnya.

Baca Juga :  Mengagumkan, Patung Ukiran Singa Raksasa ini Terbuat dari Satu Batang Pohon

3. Danau Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

keajaiban alam indonesia di mata dunia contoh 7 foto terbaru 10 top 50 yang ada yg tujuh 5 gambar tidak dimiliki negara lain terjadi

Danau Kelimutu terdiri dari tiga danau yang lokasinya berdekatan dan memiliki warna berbeda-beda. Warna dari danau tersebut juga terus berubah seiring waktu. Danau gunung berapi yang airnya dapat berubah warna ini pun menjadi salah satu keajaiban alam Indonesia yang mengagumkan.

Oleh karena aktivitas gunung berapi dan pengaruh cuaca, warna danau dapat berubah dari nuansa hijau ke hitam, coklat, biru, dan sebagainya. Dalam abad terakhir ini, tercatat warna danau sudah berubah sebanyak 44 kali. Setiap kali terjadi perubahan warna danau, penduduk setempat akan membawa persembahan untuk roh leluhur. Danau Kelimutu juga menjadi keajaiban alam yang siginifikan secara budaya.

4. Labuan Cermin, Kalimantan Timur

top 50 keajaiban alam indonesia

Warnanya yang jernih layaknya sebuah cermin, menggambarkan pesona alam danau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini.

Begitu jernihnya air danau, sehingga Anda dapat melihat dasar danau langsung dari atas permukaan. Tidak perlu alat snorkeling ataupun peralatan menyelam, Anda cukup menyewa perahu untuk mengapung di laguna dan melihat bayangan perahu yang tembus hingga ke dasar danau.

Ajaibnya lagi, danau ini memiliki fitur yang aneh yaitu air di dekat dasarnya berupa air asin, sedangkan di dekat permukaan, berupa air tawar.

Berenang ke bawah permukaan danau, Anda dapat menyaksikan keajaiban habitat yang berubah dari ikan air tawar menjadi organisme air asin yang eksotis.

5. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

keajaiban alam indonesia, keajaiban alam indonesia di mata dunia, contoh keajaiban alam di indonesia, keajaiban alam di indonesia, 7 keajaiban alam indonesia, foto keajaiban alam indonesia, keajaiban alam di indonesia terbaru

Pulau Komodo merupakan keajaiban alam di Indonesia yang sudah mendunia. Dikenal luas sebagai habitat asli kadal raksasa dari zaman purba, Komodo merupakan keajaiban margasatwa yang menjadi pesona utama dari pulau ini.

Baca Juga :  20 Kolam Hotel Terbaik Di Dunia

Selain mengunjungi penangkaran Komodo, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam perbukitan yang eksotis, vegetasi yang subur, samudera biru yang jernih, dan garis pantai yang indah.

Banyak spot menarik yang menawarkan keajaiban alam bisa Anda jumpai di Pulau Komodo sehingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi pelancong yang berkunjung ke Indonesia.

6. Cartensz Pyramid, Puncak Jaya, Papua

7 keajaiban alam di indonesia, keajaiban alam yang ada di indonesia, keajaiban alam yg ada di indonesia, 10 keajaiban alam di indonesia, foto keajaiban alam di indonesia, tujuh keajaiban alam di indonesia

Gunung dengan salju abadi di puncak tropis menjadi keajaiban alam yang senantiasa memukau siapa pun yang melihatnya. Pesona gunung berbatu indah yang menjadi puncak tertinggi di Indonesia.

Berlokasi di Gunung Jayawijaya, Papua, puncak ini juga termasuk dalam 7 puncak paling menantang di Bumi sehingga menarik bagi para pendaki dari seluruh dunia.

7. Kelingking Beach, Nusa Penida, Bali

gambar keajaiban alam di indonesia, gambar keajaiban alam indonesia, keajaiban alam indonesia yang tidak dimiliki negara lain, keajaiban alam yang terjadi di indonesia

Diresmikan pada tahun 2003, pantai dengan pemandangan alam yang mempesona ini termasuk dalam keajaiban alam di Indonesia. Pemandangan begitu mengagumkan bisa kita nikmati dari atas tebing, bercirikan semenanjung ikonik dengan tebing curam yang tampak seperti paus biru.

Perairannya yang jernih dan pasirnya yang berwarna putih seolah dengan sengaja ingin memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Wisatawan tidak hanya akan disuguhi dengan panorama alamnya saja yang indah, tapi juga aktivitas wisata lainnya yang menyenangkan seperti melihat pari manta yang berenang ketika air sedang surut, atau menjelajahi gua di sekitar pantai yang menjadi rumah bagi burung layang-layang.

8. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

7 keajaiban alam indonesia, foto keajaiban alam indonesia, keajaiban alam di indonesia terbaru, 10 keajaiban alam indonesia

Berada di atas awan, dataran tinggi Dieng menghadirkan pesona pemandangan sawah, desa, hutan, dan lukisan alam pegunungan yang menghipnotis wisatawan.

Baca Juga :  5 Orang Ini Punya Bentuk Istimewa yang Bakal Bikin Kamu Speechless

Selain daya tarik alaminya yang begitu menawan, tempat ini juga menyuguhkan budaya suatu kelompok etnis lokal yang menarik, tercermin dalam kesenian, artefak, dan festival-festival yang terselenggara di sini.

9. Air Terjun Tumpak Sewu/ Coban Sewu, Jawa Timur

keajaiban alam yang ada di indonesia, keajaiban alam yg ada di indonesia, 10 keajaiban alam di indonesia, foto keajaiban alam di indonesia

Dalam dialek lokal, Coban Sewu berarti “Seribu Air Terjun”. Sebuah pemandangan ajaib yang menyajikan aliran air yang tak terhitung jumlahnya, jatuh anggun dari tebing-tebing yang menjulang subur.

Air jernih yang mengalir deras di antara bebatuan dan tanaman hijau, menjadi lukisan di celah perbukitan yang cekung dengan latar belakang buih yang sangat mempesona mata.

Keajaiban alam tersebut dapat dinikmati wisatawan dari atas bukit, atau Anda juga bisa turun ke bawah untuk berenang di kolam air terjun yang sejuk khas alam pegunungan.

10. Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

foto keajaiban alam di indonesia, 5 keajaiban alam di indonesia, gambar keajaiban alam di indonesia, gambar keajaiban alam indonesia, keajaiban alam indonesia yang tidak dimiliki negara lain, keajaiban alam yang terjadi di indonesia

Gunung megah yang menjulang di Pulau Lombok, menyajikan pemandangan keajaiban alam yang sangat indah. Setiap sudutnya menyajikan panorama yang mengagumkan, mulai dari air terjun kembar sampai sungai yang tembus pandang.

Danau Segara Anak menjadi salah satu pemandangan istimewa bagi mereka yang bertekad untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Danau kawah yang memiliki air biru dengan pemandangan hutan murni di sekelilingnya akan menjadi pengalaman mengesankan yang tak ternilai indahnya.

Itulah 10 Keajaiban Alam di Indonesia yang keindahannya sudah diakui dunia. Tak heran bila banyak warga dunia yang menyebut Indonesia sebagai zamrud khatulistiwa. -BL

Loading...
error: