10 Cara Memasak Ikan yang Enak

ngasih.com. Bosan makan ikan dengan digoreng sampai kering?

bagaimana cara masak ikan yang enak resep dan memasak fillet, tepung irisan olahan, tutorial membuat asam manis www.cara patin nila gabus lele tongkol pari mas teri bakar.com

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Bu Susi Pudjiastuti, mendorong masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi ikan. Kampanye makan ikan itu tentu bukan tanpa alasan. Selain melimpah, ikan memang memberi banyak manfaat.

Kalau alasan tidak mau makan ikan karena ada durinya, Bu Susi bahkan memerintahkan untuk ditenggelamkan. Namun tentu saja peringatan tersebut hanya candaan. Beliau hanya ingin agar masyarakat tidak terlalu fokus pada daging sapi atau kambing saja, melainkan ikan juga.

Adapun memasak ikan itu banyak caranya. Ikan memang tidak disajikan dengan digoreng saja. Masih ada cara lain. Berikut ini 10 cara memasak ikan yang enak mudah dan sederhana :

1. Bakar ikan

Agar tidak repot, siapkan oven dan panaskan sampai 450F, atau sekitar 230C. Oles loyang dengan mentega atau minyak agar tidak lengket. Letakkan ikan. Jangan ditumpuk. Beri bumbu sesuai selera. Biarkan tanpa penutup selama 10 menitan.

2. Goreng atau tumis ikan

Teknik ini memberikan hasil yang lembut. Banyak makanan laut yang cocok disantap dengan teknik ini. Sebut saja udang, fillet (potongan daging) ikan, kerang scallop, dll. Sedangkan ikan-ikan keras seperti halibut dan kod bisa dipotong-potong dulu sebelum digoreng.

Caranya cukup mudah. Siapkan mentega atau minyak dalam ajan antilengket. Atur panas apinya agar sedang-sedang saja, atau sampai medium-high. Ikan bisa lebih dulu dicelupkan ke dalam telur kocok, susu, kemudian tepung roti. Masak sampai matang, sekitar 4-5 menitan.

Baca Juga :  Daftar Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya

3. Ikan panggang/ dikukus dalam panci

Agar ikan tidak begitu kering ketika dipanggang, potong dengan ukuran cukup tebal, kira-kira 2,5 cm. Sebelum dan selama proses memasak, jangan lupa untuk terus menuangkan minyak yang meleleh dari daging ikan (basting). Waktu memanggangnya sekitar 8 menit. Biarkan oven sedikit terbuka. Jika ketebalan ikan kurang dari 2,5 cm, tak perlu membolak-baliknya, sebab bagian atas akan sama matangnya dengan bagian bawah.

4. Ikan dimasak dalam microwave

Mayoritas fillet/ daging ikan tanpa tulang/ steak cocok untuk dimasak di microwave. Cukup semprotkan atau oleskan minyak/ mentega pada piring yang aman untuk diletakkan di microwave. Potong ikan menjadi dua bagian. Atur posisinya. Pastikan bagian yang tebal berada di pinggiran piring. Tutup dengan plastikan, namun beri lubang ventilasi pada bungkusan itu. Masak selama 3 menitan. Balikkan ikan satu kali saja selama memasak. Garam sendiri bisa dipakai pasca dimasak.

5. Menggunakan pemanggang

Teknik ini cocok diterapkan untuk ikan yang berdaging tebal seperti salmon, tuna, dan halibut. Pastikan panggangannya bersih, sudah dioleh mentega/ minyak, dan jaraknya berdekatan. Jika ikannya lebih kecil, keranjang panggangan lebih pas digunakan.

Baca Juga :  8 Jajanan Tradisional Anak yang Dirindukan Namun Mulai Langka

Panaskan arang selama 30 menitan. Jika mnggunakan gas, tunggu waktu sampai 10 menitan dengan posisi tertutup. Letakkan ikan dalam satu lapisan dengan api sedang.

6. Ikan rebus

Tak harus ikan tebal atau tipis, hampir semuanya bisa dimasak dengan direbus. Entah itu dalam air, susu, atau air ikan itu sendiri. Tuangkan cairan sampai ikan tertutup semua. Tutup pancinya dengan rapat. Untuk rebus fillet, biarkan selama 8-10 menitan. Sementara untuk ikan utuh, biarkan selama 15-20 menitan. Cairan sisa merebus bisa dimanfaatkan untuk saus.

7. Ikan goreng

Agar hasilnya maksimal, ikan dengan ketebalan kurang dari 2 cm bisa menjadi pilihan untuk metode ini. Terus pantau suhu minyaknya. Jika terlalu dingin, ikan akan berminyak atau basah. Namun jika terlalu panas, ikan bisa gosong.

Panaskan minyak kanola atau minyak saur dengan suhu 175 – 185C. Jika ikannya terlalu tebal, potong dulu sampai ukurannya sesuai. Taburi fillet dengan sedikit tepung, celupkan ke telur kocok, dan lapisi dengan tepung telur. Masukkan ikan dan biarkan sampai mengapung. Masak selama 3-5 menitan, sampai warnanya berubah jadi cokelat muda. Tiriskan, lalu ikan siap disajikan.

8. Ikan pindang

Teknik ini merupakan kolaborasi antara perebusan dengan penggaraman. Jadi ikan tersebut akan digarami, diberi bumbu, lalu direbus atau diasapi sampai kering. Metode ini membuat ikan jadi lebih tahan lama. Keawetan, citarasa, karakter, penampilan, dan teksturnya tergantung spesies ikan, lama perebusan, dan kadar garamnya. Ikan-ikan yang biasa dipindang yaitu para ikan pelagis seperti tongkol, cakalang, tuna, japur, ikan layang, dll.

Baca Juga :  Pecinta Kuliner Wajib Tahu, Ini Perbedaan Ketoprak, Karedok, Lotek, Gado-Gado, dan Pecel!

9. Ikan acar kuning

Untuk teknik ini, ikan yang biasa digunakan adalah ikan air tawar seperti gurame, patin, nila, dll. Anda bisa menggoreng ikannya dulu sampai setengah matang atau langsung memasukkan ikan ke dalam bumbu berair yang sudah kaya akan rempah. Setelah masak, ikan acar kuning biasanya dilengkapi dengan topping berupa wortel, nanas, irisan cabe merah, atau timun. Agar lebih afdal, anda bisa menggunakan santan. Namun kalau tidak pun, tidak masalah.

10. Ikan pindang gula merah

Metode masak ini biasanya berasal dari Sunda. Jadi ikan dimasak tanpa digoreng sama-sekali. Bumbunya juga bisa ditumis atau direbus langsung. Rempah-rempahnya beragam. Ada sereh, daun salam, lengkuas,jahe, dll. Begitu harum, cairan penuh bumbu itu diberi kecap, gula merah, garam, dan air asam jawa. Setelah memastikan rasanya pas, ikan dimasukkan dan dibiarkan sampai bumbunya meresap. Sesuai bumbu yang digunakan, rasanya memang asam manis, namun tetap lezat jika dijadikan pendamping nasi hangat.

Mengaku suka makan ikan, tapi belum mencoba aneka cara memasaknya? Coba sekarang! Demikian, 10 Cara Memasak Ikan #RD

Loading...
error: