Waspada, 7 Tanaman Mematikan Ini Tumbuh di Sekitar Kita

ngasih.com. Alam menyajikan manfaat berlimpah yang siap dieksplorasi oleh umat manusia. Tidak ada satu apapun yang diciptakan dengan sia-sia. Setiap spesies dan seluruh komponen semesta memiliki fungsi, dampak, dan peran yang saling berhubungan satu sama lain.

Kendati demikian, masing-masing dampak memiliki dua sisi. Positif dan negatif. Manfaat dan mudharat. Aman dan bahaya. Untuk dapat mengambil kebaikan dari segala sesuatu, kita harus mempelajari ilmu alam dengan sebaik-baiknya. Karena, dalam takaran yang tidak tepat, obat pun bisa menjadi racun.

Maka, kamu harus super hati-hati, ya. Bahaya bisa mengintai kita di mana saja, bahkan melalui hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, tanaman-tanaman beracun dan mematikan, yang ternyata hidup di sekitar kita. Kalau tidak sadar dan sembrono, bisa-bisa nyawa jadi taruhan.

Coba cek, berikut ini 7 tanaman yang ternyata mematikan dan sering kita lihat tumbuh di banyak tempat:

1. Biji saga rambat

tanaman mematikan di dunia, tanaman mematikan di sekitar kita, tanaman mematikan manusia, tanaman mematikan bagi manusia, mematikan tanaman liar, tanaman mematikan yang ada di indonesia, tanaman beracun mematikan

Tercatat, cukup banyak warga China yang meninggal akibat merangkai perhiasan dari biji saga. Meski dipercaya sebagai simbol kasih sayang, bijinya yang indah ini mengandung racun bernama ricin.

Baca Juga :  Bambu Jepang yang Anti Merumpun

2. Daun bahagia

tanaman beracun mematikan di indonesia,tanaman hias beracun mematikan, tanaman cantik mematikan, tanaman yang mematikan di indonesia

Nama “bahagia” memang tidak sejalan dengan efek sampingnya. Getah pada batang dan daun bahagia bersifat toksik karena terdapat kandungan kalsium oksalat dalam sitoplasma selnya. Awalnya, kamu dapat kejang-kejang dan merasa gatal saat terkena racun ini. Tahap selanjutnya, bisa terjadi radang tenggorokan hingga penyumbatan saluran napas.

3. Biji kecubung

tanaman paling mematikan di indonesia, tanaman paling mematikan di dunia, 7 tanaman mematikan di indonesia

Sering digunakan untuk nge-fly, biji kecubung mengandung zat alkaloid yang bersifat halusinogen. Selain itu, kecubung juga dapat mengakibatkan efek berbahaya lain seperti mual, sesak nafas, bahkan kematian.

4. Pohon singkong karet

tanaman yg mematikan manusia

Kamu pasti akrab dengan makanan berbahan dasar singkong. Kendati selama ini aman-aman saja, kamu harus waspada terhadap jenis singkong karet. Pada daunnya, terkandung asam sianida berwarna biru. Efek toksiknya dapat berkurang dengan proses pemanasan. Karena itu, hindari mengonsumsinya dalam kondisi mentah.

5. Pohon Bidara Upas

jenis tanaman mematikan, tanaman yang mematikan manusia

Pada tahun 1773-1859, telah dilakukan penelitian terhadap kandungan berbahaya dalam pohon bidara upas ini. Dan, hasilnya cukup mengerikan. Hanya dalam waktu dua menit, getah pohon bidara upas menyebabkan hewan percobaan kejang-kejang, lalu mati. Saking kuatnya racun tanaman ini, getahnya pernah digunakan oleh tentara VOC sebagai senjata mematikan.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Petunia

6. Daun gimpie-gimpie (Gympie-gympie)

gambar tanaman mematikan

Apabila tengah berjalan di hutan, dan tubuh kamu terasa seperti tersetrum atau tersengat, bisa jadi kamu terkena tanaman ini. Pada daun gimpie-gimpie, terdapat bulu-bulu halus yang mengandung zat toksin aktif moroidin. Efek racun pada daun gimpie-gimpie, bahkan terbukti pernah membunuh hewan.

7. Pohon bintaro

tanaman beracun mematikan di indonesia,tanaman hias beracun mematikan, tanaman cantik mematikan, tanaman yang mematikan di indonesia

Kandungan carberin dalam pohon bintaro bisa berdampak mengerikan pada makhluk hidup, tanah, bahkan tanaman di sekitarnya. Toksin ini terkandung di setiap bagian pohon, khususnya pada getah daun, batang, hingga buah. Bagi manusia, kandungan ini dapat menghambat saluran ion kalsium di otot jantung. Meskipun begitu, pohon bintaro bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami dan pengusir tikus.

Waspadalah, waspadalah! #NSP

Loading...
error: