Membuat Blog yang Bisa Dijadikan Bisnis

Banyak sekali toko online yang mengalami kesulitan bersaing di internet karena kurang mampu membangun audiens untuk produk-produk yang ditawarkan. Alangkah lebih baik sebelum membangun toko online, Anda membangun audiens untuk website. Hal tersebut bisa dilakukan dengan blog.

Blog dengan jumlah kunjungan dan audiens yang besar memiliki potensi besar untuk dikembangkan secara komersial. Misalnya saja dengan menjual produk-produk yang berkaitan dengan blog seperti merchandise blog.

Blog adalah halaman website yang di-update secara reguler dengan konten-konten menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Blogging penting dilakukan karena merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan traffic dan audiens. Selain itu Anda bisa mengumpulkan email list yang bisa digunakan untuk keperluan promosi atau pemasaran.

Membangun blog bukan hal yang sulit. Bahkan sekarang ini Anda bisa membangun blog dalam hitungan menit saja. Hanya saja jika memiliki tujuan akhir untuk memonetisasi blog, maka Anda perlu rencana dan strategi yang jelas.

Pilih Niche yang Sesuai

Agar bisa sukses dalam blogging, maka Anda perlu memilih niche yang tepat. Banyak sekali konten bertebaran di internet sehingga untuk bisa unggul maka konten yang harus Anda tawarkan harus unik dan tidak mudah ditemukan di blog-blog lain.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih niche yang sesuai untuk blog, misalnya saja dengan melakukan segmentasi pasar. Anda bisa melakukan segmentasi pasar berdasarkan

  • Demografis seperti umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, pendapatan pembaca blog
  • Psikologis seperti gaya hidup, aktivitas, dan ketertarikan yang dimiliki oleh pengunjung blog
  • Geografis seperti lokasi target pembaca blog
Baca Juga :  3 Cara Menelusuri Pesan yang Terhapus di Aplikasi WhatsApps

Misalnya saja Anda memiliki expertise di dunia grafis, maka Anda bisa membuat blog yang membahas grafis untuk pemula dan memberikan tutorial-tutorial yang bisa membantu pengunjung blog Anda untuk belajar. Selanjutnya Anda bisa mengembangkan blog tersebut dengan menyediakan berbagai produk dan jasa yang terkait misalnya menjual art print, template presentasi, resume, dll.

Memilih Platform yang Sesuai dan Membuat Blog

apa itu bisnis blogger, apa itu bisnis blog, bagaimana bisnis blogger, bagaimana cara bisnis blogger, bagaimana cara bisnis blog, bisnis blog, bisnis blog untuk pemula, blog bisnis terbaik, contoh blog bisnis online, cara bisnis blog, bisnis blog yang menguntungkan

Bagi sebagian orang, menentukan platform blog yang tepat untuk digunakan bisa dibilang cukup tricky, karena ada banyak sekali platform yang tersedia. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Secara umum, ada dua jenis platform yang bisa dipilih, yaitu self hosted dan hosted.

Blog hosted berarti blog di-host oleh pihak ketiga, seperti blogger.com atau wordpress.com. Opsi ini mengharuskan Anda untuk mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyedia platform. Kelemahan dari hosted blog ini adalah kurangnya kontrol yang Anda miliki dalam mengelola blog.

Self-hosted memiliki arti bahwa Anda lah yang akan meng-host website dengan bantuan pihak ketiga yaitu web hosting provider, tanpa terikat peraturan dan ketentuan dari pihak ketiga. Anda akan memiliki lebih banyak pilihan untuk melakukan kustomisasi blog sesuai dengan keinginan. Anda bisa menggunakan wordpress.org untuk membuat blog self-hosted ini dan kemudian memilih paket web hosting yang sesuai untuk mengonlinekan blog.

Baca Juga :  10 Sistem Operasi (OS) Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2016

WordPress.org lebih tepat digunakan, terutama jika Anda ingin memiliki kontrol terhadap blog, termasuk memonetisasi blog, karena ada banyak sekali plugin-plugin dan tema yang bisa Anda pilih. Woocommerce, shopify, easy digital downloads adalah beberapa contoh plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat toko online ke depannya.

Selanjutnya Anda perlu menentukan nama domain untuk blog. Pilih nama domain yang mudah diingat, menarik, dan mencerminkan isi dari blog. Manfaatkan fitur cek domain yang ditawarkan oleh penyedia web hosting untuk melihat apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak. Biasanya .com merupakan pilihan terbaik karena paling banyak digunakan dan mudah diingat.

Strategi Konten

Konten adalah bagian terpenting dari blog. Anda harus terus menggali inspirasi dan ide untuk menarik pengunjung blog. Anda bisa memulai merencanakan dengan kalender konten, untuk tahu konten apa saja yang bisa Anda buat dan kapan konten akan ditayangkan di blog.

Rencanakan konten jauh-jauh hari sehingga Anda bisa secara konsisten melakukan update blog, dengan begitu pengunjung blog tahu kapan bisa mendapatkan konten terbaru.

Baca Juga :  Li-Fi, Si Jaringan Internet Masa Depan yang Dapat Kamu Akses Dimana Saja, Kapan Saja, Dan Gratis!

Cari tahu tipe konten apa yang disukai oleh pengunjung, apakah dalam bentuk artikel, infografis, ebook, video, atau podcast. Memahami keinginan pengunjung website penting karena akan membantu Anda dalam membuat konten terbaik yang bisa menarik perhatian.

Mengumpulkan Email

Sedari awal blogging, pastikan untuk mendapatkan email dari pengunjung. Misalnya saja dengan memberikan pengunjung yang telah mengisi alamat email dengan konten-konten premium yang tidak bisa didapatkan dengan cara lain.

Email-email ini penting karena menunjukkan pertumbuhan blog Anda dan selanjutnya bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis. Anda bisa menggunakan email marketing tool seperti mailchimp untuk menghimpun email pengunjung blog.

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Setelah blog cukup berkembang dan memiliki traffic dan audiens yang cukup besar maka Anda bisa mulai melakukan monetisasi blog. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui blog

  • Menjual produk yang terkait dengan blog seperti t-shirt, tote bag, topi, dll
  • Menjual produk digital seperti design, art print, template
  • Bergabung menjadi afiliasi dan menawarkan produk tersebut di blog
  • Menawarkan jasa seperti jasa desain, terjemahan, dll
  • Menjadi dropshipper

Menjadikan blog menjadi bisnis yang menguntungkan sangat mungkin dilakukan, namun perlu diingat, Anda harus konsisten dalam mengelola blog dan memilih cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan monetisasi blog. #Sponsored

Loading...
error: