Pohon Pisang Raksasa Terbesar di Dunia Tumbuh di Papua, Fantastis!

ngasih.com. Dilintasi garis khatulistiwa, Indonesia memperoleh keuntungan dari semesta berupa diversifikasi hayati yang begitu megah. Di kedalaman hutan hujan tropis Kalimatan, flora dan fauna endemik tumbuh dengan subur. Melipir ke timur, tanah Papua juga menyimpan titipan alam yang begitu makmur. Tak jarang, spesies unik dan tidak wajar ditemukan di tengah rimbunnya pepohonan.

Ya, barangkali, Musa Ingens termasuk di antara yang menakjubkan itu. Spesies pisang ini bentuknya sama dengan pohon pisang lain, seperti pisang raja, pisang ambon, maupun pisangĀ  kepok. Hanya saja, yang membuat Musa Ingens jadi istimewa, karena spesies ini merupakan jenis pohon pisang raksasa, dan yang terbesar dari yang pernah ditemukan di wilayah Indonesia, bahkan dunia.

pohon pisang terbesar, pohon pisang terbesar di papua, pohon pisang terbesar di indonesia, pohon pisang terbesar papua, pohon pisang terbesar di papua nugini, pohon pisang terbesar dunia, pohon pisang terbesar irian jaya, foto pohon pisang terbesar di dunia

Sebagai pohon pisang raksasa, Musa Ingens tercatat bisa mencapai tinggi 15 meter, dengan lingkar keliling batang 2 meter. Batang pohon besar inipun ditumbuhi oleh daun selebar 1 meter dan panjang 5 meter. Kalau di daerah lain 17 Agutusan panjat pisang, di Papua bisa tuh panjat pohon pisang!

Apalagi, ukuran jumbo ini tidak hanya pada pohon Musa Ingens, melainkan juga buah pisang yang dihasilkan. Bayangkan, satu tandan pisang Musa Ingens beratnya bisa menginjak angka 60 kg. Jika kita teliti per buahnya, rata-rata satu pisang memiliki panjang 18 cm dan berdiameter 3-4 cm. Sementara bijinya, memiliki diameter 4-10 mm.

bibit pisang langka, biji pisang langka terbesar di dunia

Biji pisang (Musa Ingens)

Dengan keunikan ukurannya, Musa Ingens menarik perhatian khalayak. Hanya saja, spesies ini rupanya sulit untuk berkembangbiak maupun dikembangbiakkan. Musa Ingens hanya dapat tumbuh dari biji, sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang, sekitar satu tahun, untuk menunggunya berwujud kecambah. Faktor ini menjadikan Musa ingens langka dan entitasnya amat dilindungi.

Baca Juga :  TANAMAN KHAS KOTA JAKARTA

Dengan ditemukannya Musa Ingens, kita mengetahui bahwa alam masih menyimpan misteri evolusi biosfer yang menanti untuk diungkap. Di lokasi dengan daya dukung lingkungan yang cukup, makhluk hidup bisa bertumbuh dan berkembang melebihi ekspektasi kita. Meski dianggap tidak wajar, namun begitulah cara alam menjaga keseimbangan.

pohon pisang terbesar dan tertinggi di dunia, gambar pohon pisang terbesar di dunia, video pohon pisang terbesar, pohon pisang terbesar di dunia, pohon pisang terbesar di dunia tumbuh di papua, foto pohon pisang terbesar di indonesia, foto pohon pisang terbesar di papua, gambar pohon pisang terbesar, pohon pisang yang terbesar di dunia

Karena itu, tidakkah kita sadar?

Ketika manusia mengambil alih lahan, mengurug rawa dan perairan, dan menutup pori-pori tanah dengan lantai beton, alam masih berupaya merebut kembali bagiannya. Melalui spora jamur-jamur yang bertaburan, tanaman-tanaman liar yang tumbuh di sudut halaman, bahkan air yang meluap dari dalam selokan. Hingga harus kita akui, pembangunan belum sepenuhnya berpedoman pada kelestarian bentang alam. Sampai kapan?

Musa Ingens barangkali menjadi contoh yang baik mengenai ekosistem yang terjaga dari tangan jahil manusia. Tentang unsur hara yang melimpah dan menyuburkan. Namun, bagaimana nasib makhluk hidup di tengah peradaban kota yang membuang limbah tanpa perhitungan?

Bukan tidak mungkin, mutasi genetik akan terjadi ke arah berlawanan. Tren negatif. Penurunan unsur-unsur kehidupan, yang perlahan juga mematikan. Dari kerusakan alam, menuju kepunahan.

Lantas, sebelum tiba masa kehancuran, apa yang dapat kita lakukan? Mari jawab dengan tindakan. -NSP

Loading...
error: