10 Sebutan Karya Kuliner dalam Bahasa Inggris

Ada gudeg Jogja, ada sushi dari Jepang, ada pizza dari Italia, ada dodol Garut Picnic, ada empek-empek Palembang, ada kerak telor dari Jakarta, ada ayam Taliwang khas Lombok, ada aneka kue dan camilan buatan Ny. Ganep dari Solo.

Bagaimana anda menyebut karya-karya kuliner itu dalam bahasa Inggris? Karena kurang pencerahan atau malas mencari referensi, kita umumnya hanya mengenal kata ‘food’ atau ‘snack.’ Simak penjelasan berikut ini supaya sampeyan ngeh dan tidak ngisin-isini.

makanan khas bahasa inggris bali tradisional dalam daerah jogja indonesia resep inggrisnya apa aceh artikel semarang tentang bandung bogor jawa barat deskripsi menggunakan cirebon cara membuat contoh iklan procedure text jakarta padang sunda gambar dan minuman dengan nama jombang timur lombok lampung makassar malang menu pakai toraja surabaya nya palembang percakapan pidato yogyakarta

‘Food’ adalah benda atau substansi yang dikonsumsi manusia atau satwa untuk memenuhi kebutuhan kalori, nutrisi, karbohidrat, mineral atau zat-zat lain yang mereka butuhkan. Kuda makan rumput atau dedak, kambing makan rumput, dedaunan dan aneka bahan organik, singa makan daging, paus makan krill atau plankton, manusia makan segalanya. Dalam bahasa Inggris, makanan pokok disebut ‘staple food.’

Tapi tidak semua produk pangan, terutama hasil olahan, bisa disebut food. Simak daftar kosakata berikut:

(1) dish –> Makanan yang dimasak dan diolah dengan cara tertentu untuk dihidangkan. Jadi sayur nangka, nasi goreng, oseng tempe dan kacang panjang itu lebih tepat disebut dish, bukan food. Sup ceker ayam itu dish, bukan food, bukan pula chicken foot soup, mbah! Soto kerbau dari Kudus atau Soto Lamongan = traditional dish. Aneka sajian berbahan sayur di restoran = vegetarian dish. Tapi kenapa dagangan di KFC, Wendy’s dan Mc Donalds disebut fast food? Wallahualam.

Baca Juga :  30 Contoh Idiom Bahasa Inggris dari Dunia Fauna Beserta Artinya

(2) delicacy –> makanan khas yang cenderung nyeleneh yang hanya ada di tempat tertentu. Swike, kaki kodok di Purwodadi atau sop sumsum dengkul sapi di Madura, juga keripik belalang dan kelabang dari Thailand adalah contoh local delicacy.

(3) speciality –> masakan istimewa andalan sebuah restoran. For example: smoked salmon is the speciality of this restaurant.

(4) diet –> jenis makanan yang biasanya dimakan seseorang. For example, if you are diabetic, your diet shouldn’t have too much sugar. If you have hypertension, you must reduce salt from your diet.

(5) cooking –> masakan yang diolah dengan metode tertentu atau oleh orang yang istimewa. For example: spices and chilly are used in Minang cooking. How I miss my wife’s cooking!

(6) cuisine –> makanan khas yang bisa didapati di restoran, wilayah atau negara tertentu. Contoh: Javanese cuisine, Madurese cuisine. Inilah yang kerap disebut wisata kuliner.

(7) fare –> makanan unik dan eksotik yang hanya bisa ditemui di wilayah tertentu. Kokam a.k.a kont*l kambing di Malang dan turuk bintul dari Wonogiri, atau daging tikus di pasar-pasar di Manado masuk ke dalam kategori ini.

Baca Juga :  5 Hobi yang Bikin Pinter, Bikin Otak Cerdas. Salah Satunya Mungkin Kamu Suka?

(8) tea –> makanan ringan yang disantap pada sore atau petang hari. Ini tradisi Inggris.

(9) snack –> makanan ringan atau makanan dalam jumlah sedikit yang disantap di antara periode makan pagi dan siang, atau antara makan siang dan malam. Sepiring kecil karedok atau dua kerat singkong rebus, secawan keripik kentang, layak disebut snack.

(10) treat –> makanan lezat yang sesekali saja kita makan. Artinya, itu bukan makanan sehari-hari. Contohnya banyak. Jadi misalnya ibu memanggil kalian untuk makan dan di meja tersaji pecel lele yang sangat menggiurkan, you boleh bersorak, “It’s a treat !♡”

Sekarang Anda mungkin bingung, berontak dan protes: tepatkah restoran yang menyajikan olahan aneka hasil laut disebut restoran ‘sea food’? Perkecualian alias anomali pasti terjadi, so take it easy. Paham ya? Sarapan Kosakata Tentang Makanan. Arif Subiyanto.

Loading...
error: