Warna Cat yang Baik untuk Kesehatan di Rumah Anda

ngasih.com. Ada yang berencana mengecat rumah?

Mengecat rumah bukan hanya tentang memilih warna kesukaan. Bukan juga tentang memilih brand cat saja. Banyak kasus yang memaksakan diri, namun rupanya tidak cocok dan merasa kurang betah.

Warna cat rumah memang berpengaruh dalam hal estetika dan psikologis. Warna cat bahkan bisa memengaruhi suasana emosi dan perilaku, apakah pembawaannya tenang serta produktif, atau justru sebaliknya. Oleh karena itu, misi yang satu ini tidaklah sederhana.

Apa anda ingin cat yang sehat dan berpengaruh baik terhadap keadaan emosional?

Konsultan warna menyarankan agar anda mempertimbangkan fungsi setiap ruangan. Lalu pilih warna dominan. Konsultan mengklaim kalau ada beberapa warna yang berpengaruh lebih baik ketimbang warna lain. Berikut ini warna cat yang bagus, baik untuk kesehatan di rumah anda:

Warna cat untuk ruang tamu dan foyer (Lobi)

warna cat rumah, cat rumah minimalis, cat rumah, perpaduan warna warna cat tembok, warna cat rumah minimalis, warna cat ruang tamu, kombinasi warna, warna cat rumah yang bagus

Foyer adalah ruang yang berada diantara teras/ ruang luar/ taman depan dengan ruang dalam/ tamu. Sementara ruang tamu sendiri sering dipakai sebagai tempat menerima orang luar dan berkomunikasi. Di dua ruangan ini, opsi warna terbaik jatuh pada kuning, oranye, merah, beige/ krem, dan cokelat.

Baca Juga :  10 Negara Penghasil Kopi Terbesar dan Terbaik Di Dunia

Dikutip dari webmd.com, Konsultan warna di Lorton, Va bernama Kate Smith, mengatakan kalau warna-warna tersebut mengundang mood untuk duduk, bersantai, dan ngobrol. Ada kesan kehangatan dan koneksi di tengah orang-orang yang sedang berkumpul.

Warna cat untuk dapur

Konsultan warna memberikan saran, kalau ada kenangan masa lalu yang indah di dapur, anda bisa menghidupkan kembali dengan cara mengecatnya sesuai warna zaman dulu. Jika dulu dapurnya berwarna putih-biru, anda bisa mengulangnya kembali. Jika tidak, anda bisa memilih warna kuning, merah, atau seperti warna-warna di ruang tamu dan foyer.

Hanya saja, warna-warna pilihan untuk ruang tamu dan foyer, jika diterapkan di dapur, bisa menambah selera makan anda. Anda seakan terdorong untuk makan lebih banyak. Hal ini tentu bisa menjadi masalah apabila anda tengah menjalani program diet.

 

Warna cat untuk ruang makan

Agar merangsang selera dan nafsu makan, anda bisa mendekor dengan sentuhan warna merah. Tak hanya tuan rumah, tamu pun biasanya terkesan dengan aura merah di ruang makan.

Baca Juga :  Cara membersihkan perhiasan emas kusam agar kembali berkilau atau mengkilap

Warna cat untuk kamar tidur

rumah warna, kombinasi warna cat rumah, cat rumah yang bagus, warna cat rumah bagian luar, warna rumah, perpaduan warna cat rumah, kombinasi cat rumah, warna cat kamar tidur, cat tembok rumah

Sebagai ruangan privat, kamar tidur mesti didesain dengan nuansa yang santai. Anda bisa mempertimbangkan warna lavender, biru, dan hijau. Warna-warna tersebut memiliki efek menenangkan.

Kontras dengan warna merah, yang cenderung merangsang aktivitas, meningkatkan tekanan darah, dan denyut jantung. Namun jika anak atau remaja memiliki pilihan warna sendiri, anda tidak disarankan mengekangnya. Hanya saja, pastikan anak tersebut mau mengecat ulang jika hendak pindah/ ke luar dari rumah.

Warna cat untuk kamar mandi

Pilihan terbaik untuk kamar mandi biasanya jatuh pada putih dan warna-warna hangat. Opsi ini diambil untuk memberi kesan kamar mandi yang bersih dan higienis. Sementara di zaman saiki, kamar mandi tak hanya digunakan untuk membersihkan diri.

Kadang anda menghabiskan waktu di kamar mandi untuk relaksasi. Untuk itu, banyak yang menjatuhkan pilihan pada warna kalem seperti hijau, biru, dan turquoise. Selain memberi kesan bersih, anda juga seakan merasa tenang dan segar. Bahkan konsultan warna percaya, jika warna kamar mandinya sudah tepat, anda seakan merasa percaya diri begitu bercermin di kamar mandi.

Baca Juga :  Cara Mengusir Sales yang Datang ke Rumah Secara Memesona

Warna cat untuk ruang olahraga

Warna yang memotivasi anda untuk semangat bergerak yaitu oranye dan merah. Namun keduanya berpotensi memberikan rasa panas. Sehingga, anda bisa memilih hijau dan biru. Kalau tidak, anda bisa mengkolaborasikan hijau-biru dan kuning-hijau. Paduan warna ini bisa membuat anda lebih ceria dan bahagia.

Warna cat untuk ruang kerja/ kantor rumah

Permainan warna berikutnya mesti membuat anda produktif. Ruang tersebut juga mesti memicu anda untuk semangat menyelesaikan tugas. Dengan demikian, anda memiliki waktu bersantai lebih panjang.

Konsultan warna berpendapat kalau hijau adalah pilihan paling cocok. Warna ini menjaga anda agar tetap konsentrasi. Apalagi, hijau termasuk warna terbaik yang memberi efek bagus bagi pemilihnya.

Nah, bagaimana? Apa sudah ada inspirasi hendak memilih warna cat apa untuk semua ruangan di rumah anda? Demikian, Warna Cat yang Baik untuk Kesehatan di Rumah Anda.#RD

Loading...
error: