Udah Coba? Inilah 7 Jenis Mangga Terenak di Indonesia!

ekor9.com. Kita beruntung, bentang alam di Indonesia menciptakan keanekaragaman hayati yang menghasilkan buah-buahan lezat dan bermanfaat bagi manusia. Salah satu yang paling populer dan digandrungi, yaitu mangga. Kita menjumpainya dalam bentuk olahan minuman, masakan, bahkan campuran sambal!

Mangga menjadi buah yang menarik, karena mudah dibudidayakan dan dikreasikan melalui persilangan. Jika kita menaruh perhatian pada evolusi biosfer, mangga dapat menjadi refleksi yang paling jelas.

Dari generasi ke generasi, ada saja kemunculan mangga varietas baru yang diperkenalkan kepada publik. Mangga-mangga ini bukan sekadar “model baru”, melainkan juga lezat dikonsumsi dan memiliki wujud yang menakjubkan.

Sebagai negara tropis yang kaya akan hasil alam, beberapa jenis mangga di Indonesia pun tenar atas kelezatan dan keunikannya. Maka, jika kamu yang mengaku pecinta mangga, wajib coba semuanya, nih!

Berikut ini 7 mangga paling enak yang menjadi favorit banyak orang:

1. Mangga manalagi

mangga unggulan indonesia, mangga di indonesia, mangga termahal di indonesia, mangga endemik indonesia, buah mangga in indonesia, jenis2 mangga indonesia, mangga kering indonesia, mangga khas indonesia

Dengan perpaduan rasa mangga arumanis dan mangga golek, mangga manalagi mempunyai ledakan rasa manis yang luar biasa. Meski ukurannya relatif tidak terlalu besar, daging mangga manalagi cukup tebal, padat, dan berserat. Dengan kelezatan yang terkandung di dalamnya, wajar jika mangga manalagi dihargai sekitar 15 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga :  Kumbang Penggerek Batang

2. Mangga arumanis

jenis mangga lokal indonesia, mangga harum manis indonesia, jenis mangga unggulan indonesia, varietas mangga indonesia, apa bahasa indonesianya mangga, berapa jenis mangga di indonesia, jenis mangga unggulan indonesia

Buah ikonis wilayah Probolinggo ini berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Tekstur daging buahnya yang lembut, begitu lezat dinikmati apa adanya. Sebutan arum manis atau harum manis diberikan karena mangga ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis. Biasanya, mangga ini dibanderol dengan harga 14 ribu rupiah per kilogram.

3. Mangga madu

macam jenis mangga di indonesia, jenis mangga terbaik di indonesia, jenis mangga terenak di indonesia, jenis mangga paling mahal di indonesia, jenis mangga di indonesia dan asalnya, jenis jenis buah mangga indonesia

Berbentuk mirip dengan mangga gadung, namun kulit buahnya berwarna kuning cerah ketika matang. Rasa mangga ini sangat manis hingga disetarakan dengan madu. Meski ukurannya tidak begitu besar, rasanya yang lezat membuat mangga madu tetap digandrungi di kancah penjualan mangga.

4. Mangga golek

jenis pohon mangga di indonesia, jenis mangga di indonesia, jenis mangga unggulan di indonesia, jenis jenis mangga indonesia, jenis mangga lokal indonesia, jenis mangga paling manis di indonesia nama jenis mangga di indonesia

Mudah sekali untuk mengidentifikasi mangga golek karena bentuknya yang lonjong dan memanjang. Rasa yang manis dan tekstur buah tanpa serat menjadikannya begitu lezat. Tergolong varietas unggul, mangga golek yang paling populer berasal dari Pasuruan, Probolinggo, dan Indramayu.

5. Mangga alpukat

Keunikan mangga alpukat sempat menghebohkan jagat permanggaan. Dengan tampilan dan cara makan yang mirip alpukat, mangga asal Pasuruan ini menjadi primadona di Indonesia. Tanpa perlu mengupas, kamu dapat memotongnya setengah, untuk kemudian menyendoki isinya. Dan dari segi rasa tidak perlu diragukan lagi, perpaduan mangga madu dan gadung ini memiliki cita rasa manis yang begitu nikmat. Wajar saja, harganya bisa mencapai 35 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga :  Gambar Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)

6. Mangga gedong gincu

jenis mangga yang ada di indonesia

Rasa manis mangga gedong gincu mudah memikat lidah siapa saja. Mangga berwarna kuning kemerahan ini berasal dari Cirebon dan Indramayu, dengan bentuk yang cenderung lonjong dan kecil. Namun, meski rasanya lebih manis, mangga gedong gincu asal Indramayu kurang diminati karena ukurannya yang lebih kecil.

7. Mangga apel

jenis mangga unggulan indonesia asli terbaik di terenak terbesar thailand besar macam paling mahal dan asalnya buah lokal manis nama pohon yang ada

Sesuai namanya, mangga apel berwujud menyerupai apel dengan bentuk cenderung bulat, serta berwarna hijau kemerahan atau merah kehijauan. Mangga apel yang dominan warna hijau memiliki rasa lebih asam dan cocok digunakan sebagai komposisi rujak. Sementara itu, mangga apel yang dominan merah menguarkan aroma yang lebih harum, dengan tekstur daging buah yang lembut. Sudah coba semua? Nomor berapa favorit kamu?

Loading...
error: