4 Girlband K-Pop Generasi Baru yang Bersaing Ketat, Termasuk BLACKPINK

Dalam dunia girlband K-Pop, ada beberapa istilah untuk membagi mereka sesuai periode waktu tertentu, yaitu generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, dan generasi saat ini (2014 ke atas). Bukan hanya soal periode debut sampai bubar, pembagian generasi ini juga dimaksudkan untuk mengelompokkan mereka berdasarkan trend dan konsep yang diusung masing-masing generasi serta pengaruh mereka pada generasi berikutnya.

BLACKPINK1

Generasi pertama adalah girlband era akhir 90-an hingga awal 2000-an seperti S.E.S., Fin.K.L, dan Baby Vox yang membangun fondasi konsep grup idol yang seluruh anggotanya adalah wanita. Mereka adalah girlband awal yang turut membawa bendera Hallyu ke level Asia.

Generasi kedua yang eksis antara tahun 2003-2009 adalah mereka yang memapankan gelombang Hallyu di seluruh dunia. Konsep yang sangat girly dan cute berkembang pesat di periode waktu ini. Girlband-girlband besar pun bermunculan macam Girls’ Generation, Wonder Girls, Kara, dan Brown Eyed Girls. Sebagian girlband itu telah bubar kecuali Girls’ Generation yang masih eksis walau ditinggal banyak pilarnya.

Generasi ketiga (2009-2013) kian melanggengkan trend Hallyu dengan mengusung konsep yang lebih berani dan seksi. Mereka yang berjaya di periode waktu ini adalah 2ne1, Sistar, T-ara, f(x), miss A, After School, 4minute, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga :  5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Lampu Hazard!

Dan generasi terbaru yang eksis sejak dekade 2013 adalah mereka yang mendongkrak popularitas K-Pop lewat berbagai media sosial, khususnya YouTube. Mereka tinggal melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh para senior mereka dengan menambahkan sentuhan yang lebih modern dan berkelas.

Nah di generasi terbaru ini ada empat girlband yang bersaing ketat satu sama lain.

1. TWICE

TWICE

Didebutkan JYP Entertainment pada tahun 2015, TWICE menandai lahirnya tren baru idol Korea-Jepang yang sangat girly dengan visual tingkat tinggi. Tak mengherankan dalam waktu singkat TWICE langsung menguasai K-Pop, memecahkan banyak rekor, dan menyabet banyak sekali penghargaan. Mereka pun dinobatkan sebagai New Artist of the Year di ajang Golden Disc Awards 2016.

2. BLACKPINK

BLACKPINK

Merespon lahirnya TWICE, YG Entertainment sebagai perusahaan raksasa langsung mendebutkan BLACKPINK, girlband kuartet yang digadang-gadang akan menjadi penerus 2NE1. Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, BLACKPINK tampil sebagai kuda hitam baru dengan lagu-lagu awal mereka seperti “Boombayah” dan “Whistle.” Mereka yang sudah bosan dengan konsep cute bisa beralih ke BLACKPINK karena mereka memiliki konsep badass dan chic yang relatif jarang diadaptasi di K-Pop.

Baca Juga :  5 Objek Wisata Ini Menarik Untuk Segera Kamu Kunjungi di Tahun 2016!

3. Red Velvet

Red Velvet

Red Velvet lebih tua dari TWICE dan BLACKPINK, tapi andalan terbaru SM Entertainment ini masih berada di bawah bayang-bayang dua girlband itu. Ini membuat banyak fans jengah karena Red Velvet punya konsep yang bagus dan member yang berkualitas, khususnya di lini vokal. Mereka adalah peraih New Artist Award di ajang Golden Disc Awards 2015. Di tahun 2018 Red Velvet menunjukkan eksistensinya kembali dengan membawa pulang gelar prestisius Best Female Group di ajang Mnet Asian Music Awards 2018.

4. GFriend

GFRIEND

GFriend masih setia dengan konsep cewek cute yang membuat mereka meraih banyak sorotan. Begitu pun Yerin dkk lebih mengandalkan deretan lagu mereka yang jadi favorit banyak orang, sebut saja “Glass Bead,” “Me Gustas Tu,” “Rough,” “Navillera,” dan “Fingertip.” GFriend mampu menyingkirkan banyak pesaing yang mengusung konsep sejenis karena tiap-tiap member punya kekuatan vokal yang baik dan merata. Hal ini jarang dimiliki oleh grup-grup lainnya.

Selain empat girlband di atas, sebenarnya masih ada girlband-girlband lainnya. Namun keempat itu adalah yang paling laris, populer, dan sulit disaingi.

Baca Juga :  Ingin Bekerja Di Malaysia? Sebaiknya 7 Hal Ini Anda Ketahui Dulu

Nah sekarang giliran kita baca kabar baiknya nih. Dari empat girlband generasi baru di atas, ada satu nih yang akan mampir ke Indonesia. Mereka adalah BLACKPINK! Yay! Girlband andalan YG Entertainment ini akan manggung di Indonesia dalam rangka meramaikan event keren Shopee Road to 12.12 Birthday Sale yang digelar oleh Shopee.

Dalam konser mereka tahun ini, BLACKPINK sebagai salah satu girlband generasi baru paling terkemuka akan menyanyikan single-single catchy mereka, so kalian wajib tonton deh karena event seperti ini sangat langka. Kapan dan di mana? BLACKPINK akan perform di SICC, Sentul, pada hari Senin tanggal 19 November 2018 pukul 19:00 WIB.

Kalau sudah gini, kalian nggak bakal punya alasan kan untuk melewatkan aksi atraktif Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose? Kapan lagi bisa melihat perform mereka dari dekat dan live. Apalagi nih Jennie kan baru saja bersolo karir nih, jadi siapa tau doi juga bakal bawain lagu barunya. SO datang yuk!

Loading...
error: