4 Gambaran Biaya Hidup di Jerman Secara Umum - ngasih.com

4 Gambaran Biaya Hidup di Jerman Secara Umum

Biaya Hidup di Jerman – Jerman menjadi salah satu negara yang kini banyak dikunjungi, baik untuk sekedar berwisata, keperluan pendidikan sampai keperluan kerja seperti program ausbildung Jerman.

Namun, sayangnya nilai rata-rata gaji pekerja di sana yang cukup tinggi (sekitar 2200 euro atau 35 juta rupiah) berbanding sejajar dengan biaya hidup yang cukup tinggi.

Bagi seseorang yang akan datang untuk bekerja di Jerman, pajak gaji bagi pekerja internasional yang cukup tinggi juga perlu jadi pertimbangan. Sementara bagi seorang mahasiswa, Jerman justru menjadi tempat di Eropa yang cukup baik karena banyak memberikan diskon.

hidup di jerman blog, biaya hidup di jerman, biaya hidup di jerman 2019-2020-2021, biaya hidup di jerman untuk pekerja, biaya hidup di jerman untuk mahasiswa, biaya hidup di jerman per bulan, biaya hidup di jerman dalam rupiah, pengalaman hidup di jerman, apakah biaya hidup di jerman mahal, angka harapan hidup di jerman, biaya hidup di berlin jerman, biaya hidup di bonn jerman, cara bertahan hidup di jerman, cara hidup hemat di jerman

4 Gambaran Biaya Hidup di Jerman

Terlepas dari apa status tinggal di Jerman, Berikut ini gambaran umum mengenai biaya hidup di Jerman, mulai dari biaya makan, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, dan biaya pakaian yang bisa dijadikan acuan, jika Kamu ingin kuliah maupun kerja di Jerman, diantaranya:

1. Biaya Makan

Meskipun tentu saja harga-haraga makanan atau bahan makanan di Jerman lebih mahal ketimbang di Indonesia, tetapi masih relatif lebih murah jika dibandingkan di negara-negara lain di Eropa. Beberapa bahan makanan pokok justru lebih murah, seperti susu, kentang, olahan anggur, dan tentu saja bir.

Sementara harga beras di Jerman sekitar 2100 euro atau tidak kurang dari 33 ribu rupiah per kilonya. Untuk harga rokok, untuk sebungkus rokok seharga 26 ribu rupiah di Indonesia akan diharga 6,30 euro atau sekitar 100 ribu rupiah.

Biaya makan ini akan semakin besar apabila kita terbiasa makan di luar dan tanpa mengambil potongan khusus mahasiswa. Untuk makan di restaurant kelas menengah saja kita harus mengeluarkan 10 euro atau sekitar 159 ribu rupiah per porsi.

Baca Juga :  8 Kolam Renang Keren, Paling Ekstrim di Dunia dengan Sensasi yang Menakjubkan

Sebagai gambaran lain, harga air mineral dengan ukuran 330 mililiter umumnya dijual seharga 1,85 euro atau sekitar 29 ribu rupiah.

2. Biaya Kos

Seperti di Indonesia, urusan akomodasi di Jerman juga akan bergantung pada letak dan jarak dari pusat keramaian. Rata-rata mahasiswa internasional akan membayar 700 euro atau sekitar 11 juta rupiah setiap bulan untuk menempati kamar seharga 3 juta rupiah di Jakarta.

Loading...

Jika kita menyewa ruangan dengan tiga kamar, kita bisa mendapatkan harga lebih murah. Umumnya ruangan dengan tiga kamar akan dihargai sebesar 1353 euro atau sekitar 21 juta rupiah. Dengan begitu, per kamar hanya berharga 7 juta rupiah saja.

Jika kita tidak masalah dengan transportasi, maka memilih tempat tinggal di pinggiran kota atau tempat yang berjarak lebih jauh dari pusat keramaian adalah pilihan yang baik. Di pinggiran kota, harga satu kamar umumnya adalah sebear 527 euro atau 8,4 juta.

3. Biaya Transportasi Umum

Keuntungan jika mendapat tempat tinggal di dekat kampus atau kantor adalah biaya transportasi yang bisa ditekan, meskipun harga tempat tinggalnya lebih mahal. Kita bisa mengurangi pengeluaran biaya transportasi dengan membeli sepeda.

Jangan salah, bagi masyarakat Jerman sepeda adalah alat transportasi yang cukup bergengsi. Orang-orang di sana juga biasa menggunakan sepeda untuk bepergian.

Tanpa membeli sepeda, kita harus mengeluarkan sekitar 2,70 euro atau 43 ribu rupiah untuk membayar transportasi umum sekali jalan. Harga tersebut bisa disetarakan dengan biaya trans Jakarta yang hanya 4 ribu rupiah saja sekali jalan.

Penekanan biaya transportasi bisa kita maksimalkan dengan membuat kartu berlangganan selama sebulan. Dengan membayar sebesar 70 euro atau sekitar 1 juta rupiah, kita bisa menempuh rute yang lebih panjang ketimbang tidak berlangganan.

Baca Juga :  12 Landmark Terkenal di Dunia

4. Biaya Pakaian

Mempersiapkan pakaian sejak dari kampung halaman bisa menjadi trik penting untuk mengurangi pengeluaran. Pasalnya, harga untuk pakaian di Jerman juga lebih tinggi ketimbang di Indonesia. Untuk satu potong celana jeans seharaga 500 ribu rupiah di Indonesia, kita harus membayar sekitar 75 euro atau 1,2 juta rupiah.

Persiapkan pakaian sesuai musim yang akan kita dapatkan di Jerman. Jangan hanya mempertimbangkan fashion di kampung halaman, tetapi sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan utama sebuah pakaian.

Itulah tadi gambaran biaya untuk kebutuhan hidup di Jerman. Meskipun begitu, pengeluaran akan sangat bergantung pada gaya hidup masing-masing orang dan di mana letak tinggalnya. Seperti yang kita ketahui, Jerman terbagi menajdi 16 Negara bagian dan kota setara negara bagian yang memiliki kebijakan masing-masing.

Loading...