Changi Airport yang Canggih dan Futuristik Abis!

Yuk, Tengok Terminal 4 Bandara Changi yang Canggih dan Futuristik Abis!

Menyabet gelar sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytarx, Bandara Internasional Changi, Singapura, kini tampil lebih futuristik. Setelah sebelumnya, Terminal 3 (T3) yang modern menjadi lokasi favorit untuk mendapatkan foto instagramable, kini Terminal 4 (T4) yang siap jadi incaran baru. Tidak hanya kece secara visual, T4 memadukan kekuatan seni dan teknologi menjadi inovasi yang mengagumkan.

Kecanggihan yang terintegrasi pada interior T4, akan menghadirkan pengalaman yang seru dan menarik bagi kamu, para traveler. Dengan layar LED sepanjang 70 meter, kamu akan dilingkupi dengan grafis ciamik saat melintasi pengecekan paspor dan pemeriksaan keamanan. Terdapat pula kursi warna-warni yang melengkapi waktu transit kamu dengan atmosfer yang nyaman.

changi airport, changi airport singapore, changi international airport, explore singapore

Lebih dari itu, T4 menyuguhkan kesenangan kepada anak-anak berupa robot imut penjaga kebersihan yang akan menjelajahi ruangan dan kursi-kursi lucu berbentuk anjing. Animasi yang menarik dan drama musikal pada layar LED juga menjadi fitur hiburan yang dapat kamu nikmati. Menambah semarak, ada pula area khusus yang menampilkan eksotisme arsitektur toko tradisional Singapura dari tahun abad ke-18 hingga 1950an. Tentunya, lengkap dengan sajian lokal yang bisa kamu cicipi.

Baca Juga :  9 Video Games yang Pantas Diangkat Menjadi Film Layar Lebar

Dengan teknologi yang telah terintegrasi, efisiensi dan efektivitas layanan di T4  juga akan semakin baik. Penumpang dapat merasakan self-service yang komperhensif, dengan 65 loket check-in dan 50 alat identifikasi bagasi menggunakan pendeteksi wajah, sehingga lebih cepat dan aman. Penumpang juga tak perlu lagi mengeluarkan barang elektronik selama pemindaian karena telah menggunakan CT scanner.

Memiliki luas 225000 m² atau sekitar 2-3 kali lebih besar dibandingkan T3, atmosfer T4 terasa begitu lapang dengan langit-langit yang tinggi, pencahayaan alami, dan sekat kaca yang meluaskan jangkauan pandang. Instalasi seni yang menghipnotis juga tersebar pada setiap sudut dan komponen interior. Seni musik dan seni rupa berpadu manis menjadi hiburan yang berkesan dan sulit dilupakan.

changi airport dimana, free singapore tour, bandara changi singapore, airasia changi terminal, hotel dekat changi airport singapore, snooze lounge changi, hotel di changi airport, subway changi airport, hotel di changi airport singapore, airport builder

Menariknya, konsep yang futuristik berupa seni dan teknologi, diperkaya pula dengan nuansa hijau yang menyegarkan. Sekitar 582000 tanaman, pepohonan, dan semak menghiasi T4, termasuk 160 pohon fikus yang berada di sepanjang koridor boarding.

Kelak, terdapat sembilan penerbangan yang beroperasi di T4, dengan kapasitas pelayanan 16 juta penumpang per tahun. Kesembilan penerbangan tersebut, antara lain dari AirAsia Group, Cebu Pacific, Cathay Pacific, Korean Air, Vietnam Airlines and Spring Airlines. Dengan demikian, total kapasitas pelayanan Bandara Internasional Changi mencapai 82 juta, dan menjadi salah satu bandara paling sibuk di dunia.

Baca Juga :  Perbedaan Headset, Earphone dan Headphone

Menurut Poh Li San, VP T4 Programme Management Office Bandara Changi, desain dan inovasi teknologi pada T4 merupakan uji coba untuk Terminal 5 (T5) yang ditergetkan rampung sekitar tahun 2020.

Lajunya pembangunan yang dilakukan Bandara Internasional Changi, sebagai respon atas perkembangan infrastruktur dan teknologi pada bandara-bandara di Asia. Bandara Internasional Changi terus melakukan pembenahan, perbaikan berkelanjutan, dan menembus batas-batas yang mampu mereka lampaui, agar selalu menjadi yang terdepan dalam segala aspek, baik sarana, prasarana, maupun kepuasan pelanggan.

Ya, alasan ini jelas masuk akal, karena bandara menjadi impresi pertama ketika kita mengunjungi suatu negara. Sesuai dengan kapasitasnya, Indonesia pun melakukan upaya yang sama pada beberapa bandara internasional.

Kalau menurut kamu, bandara mana yang terbaik dan paling berkesan?

Loading...
error: