Teliti Sebelum Membeli, Inilah 8 Cara Jitu Memilih Semangka yang Manis!

Memilih Semangka Manis dan Merah

ngasih.com. Hal krusial yang wajib terpenuhi pada sebuah semangka ideal adalah segar dan manis. Kehilangan satu kriteria saja, tentu akan mengikis kepuasan saat menikmatinya. Semangka yang tidak segar atau tidak manis, jadi terasa kurang sempurna.

Lantas, menjadi persoalan ketika kita harus membeli semangka utuh di pasar tradisional atau pasar swalayan. Pasalnya, memilih semangka yang sesuai ekspektasi memang cenderung tricky.

Karena, semangka memiliki beberapa varian yang berbeda warna, bentuk, dan ukuran. Sehingga, membuat kita harus berpikir ekstra, jenis semangka seperti apa yang sesuai keinginan kita.

Maka, sebelum membeli semangka, ketahui dulu ciri-ciri semangka yang manis dan enak disantap. Berikut ini 8 cara jitu memilih semangka yang manis:

1. Mengamati bentuk semangka

memilih semangka manis, memilih semangka manis dan merah, cara memilih semangka tanpa biji, memilih buah semangka, memilih buah semangka yang manis, memilih buah semangka yang bagus, cara memilih semangka kuning yang manis, cara memilih semangka yang manis dan segar, cara memilih semangka tua

Ada varian bernama semangka inul, atau semangka pepaya hibrida yang bentuknya cenderung lonjong. Semangka jenis ini mengandung kadar air yang lebih banyak daripada semangka bulat. Sehingga, meski semangka inul rasanya lebih segar, namun semangka bulat terasa lebih manis.

Baca Juga :  8 Makanan yang dapat Dimakan Tanpa Harus Dimasak

2. Memilih semangka bergaris hijau tua

Semakin pekat dan tajam warna pola pada semangka, semakin manis pula rasanya. Karena, pola kulit semangka yang berwarna hijau tua menjadi indikasi bahwa daging semangka berwarna merah cerah, matang, manis, dan segar.

3. Mengabaikan ukuran

Rasa semangka tidak berhubungan dengan ukurannya. Ukuran besar maupun kecil, bukan jaminan rasa manis. Jadi, paling aman, kamu pilih saja ukuran sedang, ya.

4. Menepuk buah semangka

Tepuk semangka dan dengarkan bunyinya. Jika tidak begitu nyaring,  maka semangka telah matang dengan kadar air cukup tinggi. Namun, jika terasa bagian dalamnya bergetar dan nyaring, artinya semangka masih terlalu muda. Sementara itu, apabila terdengar suara “puk-puk” yang keras, bisa jadi semangka sudah terlalu matang, dan rasa manisnya telah berkurang.

5. Mencari bercak kuning

ciri2 semangka manis, memilih semangka manis, tanda semangka manis, semangka manis ciri, cara mengetahui semangka manis atau tidak, cara membedakan semangka manis atau tidak, ciri semangka manis dan merah, membedakan semangka manis dan tidak, cara memilih semangka manis dan merah, semangka merah manis, ciri semangka merah manis, cara memilih semangka merah manis, semangka yang paling manis, cara memilih semangka yang manis dan segar, cara membeli semangka yang manis, cara mengetahui semangka yg manis

Warna hijau tua pekat, dengan guratan yang mulus, bukan jaminan kematangan atau rasa manis pada semangka. Karena ternyata, semangka yang memiliki spot berwarna kuning (bukan oranye atau putih) justru menunjukkan bahwa semangka tersebut telah matang di atas tanah.

Baca Juga :  DAFTAR HARGA BUAH-BUAHAN

6. Menghindari semangka berbercak putih

Spot putih pada kulit semangka, menunjukkan bahwa buah semangka tersebut tidak memperoleh sinar matahari yang cukup selama di pohon. Kondisi tersebut, membuat semangka belum terlalu matang, sehingga rasanya tidak begitu manis, meski kadar airnya cukup tinggi.

7. Mengamati tangkai semangka

Tangkai semangka yang kering menunjukkan semangka sudah matang. Dan sebaliknya, apabila tangkai semangka masih berwarna hijau segar, bisa jadi semangka belum matang dan terlalu cepat dipanen. Selain itu, tangkai semangka yang mudah dicabut, juga mengindikasikan kematangan semangka.

8. Mengamati bercak coklat

memilih semangka manis dan merah bagus kuning yang benar inul cara tanpa biji yg buah bibit benih segar tua melon matang dalamnya enak lonjong sudah tips berair baik tip untuk

Kulit yang mulus, tidak mencerminkan rasa manis semangka. Perlu diketahui, bercak coklat kering pada kulit semangka berasal dari penyerbukan lebah. Semakin banyak proses penyerbukan, semangka akan semakin manis. Jadi, tanda jaring coklat justru menunjukkan bahwa semangka tersebut terasa manis. Bagaimana, sudah siap membeli semangka?

Loading...
error: