13 Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga

Ngasih.com. Kisah sukses dari para pengusaha, kerap membuat kita terpana. Bisnis mereka bertumbuh dan berkembang, lantas turut andil dalam mensejahterakan orang-orang.

Namun, di balik manisnya pencapaian, tentu terdapat lika-liku berbatu yang menuntut perjuangan. Untuk menjadi seorang pengusaha andal, kita harus siap banting tulang dalam merencanakan, mengeksekusi, serta menghadapi berbagai tantangan.

Dan, lebih dasar dari itu, kita harus siap memulai langkah. Karena berangan-angan saja, tidak akan pernah membawa kita ke mana-mana. Berani bertindak, menjadi kunci untuk membawa impian menjadi kenyataan.

apa saja sumber sumber ide bisnis, apa saja sumber ide usaha, apa saja yang menjadi sumber sumber ide bisnis, apa ide bisnis anda, apa ide bisnis itu, ,apakah ide bisnis itu, ide bisnis apa yang terbaik bagaimana ide bisnis dapat diperoleh, bagaimana ide bisnis dapat diciptakan

Tidak perlu ragu, karena semua perjalanan selalu memiliki langkah pertama. Terlebih, era digital menyajikan beragam kesempatan emas bagi siapa aja yang mau berusaha. Berikut ini 13 ide bisnis bermodal kecil yang bisa kamu mulai sekarang juga :

1. Penulis lepas

Bagi kamu yang gemar merangkai kalimat menjadi artikel yang kuat dan berdampak, jajal kesempatan luas sebagai penulis lepas. Konsekuensinya, kamu akan memerlukan energi besar untuk melakukan riset, memperluas pengetahuan, mengasah ide, dan mengikuti perkembangan zaman. Namun, tentu bukan hambatan selama kamu bahagia dan punya tekad kuat dalam menjalaninya.

2. Membuat blog

Membangun blog dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan, selama dilakukan dengan konsisten dan fokus. Kamu dapat mengisinya dengan topik yang kamu gemari, agar lebih persisten menghadapi tantangan, terutama dalam meningkatkan jumlah pengunjung setiap harinya.

Baca Juga :  TIPS PEMIJAHAN IKAN MASKOKI YANG BERHASIL

3. Asisten virtual

Seorang pengusaha di era digital, seperti blogger, pemilik online shop, atau IT, bisa jadi membutuhkan asisten virtual yang mengelola urusan administrasi, seperti pengelola situs, mengatur jadwal, e-mail, dan berbagai urusan lainnya. Peluang ini tentunya dapat kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan dari mana saja.

4. Pengelola sosial media

Dominasi Facebook, Instagram, Linkedin dan Twitter, membuat perusahaan memerlukan seorang ahli yang fokus mengelola media sosial mereka untuk keperluan branding dan marketing. Jika kamu cukup memahami algoritma setiap media sosial dan jago membuat konten, ada baiknya kamu mengambil kesempatan ini.

5. Memproduksi dan menjual pakaian

Pasar fashion di Indonesia begitu besar, terutama sejak konsep toko online dan marketplace semakin memudahkan siapa saja yang ingin memulai bisnisnya. Bagi kamu yang siap bersaing, tidak ada salahnya mulai memproduksi dan menjual ragam pakaian, atau sekadar menjadi reseller dan marketer dari merek yang telah terkenal.

6. Fotografer

Memiliki bakat di dunia fotografi? Jadikan lebih dari sekadar hobi! Cobalah menjadi fotografer lepas untuk berbagai acara, foto produk, hingga keperluan jurnalistik. Untuk memulainya, kamu bisa membangun persona, mengembangkan ciri khas, dan membuat portofolio secara online di akun media sosial atau menawarkan diri melalui jaringan pertemanan.

Baca Juga :  10 Brand atau Merek Perlengkapan Olahraga Terbaik di Dunia Tahun 2016

7. Penata gaya

Arus informasi memudahkan kita mempelajari beragam keterampilan baru yang sesuai dengan passion. Salah satu yang populer di antara para milenial, yaitu penata gaya, yang terdiri dari fashion, makeup, hijab do, dan hairstylist. Biasanya, keterampilan ini laris manis untuk berbagai acara, seperti wisuda, pernikahan, bahkan acara kenegaraan.

8. Perencana keuangan

Kesadaran akan investasi di kalangan masyarakat semakin tinggi. Apabila kamu memiliki dasar keilmuan, atau berminat di bidang finansial, aktuaria, dan/atau ekonomi, kamu dapat memulai langkah sebagai perencana keuangan. Kamu dapat melakoninya secara independen, atau menjadi pekerja lepas di bawah naungan perusahaan.

9. Merawat bayi dan/atau hewan peliharaan

Kesibukan dan me time orang lain, menjadi peluang bisnis yang dapat kamu ambil. Misalnya, menjadi babysitter panggilan, atau membuka layanan perawatan untuk berbagai hewan peliharaan, ketika orang tua sibuk kerja atau ingin rileks sejenak.

10. Agen asuransi

Jika kamu paham mengenai asuransi dalam berbagai bidang (pendidikan, properti, kesehatan, dan/atau investasi), serta suka menjalin interaksi dengan orang lain, barangkali menjadi agen asuransi dapat menjadi bisnis yang tepat buat kamu. Yang terpenting, kamu telah mendapat lisensi terpercaya dan menunjukkan performa kerja yang menjanjikan.

Baca Juga :  Forbes Merilis Data Terbaru 10 Orang Terkaya di Benua Asia Saat Ini

11. Jasa konsultan

Apabila memiliki keilmuan yang mendalam di bidang tertentu, implementasikan dengan menjadi seorang konsultan. Karena, beberapa perusahaan lebih cenderung menggunakan jasa konsultan, dibanding harus merekrut pekerja baru. Misalnya, dalam persoalan pajak, investasi, produktivitas, efisiensi, dan sebagainya.

12. Membuka franchise

Untuk menghemat biaya dan tenaga dalam membangun brand image dan prosedur operasional standar, kamu dapat memanfaatkan peluang franchise dari merek dagang yang telah ternama. Hanya saja, untuk menjalankan peluang bisnis ini, kamu harus pandai menilai potensi pasar, serta lokasi yang akan kamu tempati.

13. Jasa penilaian

Dalam rangka membeli properti atau memulai bisnis, ada kalanya membutuhkan saran, penilaian, dan masukan dari orang yang pandai membaca peluang. Apabila kamu memiliki kemampuan tersebut, tidak ada salahnya memberanikan diri untsuk mencoba. Tentunya, kredibilitas dan popularitas kamu akan sangat dipengaruhi oleh keandalan penilaian kamu.

Nah, dari sekian banyak peluang, beranikah kamu mencobanya?  #NSP

Loading...
error: