Mengenal Asam Folat dan Fungsinya

Asam Folat Adalah

Apa itu asam folat (Folic acid) ? Asam folat adalah bentuk vitamin B9 yang larut dalam air. Asam folat membantu dalam mensintesis dan memperbaiki DNA / RNA, menciptakan sel darah merah yang sehat, membantu pembelahan dan pertumbuhan sel baru secara cepat.

apakah asam folat bisa mempercepat kehamilan, apakah asam folat bikin gemuk, apakah asam folat, apakah asam folat bisa diminum saat haid, apakah asam folat bisa menyuburkan kandungan, apakah asam folat bisa dikonsumsi oleh pria, apakah asam folat boleh diminum saat haid, apakah asam folat membuat mual, apakah asam folat baik untuk ibu hamil, apakah asam folat bagus untuk pria, apakah asam folat dijual di apotik, apakah asam folat baik untuk pria

Apakah Asam Folat Bagus untuk Pria

Semua orang baik pria dan wanita membutuhkan asupan beberapa nutrisi setiap hari, dan kekurangan asam folat dalam asupan makanan dapat menyebabkan efek ringan hingga serius pada kesehatan.

Wanita membutuhkan asupan asam folat yang stabil untuk tetap sehat, khususnya dalam masa kehamilan supaya mendapatkan perkembangan janin yang sehat dan kuat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia dan cacat lahir.

Asam Folat ada di Makanan apa Saja?

Dan berikut ini adalah beberapa makanan sumber asam folat terbaik :

1. Asparagus

Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Saat ini, manfaat kesehatannya telah dikenal luas. Satu cangkir asparagus mengandung 39,7 mikrogram asam folat, atau sekitar 17% dari nilai harian. Asparagus juga menyediakan kadar potasium, kalsium, tembaga, dan zat besi.

2. Brokoli

Brokoli dapat dimakan mentah ataupun dimasak sesuai selera Anda. Seperti contoh sebagai tambahan bahan salad atau pasta. Anda juga dapat menambahkan sebagai pemanis hidangan daging atau ikan kesukaan Anda.

Baca Juga :  Rambut Beruban Pada Usia Muda? Berikut 5 Cara Mencegah dan Mengatasinya

3. Hati Ayam Kalkun

Hati kalkun yang beratnya 100 gram mengandung lebih dari nilai asam folat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari. Karena mungkin Anda akan berbagi makanan dengan keluarga dan teman, semua orang akan dapat menikmati manfaat gizi dalam jumlah yang lebih kecil. Bila susah mendapatkan hati ayam kalkun, Anda bisa menggantinya dengan hati ayam kampung.

4. Alpukat

Alpukat adalah makanan kaya nutrisi yang juga menyediakan tubuh Anda dengan potasium, vitamin C, dan antioksidan. Satu buah alpukat setiap hari dapat memenuhi 41 % dari nilai asam folat harian yang direkomendasikan.

5. Kacang

Dosis setengah cangkir kacang mengandung 106 mikrogram asam folat, atau lebih dari seperempat rata-rata kebutuhan harian yang dibutuhkan setiap orang. Kacang ialah sumber protein, seng, magnesium dan tembaga.

6. Buncis

Buncis merupakan salah satu sayur favorit, mereka mudah ditemukan, harganya relatif murah, serbaguna dalam pengolahan, dan sangat sehat untuk dimakan. Tambahkan satu cangkir buncis yang kaya nutrisi ini ke piring Anda setiap hari dan Anda akan mengisi tubuh Anda dengan hampir tiga perempat dari jumlah asam folat yang direkomendasikan untuk setiap hari.

7. Kacang Kedelai

Kedelai adalah bahan makanan dari tahu dan tempe. Setengah cangkir kacang kedelai kering mengandung 44 persen dari nilai asam folat harian yang direkomendasikan. Asam folat yang tinggi dalam kacang kedel juga dapat mencegah depresi dan melindungi diri terhadap kanker.

Baca Juga :  Mitos dan Khasiat Tumbuhan Purwoceng untuk Kejantanan Pria

8. Telur

Menambahkan telur ke dalam menu Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan nutrisi penting. Tambahkan telur dalam makanan Anda setiap minggunya untuk meningkatkan asupan asam folat yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

9. Kubis Brussel

berapa lama minum asam folat, berapa lama konsumsi asam folat untuk promil, berapa asam folat yang dibutuhkan ibu hamil, berapa asam folat untuk ibu hamil, berapa dosis asam folat untuk ibu hamil, berapa kebutuhan asam folat ibu hamil, berapa kebutuhan asam folat ibu hamil per hari, bisakah minum asam folat saat haid, haruskah ibu hamil minum asam folat, kenapa asam folat bikin mual, mengapa asam folat penting untuk ibu hamil, mengapa asam folat perlu dikonsumsi untuk menyiapkan kehamilan

Sayuran bergizi ini termasuk keluarga dari silangan sayuran terkait erat seperti kale, brokoli dan kubis. Kubis Brussel penuh dengan banyak vitamin dan mineral dan khususnya asam folat yang tinggi. Mereka juga merupakan sumber kaempferol, antioksidan yang terkait dengan banyak manfaat bagi kesehatan.

10. Pisang

Memakan satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 6% dari nilai asam folat harian yang direkomendasikan. Pisang kaya akan kalium, protein, dan serat. Buah ini juga merupakan buah yang bagus untuk dikonsumsi secara teratur.

11. Jus Tomat

Jika Anda berniat untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda, satu porsi jus tomat adalah cara yang bagus untuk mencapainya.

12. Bubuk Cabai

Sedikit bubuk cabai akan menambah citarasa yang luar biasa untuk hidangan Anda. Tentunya Anda akan mendapatkan sumber vitamin A, vitamin C, potassium, kalsium hingga asam folat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi bubuk cabai karena bisa menyebabkan diare, jadi cukup 3 sendok teh / minggunya.

Baca Juga :  15 Cara Cepat dan Alami Memutihkan Kulit Dalam Satu Minggu

13. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang kaya nutrisi. Buah ini sangat cocok dijadikan pencuci mulut. Terlepas dari kapan dan bagaimana Anda memakannya, tubuh Anda akan menikmati peningkatan nutrisi, termasuk asam folat. Pepaya juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, dan potasium.

14. Jeruk

Jeruk adalah sumber asam folat yang baik, dalam satu buah jeruk kecil mengandung sekitar 29 mikrogram asam folat. Di samping itu, mengkonsumsi buah jeruk sendiri memberikan manfaat kesehatan yang banyak, jus jeruk juga dapat dijadikan pilihan.

15. Hati Sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber asam folat yang paling kaya yang tersedia di pasaran. Selain folat, satu porsi hati sapi dapat melampaui kebutuhan harian Anda untuk vitamin A, vitamin dan B12.

Berbagai makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan folat Anda. Bukan hanya karena kaya asam folat, tetapi juga tinggi akan nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan aspek lain dari kesehatan Anda.

Loading...
error: