9 Macam Bunga yang Bermanfaat di Tanam Halaman Rumah

Manfaat Bunga di Lingkungan Rumah

Kehidupan modern kadang juga menimbulkan stres dan ketegangan yang berujung pada suasana hati yang kurang menyenangkan. Faktor kejiwaan dan hormon juga berperan penting dalam menjaga suasana hati kita.

Salah satu jalan keluar dari masalah ini adalah dengan meningkatkan suasana hati supaya tidak dirundung terus dalam kepenatan yang membuat Anda bad mood.

Ada fakta menarik bahwa orang melakukan hal terbaik dalam kinerja mereka ketika mereka bersatu dengan alam. Salah satunya adalah dengan menghadirkan tanaman bunga di halaman Anda. Dilansir dari boldsky.com Berikut ini adalah tanaman bunga yang bermanfaat, dapat mengubah bad mood Anda menjadi good mood :

Bunga Mawar

jenis bunga di halaman rumah

Bunga yang cantik ini sering dihubungkan dengan kasih sayang dan cinta. Mawar mempunyai banyak variasi warna. Setiap warna ini menunjukkan sesuatu yang berbeda, namun semuanya memainkan peranan yang sama untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

Efek tersebut merupakan perpaduan antara wangi bunga dan tampilan bunga yang cantik, sehingga membuat orang merasa lebih rileks dan merasa baik terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik

Bunga Rosemary

macam macam bunga di halaman rumah

Biasanya kita mengenali bunga ini sudah dalam bentuk ramuan yang sering digunakan di dapur. tetapi, itu adalah salah satu kegunaan bunga rosemari yang membuatnya istimewa. Bunga ini ternyata mempunyai efek membuat seseorang lebih perhatian, waspada dan bertenaga.

Bukanlah ide yang buruk untuk menanam tanaman rosemary di halaman rumah Anda dan mencoba merasakan efek keceriaan tersebut.

Bunga Kamomil

jenis bunga untuk halaman rumah

Dalam bahasa Inggris disebut Chamomile, meskipun bernetuk kecil tetapi bunganya sangat indah dipandang mata sehingga mempunyai efek menenangkan saraf. S

elain dari bentuknya, ternyata ekstrak bunga ini sudah lama dikenal untuk meredakan masalah gangguan tidur bagi yang berumur 30-an. Peningkat suasana hati yang bagus, dengan melihatnya saja ia mempunyai efek membantu Anda lebih aktif.

Bunga Lavender

gambar taman bunga indah di dunia

Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak minyak lavender mampu menurunkan kecemasan dan stres. Ini berlaku juga bagi penglihatan, memandangnya dengan jarak dekat selama 3 – 4 jam setiap hari ternyata dapat menurunkan peluang seseorang menderita depresi. Tentu ini juga berlaku bagi ibu-ibu setelah melahirkan.

Baca Juga :  8 Tanaman Berbahaya dan Beracun bagi Hewan Peliharaan Anda

Bunga Kemangi

manfaat bunga bagi lingkungan rumah

Kemangi mempunyai kesitimewaan dengan adanya linalool yang terkandung di dalamnya. Ia mampu memproteksi tubuh dari kerusakan kognitif serta dapat meningkatkan suasana dalam hati seseorang dan tentunya dapat memerangi depresi.

Rempah-rempah yang satu ini memang tidak selalu menyenangkan bagi mata dan hidung. Tetapi, efeknya yang kuat bisa membuatnya meningkatkan semangat dalam hati seseorang.

Adas

manfaat bunga di rumah

Bunga yang merupakan sumber nektar bagi para lebah ini bisa tumbuh dengan baik tanpa terlalu banyak campur tangan manusia. Tanaman ini sangat erat kaitannya dengan tanaman obat karena akar dan daunnya dikenal mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, disamping sebagai mood booster.

Bunga Matahari

manfaat bunga matahari bagi lingkungan rumah

Penampilannya yang cerita serta harum bunga matahari mampu menenangkan suasana hati. Bunga yang mempunyai banyak kebaikan ini tentu saja memiliki kandungan istimewa di dalamnya yang disebut fenialanin. Kandungan khusus ini ternyata bertindak pada hormon manusia, sehingga membuat seseorang menjadi merasa lebih baik.

Daun seribu

manfaat bunga di halaman rumah

Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama yarrow, bunga yang sering dijumpai diperbukitan ini berwarna putih. Menurut para ilmuan, keindahan yang ada dalam bunga daun seribu ini berguna sebagai pembangkit suasana hati. Bahkan belakangan ini yarrow ini telah digunakan untuk obat penenang dalam menjaga kecemasan. Hal tersebut digunakan terutama pada pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Loading...
error: