10 Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan Normal dan Menyusui

Anugerah sekaligus rasa capek yang luar biasa dialami oleh seorang ibu yang mengandung. Ibu yang baru melahirkan normal telah menghabiskan sembilan bulan terakhir yang menghawatirkan dalam hal mengkonsumsi makanan dan minuman karena dikhawatirkan berpengaruh kepada perkembangan bayinya.

Selanjutnya, ibu yang baru melahirkan dihadapkan dengan kewajiban menyusui anaknya. Dan oleh karena itu ibu-ibu muda sering khawatir makanan yang dimakannya apa berpengaruh pada dirinya dan anaknya. Sangat penting bagi para ibu untuk menjaga makanan reguler ketika menyusui untuk mendapatkan nutrisi penting dan juga untuk meningkatkan kadar ASI, dan sementara tidak semua bayi bereaksi terhadap makanan yang sama yang dikonsumsi ibunya, berikut 10 makanan yang mungkin menyebabkan masalah bagi ibu yang melahirkan normal ;

1. Cokelat

makanan pasca melahirkan normal

Beberapa ibu setelah melahirkan dan menyusui menemukan bahwa makan cokelat memiliki efek pencahar yang dapat menyebabkan dirinya dan bayi menjadi diare. Perhatikan perilaku bayi dan popok, jika kedapatan bayi menjadi rewel dan kotorannya berlendir setelah Anda memakan cokelat. Itulah saat yang tepat mengehentikan memakan cokelat.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Kue yang Bernama Putu

2. Ikan

makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan normal

Ibu yang baru melahirkan tidak perlu menghindari ikan sepenuhnya, tetapi ada baiknya selektif tentang jenis makanan laut apa yang akan dimakan. Beberapa ikan mengandung merkuri yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi suplai susu Anda. Ikuti pola dan aturan yang sama untuk makan ikan seperti yang Anda lakukan ketika hamil.

3. Kopi/ Kafein

makanan yang tidak baik untuk ibu yang baru melahirkan

Kopi tidak sepenuhnya dilarang karena sebagian perempuan membutuhkan kopi agar tetap terjaga, namun bagi ibu yang baru melahirkan dan menyusui harus mengetahui bahwa kafein bekerja di dalam ASI. Tubuh bayi tidak siap untuk memproses kafein secepat tubuh orang dewasa.

4. Peterseli/ Seledri

pantangan makanan pasca melahirkan normal, makanan pasca melahirkan normal, makanan pasca operasi caesar, makanan untuk ibu setelah melahirkan, makanan setelah melahirkan normal, makanan ibu habis melahirkan, makanan yang boleh dimakan setelah melahirkan normal

Salah satu hiasan makanan dan herbal ini ternyata mempunyai resiko mengurangi suplai susu Anda. Jika digunakan dalam jumlah yang kecil seharusnya tidak menyebabkan masalah, tetapi waspadai setiap penurunan produksi susu Anda.

5. Susu

makanan yang dilarang dan tidak boleh setelah melahirkan normal

Susu merupakan masalah yang umum untuk bayi yang disusui. Jika mendapati bayi rewel setelah menyusui, memiliki masalah kulit dan masalah sulit tidur bisa jadi disebabkan oleh susu yang Anda konsumsi. Walaupun menghindari semua produk susu mungkin sulit dilakukan, setidaknya Anda harus bebas dari susu selama beberapa minggu. Jika terlihat perubahan peningkatan kesehatan pada bayi selama masa berhenti dari susu, itu artinya alergi susu adalah penyebab kesengsaraan yang dialami bayi Anda.

Baca Juga :  5 Hal Menyenangkan Sebagai Alternatif Hiburan Bersama Anak dan Keluarga

6. Alkohol

makanan minuman tidak boleh dikonsumsi habis melahirkan

Yang satu ini benar-benar harus dihindari karena selain berdampak negatif pada diri Anda apalagi bayi Anda.

7. Jeruk

makanan yang tidak boleh dimakan ibu habis melahirkan

Meskipun kaya akan vitamin C seharusnya buah yang satu ini dihindari saja, karena pencernaan bayi Anda masih belum matang, dan beberapa senyawa dalam buah jeruk bisa sangat mengganggu. Jeruk bisa menyebabkan muntah, rewel atau bahkan ruam popok. Jika ingin mendapatkan asupan vitamin C, cobalah makan buah mangga.

8. Kacang-kacangan

makanan yang ibu hamil tidak boleh makan, makanan untuk ibu hamil agar tidak mual, makanan yang tidak boleh dimakan ibu habis melahirkan, makanan untuk ibu hamil muda agar tidak mual, makanan untuk ibu hamil yang tidak nafsu makan

Bila ada riwayat alergi kacang di keluarga Anda, ada baiknya Anda hindari memakan kacang-kacangan baik dari tanah maupun pohon. Karena senyawa Allergen kacang dapat ditularkan melalui ASI. Jika tidak yakin bayi anda memiliki alergi kacang, perhatikan ruam dan gatal-gatal pada bayi Anda.

9. Bawang putih

makanan yang tidak boleh dimakan ibu baru melahirkan, makanan yg tidak boleh untuk ibu baru melahirkan, makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu baru melahirkan, makanan yang tidak boleh dimakan ibu yang baru melahirkan

Tahukah anda bahwa sari bau dari bawang putih bisa masuk ke dalam ASI? Jika Anda menemukan bahwa bayi Anda kadang-kadang tidak mau menyusui, atau menarik diri saat akan disusui, ingat-ingatlah apa makanan terakhir yang Anda makan, apakah mengandung bawang putih. Meskipun dari kita berpikir bahwa bawang putih sangat baik dan banyak manfaatnya, tetapi selera bayi belum cukup matang untuk menghargainya.

Baca Juga :  10 Tempat Terbaik untuk Melihat Pemandangan Sunset Terindah di Indonesia

10. Gandum

makanan yang tidak boleh dimakan ibu baru melahirkan, makanan yg tidak boleh untuk ibu baru melahirkan, makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu baru melahirkan, makanan yang tidak boleh dimakan ibu yang baru melahirkan, larangan makanan untuk ibu yang baru melahirkan, larangan makanan bagi ibu yang baru melahirkan, pantangan makanan untuk ibu yg baru melahirkan, pantangan makanan bagi ibu yg baru melahirkan, makanan yang dilarang untuk ibu baru melahirkan, makanan pantangan larangan untuk ibu baru bersalin, pantangan makanan untuk ibu baru melahirkan

Gluten mungkin akan disalahkan jika bayu anda mengalami tinja berdarah. Rewel dan sakit perut juga bisa ditimbulkan dari produk gandum. Seperti halnya susu, cara terbaik adalah menghindarinya.

Beberapa ibu memilih untuk menghindari makanan penyebab masalah yang umum dan perlahan-lahan memperkenalkannya kembali sedikit demi sedikit pada tubuhnya yang baru melahirkan dan bayinya satu per satu. Dengan demikian membantu menemukan alergi dan intoleransi terhadap makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari wanita setelah Melahirkan Normal dan Menyusui.

Loading...
error: