24 Gitaris Dunia Paling Keren, Populer dan Terbaik Sepanjang Masa - ngasih.com

24 Gitaris Dunia Paling Keren, Populer dan Terbaik Sepanjang Masa

24 Gitaris Dunia Paling Keren, Terkenal Berpengaruh dan Terbaik Sepanjang Masa

Siapa gitaris idolamu?

Menentukan gitaris terbaik memang bukan suatu yang mudah. Banyak kriteria yang mesti dipertimbangkan. Termasuk dengan menepikan kesan subjektif karena sang gitaris menjadi favorit. Namun hal yang patut kita lihat juga yaitu pengaruh mereka di dunia musik. Berbagai penghargaan prestisius juga bisa menjadi bukti kecil atas apresiasi yang sudah mereka raih. Bagaimana pun sebuah award tak akan jatuh pada orang yang sembarangan. Di baliknya terdapat tanggung-jawab yang sangat besar. Nah, diantara semua gitaris yang ada, siapakah yang dinobatkan paling baik dan berpengaruh? Jom!

24. The Edge

gitaris terbaik dunia saat ini, gitaris terbaik dunia mp3, gitaris terbaik dunia 2014, gitaris terbaik dunia versi guitar world, gitaris terbaik dunia versi Rolling Stone

The Edge memiliki nama asli Dave Evans. Dia termasuk seorang gitaris yang sebenarnya tidak bermain banyak, namun pencapaian yang ia terima begitu besar. Apalagi ketika ia dan teman-temannya di U2 bermain di awal-awal album mereka. Khususnya dari “Boy” di tahun 1980 sampai dengan “The Joshua Tree” di tahun 1987. Produksi suara gitarnya begitu menyatu dengan Bono. Dan di era U2 tahun 91-an, gitaris yang satu ini melapisi riff-nya dengan distorsi yang cukup ekstrem, serta memberikan sentuhan elektronik juga.

23. Warren Haynes

gitaris paling terkenal, gitaris paling berpengaruh di dunia, gitaris paling aneh, gitaris paling cepat di dunia

Pria asal Amerika ini memang begitu bertalenta. Ia tidak hanya lihai memainkan gitar, namun juga mumpuni ketika bernyanyi atau menciptakan lagu. Warren Haynes ini bermain cukup lama dengan Allman Brothers Band, serta menjadi tokoh penting bagi Gov’t Mule. Gaya dan konsistensinya di genre blues dan rock begitu mengesankan.

22. Mike Bloomfield

gitaris paling hebat di dunia, gitaris paling hebat dunia 2015-2016-2017-2020 terbaik sepanjang masa

via : youtube.com

Mike Bloomfield lahir di Chicago dan tumbuh besar di klub blues lokal. Dari sana ia juga mulai terlibat beberapa proyek. Skillnya terus tergali dan kariernya menanjak. Ia bermain untuk “Highway 61 Revisited”-nya Bob Dylan, dengan Paul Butterfly Blues Band serta Al Kooper. Sayang sekali ia terjebak dalam perangkap penyalahgunaan obat. Di tahun 1981, Bloomfield meninggal akibat overdosis.

21. George Harrison

gitaris paling terkenal di dunia, gitaris paling terkenal, gitaris paling populer di dunia, gitaris paling populer

Dibanding dengan John Lennon dan Paul McCartney, George Harrison memang tidak terlalu mendominasi. Namun ia tentu memberi pengaruh tersendiri bagi band sebesar The Beatles. Ketika bermain solo maupun bersama band, dia sangat menjungjung tinggi kejernihan dan kesederhanaan. Dari track “I Saw Her Standing There” sampai ke proyek “Abbey Road”, ia terus menunjukkan skillnya. Ia turut memberi ‘wajah musik’ bagi The Beatles, tentu tanpa melepas ciri khasnya yang simple. Dan sebelum ia wafat akibat kanker, George Warrison sempat merilis album perpisahannya yang bertajuk “Brainwashed”.

20. James Burton

gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa, gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris terbesar sepanjang masa

Salah-satu gitaris yang pasti sangat dibanggakan Louisiana. Dia sudah bermain dengan banyak musisi papan atas dunia. Sebut saja Elvis Presley, Dale Hawkins, Ricky Nelson, Steve Young, Judy Collins, Joe Osborn, Emmylou Harris, Roy Orbison, dsb. Ia tentu tidak akan masuk sebagai member dari “Rock and Roll Hall of Fame” tanpa alasan. Dedikasinya di dunia music memang patut diapresiasi. Gayanya begitu khas; paduan rock dan country dibawakan teknik flatpicking dan fingerpicking yang mengesankan.

19. Richard Thompson

gitaris terbaik dunia 2015, gitaris terbaik dunia saat ini, gitaris terbaik dunia mp3, gitaris terbaik dunia 2014-2020

Di kancah folk-rock Inggris, bisa dikatakan Richard Thompson inilah yang terkeren. Apalagi gitaris yang satu ini memang memokuskan dirinya di genre tersebut. Ketika ia ikut membesarkan band folk asal Inggris di tahun 1967, Fairport Convention, usianya masih 18 tahun. Di tahun 1971, dia memutuskan untuk melepaskan diri tapi tetap berkecimpung di dunia music, termasuk menciptakan lagu dan bermain tentu saja memainkan gitar. Di tahun 2006, BBC Radio menganugerahinya penghargaan sepanjang masa. Beberapa musisi besar yang sangat terpengaruh dengan komposisi gitaris yang satu ini yaitu The Corrs, R.E.M, Shawn Colvin, Christy Moore, dsb. Keren!

Baca Juga :  10 Es Krim Pencuci Mulut Termahal Di Dunia

18. John Frusciante

gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Di tahun 1989, John Frusciante hanyalah seorang remaja berusia 18 tahun yang hobi bermain gitar di kamar. Dia tidak terikat dengan grup manapun. Namun suatu hari, ada audisi dari band favoritnya, Red Hot Chili Peppers. Hillel Slovak meninggal akibat overdosis obat-obatan di tahun 1988. Tanpa berpikir panjang, dia mengikuti pemilihan tersebut dan berhasil lolos menggantikan sang gitaris. Gayanya banyak dipengaruhi oleh Jimi Hendrix dan Eddie Van Halen. Dia sempat vakum, namun akhirnya kembali dengan status bebas obat. Dan di bulan Oktober tahun 2003 kemarin, Majalah Rolling Stone menuliskan namanya di ranking ke-18 dalam kategori “100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa”.

17. Jack White

gitaris terbaik dunia 2015, gitaris terbaik dunia saat ini, gitaris terbaik dunia mp3, gitaris terbaik dunia 2014, gitaris terbaik dunia versi guitar world

John Anthony Gillis sudah akrab dipanggil sebagai “Jack White”. Dia terkenal sebagai gitaris dengan trik-triknya dalam distorsi, melakukan umpan balik atau memberi sentuhan blues. Bisa kita dengar dalam aksi cover guitar-nya pada lagu-lagu klasik seperti “Jolene”-nya Dolly Parton dan “Isis”-nya Bob Dylan. Namanya tercatat di nomor 70 dalam list “100 Gitaris Paling Keren di Dunia” ala Majalah Rolling Stone. Sementara editor majalahnya, David Fricke, menempatkannya di posisi ke-17 di tahun 2011 kemarin.

16. Johnny Ramone

gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Johnny Ramone memang telah meninggal pada September 15, 2004. Dia bersama band sudah merasakan kesuksesan dan popularitas yang menanjak, khususnya dari akhir tahun 70-an. Sampai kemudian di tahun 1996, band memutuskan untuk berhenti. Vokalisnya, Joey Ramone, pernah menyatakan kalau band bisa memproduksi lagu tanpa vokalis. Dia akan senang-senang saja walau hanya mendengar alunan gitar Johnny Ramone. Instrumen dan harmoni yang ia mainkan laksana organ dan piano. Indah. Kerennya lagi, dia tak menggunakan efek apapun.

 15. Carlos Santana

gitaris paling hebat, gitaris paling terkenal, gitaris paling berpengaruh di dunia, gitaris paling aneh, gitaris paling cepat di dunia

Produksi suaranya di industry music popular memang sangat mudah dikenal. Dia sudah memiliki karakter tersendiri untuk mengadukkan ritme latin, jazz serta rock. Di tahun 1968, dia membentuk band pertamanya. Pengaruhnya sudah begitu kentara. Termasuk pada Bloomfield, Peter Green, Miles Davis, dan John Coltraine. Di awal kariernya, ia hanya tampil di Woodstock. Namun di tahun 2000, dia sudah tampil dalam Ajang Grammy. Di sana ia bahkan memboyong 8 penghargaan dari “Supernatural”.

14. Jeff Beck

gitaris paling terkenal di dunia, gitaris paling terkenal, gitaris paling populer di dunia, gitaris paling populer

Dia menjadi gitaris kedua dari 3 gitaris yang sudah bermain dengan The Yardbirds. Dia, Eric Clapton dan Jimmy Page. Dia yang menuntun grup musiknya ke ranah R&B. Bisa kita lihat dalam track “Shapes of Things” atau “Over Under Sideways Down”. Kecepatannya, serta cara yang manipulatif. Namun ia juga bisa mengolah genre lain seperti blues-rock, hard-rock, jazz-fusion atay gitar rock dengan elektronika. Dalam daftar “100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa versi Majalah Rolling Stone, namanya mengisi posisi ke-50. Jika ditotal, perolehan Grammy-nya sudah 7 penghargaan. Di tahun 2014 kemarin juga dia menerima Ivor Novello Award dari British Academy. Semua itu sebagai apresiasi dari kontribusinya di bidang music Inggris.

13. Jerry Garcia

gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Gitaris ini sudah aktif bermain ketika usianya masih 15 tahun. Genre yang ia bawakan lebih ke folk, rock dan blue-grass. Dia menjadi gitaris, penyanyi sekaligus penulis lagu bersama band The Grateful Dead. Sebenarnya dia sudah kehilangan jari ketiga pada tangan kanannya, akibat dulu kecelakaan ketika berusaha memotong kayu bersama saudaranya. Namun luka di masa kecil itu tak membuat kemampuan bergitarnya menurun. Ia justeru seperti memiliki kekhasan sendiri. Dan pada tahun 1995 silam, Jerry Garcia meninggal akibat serangan jantung.

12. Tom Morello

gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Di era kejayaannya Band Metal “Rage Againts the Machine”, Tom Morello sempat menyaksikan Yngwie Malmsteen bagaimana sang gitaris bermain dengan cepat. Ia berpikiran bahwa kecepatan bermain seperti itu bukanlah sesuatu yang ia inginkan. Berawal dari sana, ia mulai mengotak-atik kunci gitar, sampai kemudian menemukan efek layaknya seorang DJ yang tengah menggesek piringan hitamnya. Morello begitu berkarakter dengan perpaduan funk, metal dan hiphopnya. Suara yang dihasilkannya juga sangat keren.

Baca Juga :  10 Selebritis Dunia dengan Bayaran Terlalu Tinggi dibanding Keuntungan Filmnya

11. Kirk Hammett

gitaris paling terkenal di dunia, gitaris paling terkenal, gitaris paling populer di dunia, gitaris paling populer

via : miusyk.com

Gitaris yang sempat join dengan Exodus, lalu pindah ke Metallica. Bakat bermain gitarnya memang sudah terlihat sejak ia masih sangat muda. Acara nongkrong bersama kawan-kawannya kerap dijadikan ajang unjuk gigi. Di usia 15 tahun, dia dikabarkan pernah dibayar sebanyak $10 serta mampu meng-cover gitar dari lagunya “Dressed to Kill” milik Kiss. Kini pasca bergabung Metallica, ia dikenal sebagai sosok yang cukup emosional dalam bermusik. “Fade to Black” memperlihatkan bagaimana gaya akustiknya, lalu “Master of Puppets” menggambarkan bagaimana beringasnya dia serta dalam “One” terlihat juga bagaimana permainan gitar Hammet bisa terkesan ‘nelangsa’ juga.

10. Keith Richards

gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Durasi gabungnya gitaris ini dengan Rolling Stones bukan 10-20 tahun, melainkan sampai 41 tahun. Dia sudah banyak menciptakan lagu dan style tersendiri untuk band. Bisa kita dengar dalam track mereka seperti “(I Can’t Get No) Satisfaction”, “Start Me Up”, “Jumpin’ Jack Flash”, dsb. Dia tidak begitu fantastis, melainkan simple, dan kesederhanaan itu sendiri yang membuatnya disegani orang. Di tahun 2011, majalah Rolling Stone menuliskan namanya di nomor 4 dalam list “100 gitari paling keren sepanjang masa”.

9. Jimmy Page

gitaris paling hebat, gitaris paling terkenal, gitaris paling berpengaruh di dunia, gitaris paling cepat di dunia

Salah-satu sosok penting dibalik terciptanya band sebesar Led Zeppelin. Sebelumnya ia juga sempat menjadi gitaris andalan untuk Yardbirds. Sampai kemudian dia, Robert Plant, John Bonham dan John Paul Jones mendirikan Led Zeppelin. Band ini menjadi grup music rock terkeren dan terpopuler di masanya, di tahun 70-an. Bahkan tentunya sampai sekarang. Termasuk dengan permainan gitar Jimmy Page sendiri. Tak banyak yang berubah. Dia tetap menjadi gitaris paling mengagumkan dan berpengaruh di dunia. Di tahun 2010 saja, Majalah Rolling Stone mencatatnya di nomor 3 untuk daftar 100 Gitaris Terkeren Sepanjang Masa”

8. Ry Cooder

gitaris terbaik dunia versi guitar world, gitaris terbaik dunia versi Rolling Stone

Musisi, penulis lagu, produser rekaman dan gitaris yang cukup terkenal. Dia bahkan mampu mengendalikan banyak genre. Misalnya seperti country, music folk Bahamian, vintage jazz, dsb. Ia juga sudah berkolaborasi dengan banyak musisi. Baik itu dengan The Rolling Stones, Eric Clapton, the Chieftains, dsb. Tak heran kalau di tahun 2003, ia menjadi ranking ke-8 untuk list “100 Gitaris Paling Keren Sepanjang Masa” versi Majalah Rolling Stone.

7. Stevie Ray Vaughan

gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris terbesar sepanjang masa, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

via : pinterest.com

Sosok ini sudah menyita perhatian semenjak kemunculan album debutnya, Texas Flood, di tahun 1983. Sebelumnya di tahun 1982, nama Stevie Ray Vaughan ini masih tenar di kalangan klub-klub yang ada di pusat Kota Texas. Gaya bermainnya seperti racikan dari Jimi Hendrix dengan Lonnie Mack. Sampai kemudian David Bowie melihatnya di festival Jazz yang ada di Montreux, lalu mengundangnya untuk bermain di Bowis’s Let’s Dance. Di akhir tahun 80-an, ia sudah bermain bersama Band Double Trouble. Nahas sekali, pada 27 Agustus 1990, ia yang masih berusia 35 tahun menjadi korban meninggal dalam kecelakaan helicopter.

6. Chuck Berry

gitaris terbaik dunia mp3, gitaris terbaik dunia 2014-2020, gitaris terbaik dunia versi guitar world, gitaris terbaik dunia versi Rolling Stone

via : pinterest.com

Dia lahir di San Jose, California pada tahun 1926. Hobi bermain gitar sudah ia tunjukkan dan kembangkan ketika usianya masih remaja. Bisa dibilang, tanpa Chuck Berry, rasanya mungkin tak akan ada gitar rock & roll. Gaya dan tekniknya yang khas sudah ia perkenalkan di tahun 1955, dalam debut Chess Records berjudul “Maybellene”. Begitupun dengan efek dinamiknya yang membuat lagu-lagunya meledak. Sebut saja dalam “Roll Over Beethoven”, “Rock and Roll Music” dan “Johnny B. Goode”.

Baca Juga :  15 Foto Editan Artis dan Selebritis Dunia Lucu Gokil Terbaru

5. Robert Johnson

gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

Robert Johnson menjadi salah-satu musisi yang paling orisinal dan berpengaruh, khususnya di ranah music Amerika. Namanya sering disandingkan dengan figur besar lain seperti Eric Clapton, Jack White dan Keiht Richards. Karya-karyanya di tahun 1936-1937 menjadi fondasi utama akan kehadiran blues & rock modern. Dia menulis lagu, atau mengadaptasi beberapa karya tradisional dalam bentuk yang lebih kekinian. Bisa kita dengan beberapa diantaranya yaitu yang berjudul “Sweet Home Chicago”, “”Cross Road Blues”, “I Believe I’ll Dust My Broom”, dsb. Malang nasibnya, sebab mesti meninggal di usia 27 tahun di tangan seseorang yang meracuninya.

4. Eric Clapton

gitaris paling hebat sedunia, gitaris paling hebat di dunia, gitaris paling hebat dunia 2015-2016-2017-2020 terbaik sepanjang masa

Gitaris, penyanyi dan penulis lagu yang wajib masuk dalam daftar ini. Dia termasuk salah-satu personil yang membesarkan Bluesbreakers, Yardbirds dan Cream. Dia sudah bermain sejak usianya masih 15 tahun. Di tahun 1963-65, ketika ia masih bersama Yardbirds, Clapton memiliki julukan sebagai “Slowhand”. Sebutan itu kemudian dijadikan judul album yang rilis pada 25 November 1977. Dia sudah masuk dalam  “Rock and Roll Hall of Fame” sebanyak 3 kali. Ketika statusnya menjadi personil Yardbirds. Di tahun 2006, Eric Clapton menerima penghargaan sepanjang masa dari Grammy dengan statusnya sebagai member dari Cream. Sementara itu di tahun 2011, namanya ada di posisi 2 dalam list “100 Gitaris Paling Keren Sepanjang Masa” versi Majalah Rolling Stone.

3. B.B King

gitaris paling hebat, gitaris paling terkenal, gitaris paling berpengaruh di dunia, gitaris paling cepat di dunia

Dia sering disebut sebagai ‘dutanya blues’. Sosok yang begitu disenangi dan dihormati di kancah music Amerika, bahkan mungkin dunia. Ketika muncul di tahun 1951-an, gaya bergitarnya begitu orisinal, memadukan country-blues dengan elektrik dan sentuhan jazz. Bisa kita dengar dalam “Three O’ Clock Blues”. Teknik pembengkokan string dan vibrato menjadi karakter yang membuat ia semakin popular. Perjalanan kariernya yang cukup panjang memang sudah membuat passion-nya di dunia music begitu matang. Dia terus bermain gitar, termasuk ketika berkolaborasi dengan Eric Clapton dalam “Riding With the King”.

2. Duane Allman

gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa

via : pinterest.com

Namanya menjadi kontributor penting untuk musisi dan karya-karya mereka yang melegenda. Baik itu “Hey Jude” maupun track dalam karya Eric Clapton yang bertajuk “Derek and Dominos”, “Other Assorted Love Songs” serta “Layla”. Ia juga mendirikan band sendiri bersama adiknya, yang kita kenal sebagai Allman Brothers Band. Perjalanan kariernya semakin menanjak. Nahas baginya, sebab pada bulan Oktober 1971, ia meninggal akibat kecelakaan motor. Meski demikian, karya dan dedikasinya tak akan lekang ditelan zaman. Pada tahun 2003, majalah Rolling Stone menempatkan namanya di posisi 2 dalam daftar 100 Gitaris Luar Biasa Sepanjang Masa.

1. Jimi Hendrix

gitaris terbaik sepanjang sejarah, gitaris sepanjang masa, gitaris terhebat sepanjang masa, gitaris tercepat sepanjang masa, gitaris keren di dunia

Johnny Allen Hendrix sering disebut James Marshall Hendrix atau sesederhana Jimi Hendrix saja. Musisi yang berasal Seattle, Washington ini, sudah mulai bermain gitar sejak usianya masih 15 tahun. Semakin hari, bakatnya semakin meluas, termasuk bernyanyi dan menulis lagu. Sebenarnya Jimi Hendrix memiliki karier utama yang singkat, sekitar 4 tahunan, namun ia amat mampu memanfaatkannya dengan baik. Di tangannya, gitar elektrik terdengar begitu indah tapi juga ‘berbahaya’ dan emosional. Dia menjadi gitaris elektrik terbaik dan sangat berpengaruh. Sudah terlalu banyak penghargaan yang tersemat padanya. “Rock and Roll Hall of Fame” saja menyebut Hendrix sebagai instrumentalist paling keren dalam sejarah music rock. Intinya, dia pantas dan berhak berada di posisi puncak.

Demikian informasi seputar gitaris atau pemain gitar paling keren, berkualitas dan berpengaruh sepanjang masa. Sebagian besar sudah tiada dan otomatis produksi karyanya terhenti. Namun jejak-jejak mereka masih menjadi peninggalan bermakna, yang membuat mereka tetap hidup di sanubari para penggemarnya. 24 Gitaris Terkenal Paling Keren Terbaik Sepanjang Masa #DBS #RD

Loading...