30 Rekomendasi Buku Bagus untuk Wanita Dewasa

Apa kamu hobi membaca? Buku jenis apa yang sering jadi santapan?

Sebagaimana kita tahu, karya tulis itu banyak jenisnya. Ada yang bersifat fiksi, ada juga yang non fiksi. Begitu pun dengan kategorinya. Kita pasti bisa membedakan tulisan yang berisi misteri, biografi, science-fiction, romansa, dsb.

Masing-masing orang memiliki selera tersendiri dalam membaca. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan pilihan tersebut. Salah-satunya dari segi usia pembaca. Anak-anak akan lebih senang dengan buku yang didominasi oleh gambar, sementara kata-katanya hanya sedikit. Kalau remaja tentu lebih memilih tulisan yang ringan, segar, berisi istilah-istilah anak muda atau yang membahas trend terkini. Sementara bacaan orang dewasa terkesan lebih matang dan dalam.

Berikut ini kami sajikan 30 judul buku terjemahan yang bisa menjadi rekomendasi bacaan bagi para perempuan dewasa. Buku-buku ini sendiri terdiri dari beberapa kategori. Sebagian mungkin sudah tak asing lagi. Yang jelas semuanya memiliki daya tarik tersendiri untuk menghibur atau menginspirasi. Jom!

1. The Glass Castle

buku yang bagus untuk wanita, buku bagus wajib baca, buku bagus wajib dibaca, buku bagus wajib baca 2013-2015-2020, buku bagus yang wajib baca
Buku karya Jeannette Walls ini termasuk memoir, yang sangat menyentuh dan apik. Sang penulis begitu piawai mengisahkan kisah hidupnya bersama keluarga. Tentang saudara-saudara kandungnya, tentang ibunya yang seorang pemimpi, ayahnya yang gemar alkohol, keluarganya yang nomaden dan memiliki gaya yang sedikit berbeda dengan keluarga lain, serta kepahitan hidup yang menghimpitnya. Dengan membacanya, kita akan tersentuh, terinspirasi seklaigus terketuk hatinya. Bahwa keluarga yang adalah anugerah. Kita tidak bisa merequest akan hidup dengan keluarga seperti apa. Namun apapun keadaannya, keluarga itu layak menerima cinta.

2. Wild From Lost to Found on the Pacific Crest

rekomendasi buku bagus, rekomendasi buku 2015-2016-2020, rekomendasi buku, rekomendasi buku bagus 2015

via : pinterest.com

Memoir karya Cheryl Strayed. Ceritanya sendiri tentara perjalanan hikingnya dari Padang Pasir Mojave ke Oregon sendirian. Agenda itu ia wujudkan pasca kematian ibunda tercintanya. Seperti yang kita duga, ceritanya memang inspiratif. Begitu selesai membacanya, kita akan langsung merasa memiliki keberanian yang tinggi. Kita juga akan lebih percaya diri ketika menghadapi berbagai tantangan atau rintangan. Tak heran kalau judul buku ini hendak diangkat ke layar lebar. Adalah Reese Witherspoon yang akan menjadi bintang utamanya.

3. Bossypants

buku yang bagus untuk wanita, buku bagus wajib baca, buku bagus wajib dibaca, buku bagus wajib baca 2013-2015-2020

Ada yang sudah familiar dengan karya ini? Ya, ini dia karya aktris Tina Fey. Dia terkenal lewat sebuah sitkom yang sangat lucu. Dia juga popular karena kepribadiannya yang unik, ceria, humoris dan sedikit nyeleneh juga. Lewat buku ini, dia menceritakan banyak hal. Termasuk hubungannya dengan sang ayah, proses kariernya sampai bisa jadi tenar, tips make up, sampai hal-hal lain yang lucu, memesona dan inspiratif.

4. Just Kids

rekomendasi buku bagus, rekomendasi buku 2015-2016-2020, rekomendasi buku, rekomendasi buku bagus 2015, rekomendasi buku parenting
Masih buku karya seorang selebriti. Kali ini Patti Smith, seorang penyanyi rock yang sempat melantunkan “Because the Night”. Karyanya membawa penggemar pada dunia underground dari kesenian ala New York, serta menggambarkan bagaimana keadaan musik di tahun 60-an atau di awal 70-an. Dia juga menceritakan bagaimana dulu ketika menjadi mahasiswi sastra, namun kemudian mesti drop out. Dia yang tingggal di Hotel Chelsea juga mengemukakan bagaimana sulitnya membayar sewa, sampai harus menjual buku-buku bekas. Semua proses hidup itu ia anggap sebagai pencarian jati diri serta memapahnya juga pada teman hidupnya.

5. The Immortal Life of Henrietta Lacks

rekomendasi buku bagus, rekomendasi buku parenting, rekomendasi buku 2015-2016-2020, rekomendasi buku, rekomendasi buku bagus 2015
Yang satu ini merupakan buku biografi Henrietta Lacks karyanya Rebecca Skloot. Isinya merupakan kombinasi antara sejarahnya sosok Henrietta Lacks, dengan sejarah dari HeLa Cells. Penulis memilih gaya narasi yang cukup menyayat dan intens. Kita seakan-akan tengah menyerap ilmu tentang bioethics, belajar tentang kegigihan dan kemampuan untuk menerima kehilangan.

6. Savage Beauty: The Life of Edna St. Vincent Millay

buku bagus wajib dibaca, buku bagus wajib baca 2013-2015-2016-2017-2020, buku bagus yang wajib baca
Buku biografi juga. Hal vital yang menjadi daya tarik dari buku biografi adalah sosok yang diangkat ke muka. Nancy Milford memilih seorang penyair perempuan, Edna St. Vincent Millay. Mengingat kembali ke tahun 1923, Millay menjadi perempuan pertama yang memenangkan Pulitzer Prize dari puisi. Tak hanya karyanya, kisah kehidupannya yang rumit juga memikat hati pembaca. Si tokoh utama merupakan gadis yang kehidupannya bagai roller-coaster.

7. Beloved

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015

via : pinterest.com

Beranjak pada kategori novel sastra. Judulnya “Beloved”, yang dikarang oleh Tony Morrison. Dia menceritakan bagaimana traumatisnya perbudakan yang terjadi di Amerika. Tak lupa dia juga menyisipkan puisi indah di tiap paragraf. Karya masterpiece ini bahkan memenangkan penghargaan Pulitzer di tahun 1988. Lalu di tahun 2006, novel ini dinobatkan sebagai yang terbaik di 25 tahun terakhir.

8. A Visit From the Goon Squad

rekomendasi buku bagus, rekomendasi buku parenting, rekomendasi buku 2015-2016-2020

Novel sastra ini ditulis oleh Jennifer Egan. Lagi-lagi berasal dari penulis brilian, dengan raihan penghargaan Pulitzer Award. Tak heran kalau karya yang terbit di tahun 2010 berstatus buku best seller. Intimasinya terasa, walau memang ceritanya seperti maju dan mundur. Gaya cerita yang tentu hanya bisa diatur dengan baik oleh seorang penulis cerdas. Belum lagi dengan acara safari ke Afrika, lalu ke jalanan Naples, Italia. Petualangan yang seakan-akan menarik pembaca ke dalam cerita.

9. Atonement

buku terbaik 2015, buku terbaik sepanjang masa, buku terbaik indonesia, buku terbaik di dunia, buku terbaik 2014-2015-2016-2020

Selanjutnya novel historis karya Ian McEwan. Setting waktunya memang terjadi ketika Perang Dunia II. Tepat di awal 1935-an, seorang bocah bernama Briony salah memahami suatu adegan dewasa kakaknya yang tak sengaja ia lihat. Sampai kemudian pasangan kakaknya itu mesti dihukum. Cerita pun berubah suram dan menyedihkan. Namun tragedi itu mendorong sosok Briony Tallis untuk meluruskannya. Kita juga disuguhi bagaimana sulitnya kehidupan di masa-masa peperangan. Jika merasa familiar dengan cerita ini, mungkin kamu sudah pernah melihat filmnya. Novel ini memang sudah diangkat ke layar lebar.

10. The Little Bride

buku terbaik di dunia, buku terbaik 2014-2015-2016-2020
Kita masih berada di kategori novel historis. Yang selanjutnya ini berjudul “The Little Bride” karya Anna Solomon. Setting waktu yang diambil yaitu di akhir tahun 1800. Pada waktu itu dikisahkan seorang gadis berusia 16 tahun bernama Minna Losk. Dia menjadi ‘pengantin pesanan’ yang mesti melakukan perjalanan dari Odessa ke Amerika. Berharap mendapat suami muda dan kaya, ia malah mesti bersedia mendampingi lelaki yang usianya dua kali lipat serta sudah memiliki dua anak. Ujian besar lain yang menimpanya yaitu anak tiri cikalnya, yang ternyata membuat dadanya berdegup kencang.

11. The Handmaid’s Tale

buku terbaik sepanjang masa, buku terbaik indonesia, buku terbaik di dunia, buku terbaik 2014-2015-2016-2020
Buku karya Margaret Atwood yang termasuk dalam science-fiction. Ceritanya tentang Offred, yang menjadi seorang handmaid atau perempuan yang bertugas memberi keturunan. Ceritanya sedikit tragis, di mana Offred yang awalnya menghirup segarnya kebebasan justeru dipisahkan secara paksa dari suami dan anak perempuannya. Nasib serupa menimpa perempuan produktif lain. Negara yang diatur oleh Republik Gilead memang gila. Rejim dan ideologinya terbilang keji. Perempuan yang masa sekarang dibela mati-matian untuk bebas, di dalam novel ini justeru dirampas semuanya. Namun ide cerita inilah yang menjadi daya tarik dari novel yang terbilang satir ini.

12. Never Let Me Go

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015
Novel hasil karya penulis berkebangsaan Inggris-Jepang, Kazuo Ishiguro. Karya yang masih masuk dalam kategori science-fiction ini cukup unik. Ceritanya tentang manusia-manusia kloningan yang terawat dan bersekolah, untuk kemudian mesti siap-siap menjadi ‘tambal hidup’ atau pendonor bagi manusia aslinya.

Kisahnya berkembang di sebuah sekolah khusus anak-anak kloningan, di mana dua sahabat mesti mencintai sosok yang sama. Karya penulis yang satu ini secara tidak langsung menuturkan tentang makna diri kita sebagai manusia, tentang bagaimana mencintai itu bersifat bisa bittersweet, atau bagaimana dicintai itu adalah sebuah anugerah serta tentang bagaimana memanfaatkan waktu hidup yang singkat bersama mereka yang kita sayang.

13. Henry and June: The Unexpurgated Diary of Anaïs Nin

buku romantis best seller, buku romantis cinta, buku romantis terbaik, buku romantis terlaris
Karya nonfiksi literotica ini persembahan dari Anaïs Nin. Buku yang terbit di tahun 1986 ini jadi bestseller. Judulnya diambil dari karakter buku bernama Henry Miller serta June, yang tak lain adalah isterinya. Ceritanya cukup rumit, sebab Nin terpikat dengan Miller dan mengarungi kisah di balik isterinya. Padahal Miler sendiri tak bisa lepas dari pasangan resminya. Ia terus menganalisis dirinya sendiri sebagai seorang perempuan, membuat buku ini terlihat begitu dalam.

14. Bad Behavior

buku best seller 2015, buku best seller dunia, buku best seller gramedia, buku best seller 2014, 2015 sampai 2020
Mary Gaitskill menuliskan cerita literotica-nya dengan sangat terbuka. Dengan kata lain, tak ada istilah sensor atau upaya untuk menyamarkan apa yang hendak disampaikan. Kita jadi begitu jelas membaca cerita perihal pornografi dan prostitusi. Ungkapan tentang sisi gelap dari hawa nafsu terdeskripsikan tanpa penghalang, tanpa rasa malu dan penuh keyakinan. Dari sekian banyak kumcer atau kumpulan cerita pendeknya di tahun 1988 ini, penulis perempuan ini sering mengangkat tokoh yang begitu kesepian.

15. Gone Girl

buku romantis best seller, buku romantis cinta, buku romantis terbaik, buku romantis terlaris

via : pinterest.com

Pilihan dari kategori misteri-kriminal jatuh pada karya milik Gillian Flynn, Gone Girl. Ceritanya sendiri tentang Amy, seorang perempuan yang menjadi isteri Nick. DIa tiba-tiba hilang. Raibnya Amy menjadi misteri tersendiri. Di novel ini, kita ditunjukkan betapa kompleksnya menjadi sosok protagonis dalam suatu novel. Kita juga terprovokasi untuk kembali merenungkan tentang intimasi, identitas serta bagaimana itu pernikahan.

16. The Secret History

buku cerita dewasa, buku best seller 2015, buku best seller dunia, buku best seller gramedia, buku best seller 2014-2020
Buku jenis misteri selanjutnya yaitu karya Donna Tartt. Kemisteriusannya terbilang tidak biasa, tidak sekadar sesuatu yang banyak dipertanyakan, lalu dipecahkan oleh seorang detektif di bagian prolognya. Novel ini menggambarkan tentang bagaimana aksi sekelompok pembunuh para mahasiswa. Setting waktunya di tahun 1980. Jelas sekali penulis mendeskripsikan gambaran aksi kriminan yang terjadi. Tak hanya itu, novel ini juga memberi pelajaran lain. Tentang nasib, hubungan sesama manusia serta bagaimana rahasia berbahaya bisa itu bisa menjadi sumber kerusakan yang cukup parah.

17. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

buku best seller dunia, buku best seller gramedia, buku best seller 2014-2020
Dari judulnya, kita sudah bisa menerka karya ini tertuju pada siapa. Ya, J.K. Rowling. Buku remaja-dewasa ini begitu terkenal. Meski bersifat fantasi, namun kita seperti sudah biasa dengan keanehan dan berbagai istilah asing yang bahkan sudah dihapal di luar kepala. Memang, karya penulis yang satu ini sudah bisa dinikmati di layar kaca, namun tak ada salahnya untuk menikmati versi buku.

18. Weetzie Bat

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015
Di tahun rilisnya, 1989, buku Francesca Lia Block ini divonis sebagai karya yang berani dan penuh terobosan. Ia menggunakan konsep cerita remaja seperti di dunia dongeng. Los Angeles disulap menjadi sebuah tempat yang bernama Shangri-LA. Buku remaja-dewasanya banyak memberitahukan fenomena serius seperti seks pra-nikah dan kasus aborsi. Topik yang waktu itu masih terbilang tabu. Namun di zaman sekarang, tema yang bisa menjadi pendidikan seks justeru bisa jadi pertimbangan.

19. Persepolis: The Story of a Childhood

buku terbaik 2015, buku terbaik sepanjang masa, buku terbaik indonesia, buku terbaik di dunia, buku terbaik 2014-2015-2016-2020
Buku grafis karya Marjane Satrapi. Cocok bagi kamu yang merasa monoton dengan buku yang hanya dipenuhi kata tanpa gambar atau sketsa. Memoir grafis berisi gambar hitam-putih yang mengisahkan bagaimana keadaan Iran di tahun 70-80-an. Penulis dengan gamblang menuturkan kebingungannya ketika mesti tumbuh di masa itu. Ia juga menggambarkan bagaimana rasanya menjadi satu-satunya anak yang lahir dari keluarga Marxist.

20. Fun Home: A Family Tragicomic

buku best seller 2015, buku best seller dunia, buku best seller gramedia, buku best seller 2014-2020, buku parenting in stories
Masih buku grafis, yang sekarang datang dari Alison Bechdel. Sang penulis yang cantik sekaligus tampan ini awalnya hanya seorang komikus indie. Namanya semakin bersinar pasca merilis karya yang mengundang decak kagum ini. Memoir yang ia tulis menggambarkan bagaimana ia tumbuh besar di Pennsylvania, lengkap dengan seorang ayah yang merupakan seorang gay serta berjauhan dengan dirinya. Semuanya mengalir dengan jujur dan berbumbu humor. Seputar bagaimana rumitnya hubungan mereka, yang juga memengaruhi kecenderungan seksualnya.

21. Hateship, Friendship, Courtship, Loveship, Marriage

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015

Beranjak ke kumpulan cerpen karya Alice Munro. Begitu membacanya, kita mungkin akan menduga kalau penulisnya sudah mengalami apa yang dialami karakter. Saking hidup, mulus dan apiknya cerita yang ia susun. Misalnya tentang seorang suami yang beristerikan perempuan penderita demensia, atau tentang perempuan pengidap kanker yang berhubungan dengan seorang pria dewasa. Tulisannya juga dikemas cukup ringan dan kerap unpredictable.

22. Birds of America

buku romantis best seller, buku romantis cinta, buku romantis terbaik
Kumcer karya Lorrie Moore yang sederhana, namun cerdas. Ada cerita tentang seorang perempuan yang tanpa sengaja menjatuhkan bayi temannya. Ada juga kisah perempuan yang menjalin cinta dengan seorang mekanik. Tak lupa juga kita cerita lainnya, seperti tentang sebuah keluarga yang mengungkap aliansi dan permusuhan yang dirasakan diantara pada anggota keluarga kandung yang tengah tumbuh-besar. Ada sentuhan humor yang menjadi bumbunya.

23. I Feel Bad About My Neck

buku inspirasi terbaik, buku inspirasi best seller
Kumpulan essay dari Noran Ephron. Selain sebagai penulis, perempuan ini juga dikenal sebagai seorang sutradara. Di dalam buku ini, ia memberi deskripsi tajam tentang proses penuaan serta kesombongan. Di satu waktu membuat kita tertawa, dan menit selanjutnya membuat kita merenung atau mungkin mengutip tulisannya. Cukup mencerahkan.

24. Consider the Lobster & Other Essays

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015
Seperti Noran Ephron, David Foster Wallace juga merilis kumpulan essay. Para penggemar sudah tahu bagaimana cerdas dan menghiburnya karya-karya dari David Foster Wallace ini. Dia menjawab apakah lobster bisa merasakan sakit, bagaimana rivalitas yang terjadi antara para penulis kamus, atau bagaimana jadinya jika bintang dewasa bertemu langsung dengan para fansnya.

25. Bird by Bird: Some Instructions on Writing and Life

buku inspirasi terbaik, buku inspirasi best seller
Buku yang berisi nasihat hidup karya Anne Lamott. Dari subjudul, kita bisa melihat kalau sang penulis tidak hanya memberi arahan tentang menulis saja. Lebih dari itu. Tentang bagaimana menjadi pribadi yang jujur, serta bagaimana menulis dengan jujur juga. Atau tentang bagaimana kita mesti hengkang dari liang serta menghadapi dunia luar.

26. How to Be a Woman

buku terbaik 2015, buku terbaik sepanjang masa, buku terbaik luar negeri di indonesia, buku terbaik di dunia, buku terbaik 2014-2015-2016-2020
Nasihat lainnya dari Caitlin Moran. Dari judulnya memang terkesan kaku. Kita langsung menebak bagaimana penulis akan menuturkan tentang bagaimana menjadi perempuan yang baik, ibu yang disayang, atau isteri yang dibanggakan. Seakan membosankan. Namun faktanya, penuturan Caitlin Moran ini begitu lucu dan terkesan rendah hati, dengan tak segan-segan mengeksplor kelemahan diri. Cukup menghibur.

27. Nickel and Dimed: On (Not) Getting By in America

buku best seller 2015, buku best seller dunia, buku best seller gramedia, buku best seller 2014-2020
Buku yang sarat dengan isu sosial dari Barbara Ehrenreich. Tentang bagaimana kehidupan penulis di tahun 1998. Selama setahun lamanya ia meninggalkan rumah dan hinggap di berbagai profesi dengan upah rendah. Ia menjadi pelayan, tukang bersih-bersih, pembantu di Panti Jompo sampai menjadi karyawan swalayan. Cerita tentang bagaimana ia dengan terpaksa membersihkan toilet orang atau hidup di tempat seadanya menjadi segelintir bukti tentang susahnya keluar dari lingkar kemiskinan. Tak seperti sesuatu yang mudah diimpikan orang kebanyakan.

28. Random Family: Love, Drugs, Trouble, and Coming of Age in the Bronx

buku bagus wajib baca, buku bagus wajib dibaca, buku bagus wajib baca 2013-2015-2020, buku bagus yang wajib baca
Masih terkait isu sosial yang ditulis dengan apik oleh Nicole LeBlanc. Cerita yang disampaikan cukup jarang terdengar atau terungkapkan. Tak heran kalau karyanya menjadi buku jurnalis investigasi terbaik juga. Kisahnya membaurkan bagaimana kehidupan pengedar narkoba, kehamilan di usia muda, kekerasan, kemiskinan, dsb.

29. Autobiography of Red

rekomendasi novel terjemahan, rekomendasi novel wattpad, rekomendasi novel metropop, rekomendasi novel romantis, rekomendasi novel 2015
Selanjutnya novel sajak indah dari Anne Carson. Karyanya tak hanya memanjakan penikmat sastra, yang tidak terlalu mencintai puisi pun bisa jatuh hati. Ia tak akan menjadi penyair yang memenangkan penghargaan tanpa alasan. Karya-karyanya memang berkualitas dan dalam. Khusus di buku ini ia mengekspos bagaimana mitos bangsa Yunani kuno serta kisah Geryon. Dia sosok remaja laki-laki yang kesepian, mencintai dunia potografi serta memendam rasa pada figur yang tampan dan keren bernama Herakles.

30. Wild Iris

buku romantis best seller, buku romantis cinta, buku romantis terbaik, buku romantis terlaris
Masih sajak juga, yang sekarang ditulis oleh pengarang berbakat bernama Louise Glück. Penulis perempuan yang merebut penghargaan bergengsi Pulitzer-Prize ini menulis tentang waktu, alam, konsep kematian, dsb. Atau tentang bagaimana sebenarnya bunga yang memiliki perasaan tanpa pikiran, tentang rasa yang tak pernah cukup atau pembangkangan kita terhadap Tuhan. Bahasa yang dituturkan begitu lain. Mungkin terkesan pahit. Namun memang itulah elemen yang membuat buah karya Louise Gluck jadi semakin menarik.

Selesai sudah ulasan terkait 30 buku barat atau terjemahan yang jadi rekomendasi bacaan. Kami memahami kalau kamu cukup bingung terkait judul mana yang mesti dibaca atau dinikmati lagi. Silakan mempertimbangkan dan bersiap untuk memungut ilham dibaliknya. 30 Buku Best Seller Terbaik yang Cocok untuk Wanita #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *