10 Fakta Penting Tentang Megalodon, Nomor 2 Bikin Merinding!

ngasih.com. Hiu raksasa, Megalodon, mendadak tenar sejak Hollywood mengangkat entitasnya dalam film The Meg yang tayang pada Agustus 2018 lalu. Ukuran gigantik, keganasan, dan kekuatan Megalodon membuat spesies hiu ini tampak menyeramkan sekaligus menakjubkan.

Kesan yang mendalam di benak publik, menjadikan Megalodon sebagai salah satu makhluk ikonis baru dalam pop culture.  Fakta-fakta ilmiah dan spekulatif tentang Megalodon pun kerap diperbincangkan. Apa saja?

Berikut ini 10 fakta paling penting tentang Megalodon, yang menarik perhatian dunia:

ukuran megalodon, ukuran megalodon dan paus biru, ukuran hiu megalodon, ukuran asli megalodon, ukuran megalodon terbesar, berapa ukuran megalodon, ukuran hiu megalodon terbesar, megalodon and blue whale

Perbandingan ukuran megalodon, paus biru dan manusia

1. Ukuran Gigi Megalodon

Rata-rata, gigi Megalodon dewasa lepas saat berukuran 4-5 inchi. Namun, ditemukan pula fosil gigi Megalodon yang berukuran lebih dari 7 inchi, bahkan yang terbesar mencapai 7,48 inchi (hampir 19 cm). Apabila dilakukan perbandingan dengan ukuran gigi hiu putih raksasa yang berkisar 3 inchi, rahang Megalodin diperkirakan mencapai 2,1 meter.

megalodon teeth, megalodon tooth

2. Makanan Megalodon

Ikan gigantik ini tentu memerlukan makanan yang cukup banyak. Diperkirakan, Megalodon dewasa mengonsumsi makanan sekitar satu ton per hari. Dengan bermodal ukuran tubuh dan giginya yang super, Megalodon sanggup memangsa paus, sapi laut, dan singa laut. Kalau manusia, sepertinya hanya jadi camilan!

Baca Juga :  Pemotongan Kuku dan Pencukuran Bulu pada Domba

3. Wujud fosil Megalodon

Menariknya, fosil Megalodon yang ditemukan pada segala penjuru bumi, umumnya berupa gigi. Karena, seperti hiu lainnya, Megalodon kehilangan gigi di usia dewasa dan gigi yang lepas atau patah itu lantas menjadi fosil.  Spesimen gigi raksasa Megalodon ini menjadi benda langka dan yang berukuran 7 inchi pernah terjual hingga 500 juta rupiah!

4. Waktu Kepunahan Megalodon

Megalodon dinyatakan punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Pada masa itu, terjadi perubahan iklim yang cukup menyulitkan bagi Megalodon.. Samudra membeku, muka air laut menyusut, dan hewan-hewan yang menjadi santapan Hiu Megalodon pun mengalami kematian massal.

5. Lokasi Megalodon Berkembang Biak

Megalodon merawat tumbuh kembang anak-anaknya di perairan yang hangat dan dangkal. Diperkirakan sekitar wilayah Bone Valley di Florida, the Calvert Cliffs di Maryland dan Gatum Formation  di Panama, karena di lokasi-lokasi tersebut ditemukan gigi Megalodon berukuran kecil, sekitar 1,5 inchi.

6. Formasi Gigi Megalodon

Megalodon memiliki 5 baris gigi yang berganti dengan cepat dalam waktu 24-48 jam. Dengan jumlah gigi tajam mencapai 276, Megalodon kehilangan ribuan gigi sepanjang hidupnya.

Baca Juga :  Tips Memelihara Burung Branjangan

ukuran megalodon shark, ukuran tubuh megalodon

7. Perbandingan Ukuran Megalodon dengan Hiu Lain

Mencapai panjang 18 meter dengan bobot 60 ton, Megalodon tercatat sebagai predator terbesar yang pernah hidup di muka bumi. Sebagai perbandingan, hiu putih raksasa hanya sekitar 7 meter, dengan berat 3,5 ton. Jadi, Megalodon memiliki panjang 3 kali lebih besar dari hiu putih raksasa dengan berat 20 kali lipat!

8. Hubungan Megalodon dengan Hiu Putih Raksasa

Penelitian membuktikan bahwa Megalodon tidak memiliki kaitan dengan hiu putih raksasa. Meski awalnya pada tahun 1843 mereka tergolong di satu genus Carcharodon yang bergigi besar dan tajam, namun perkembangan penelitian menunjukkan perbedaan taksonomi, sehingga Megalodon masuk dalam genus baru, Carcharocles.

9. Habitat Megalodon

Fosil gigi Megalodon tersebar di berbagai kontinen perairan. Di antaranya Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, Afrika, termasuk pula Puerto Rico, Kuba, Jamaica, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, Grenadine, dan India. Habitat mereka meliputi perairan hangat dengan suplai makanan yang cukup untuk bertahan hidup.

megalodon, megalodon shark, megalodon size, megalodon the movie, megalodon movie, megalodon tooth

10. Gigi Megalodon yang Super Kuat

Estimasi permodelan komputer menunjukkan kekuatan gigitan Megalodon berkisar hingga 10.900-18.100 kg. Kekuatan ini 6-10 kali lebih kuat dari buaya dan hiu putih raksasa. Bahkan, gigitan Megalodon masih 2-3 kali lebih kuat dari T-Rex dan Mosasaurus raksasa.

Baca Juga :  Burung Hwa Mei (Wam Bie) Burung Kicau Bersuara Emas

Fakta nomor berapa yang paling menarik menurut kamu? #NSP

Loading...
error: