4 Jenis Burung Nuri

4 JENIS BURUNG NURI

1. Burung Nuri Pipi Merah

harga burung nuri, harga burung nuri jenis kepala hitam, makanan burung nuri, jual burung nuri, burung nuri jantan, burung nuri mp3, suara burung nuri, burung nuri kepala hitam

Burung nuri pipi merah (Red-flanked lorikeet)
gambar : taenos.com

Burung ini bernama latin Charmosyna placentis dan orang Inggris menyebutnya Red flanked lorikeet. Secara keseluruhan warna tubuhnya hijau muda, namun di bagian-bagian tertentu terdapat warna-warna lain yang sangat kontras. Pada pipi bagian depan sampai ke dagu warnanya merah menyala, juga pangkal sayapnya.

Bagian kepalanya kuning, sedangkan pipi bagian belakangnya ungu gelap. Perbedaan jantan dan betina terletak pada warna pipinya. Pada burung jantan pipinya berwarna merah, sedang yang betina berwarna kuning.

Burung nuri ini juga pemakan buah-buahan dan madu, dan habitat burung ini tersebar di kepulauan Maluku.

2. Burung Nuri Duivenbodei

chalcopsitta sintillata schwarzlori, en yellow streaked lory, brown lory, yellowish streaked lory

Burung nuri duivenbodei
gambar : parrots.org

Sekilas tampak warna cokelat gelap dengan sedikit warna keemasan. Burung yang bernama latin Chalcopsitta duivenbodei  ini sebenarnya juga memiliki variasi warna-warna lainnya, seperti orange kekuningan pada beberapa bagian tubuhnya, dan biru keunguan di bagian belakang badannya. Gradasi kuning pada ekornya seringkali tak dijumpai pada yang betina.

Baca Juga :  Sebelum Memelihara Ikan Hias, Ini 3 Poin yang Harus Kamu Ketahui!

Makanannya berupa buah-buahan, madu dan biji-bijian, seperti halnya jenis burung nuri lainnya. Burung yang panjangnya 29 cm ini hidup di dataran rendah sampai 200 m dpl, dan tersebar di bagian Utara Papua Nugini.

3. Burung Nuri Garis Kuning

harga burung nuri, harga burung nuri kepala hitam, makanan burung nuri, jual burung nuri,burung nuri jantan, burung nuri mp3, burung nuri untuk dijual, burung nuri hijau

Burung nuri garis kuning (Chalcopsitta sintillata)
gambar : flickr.com/pelicanpete

Secara keseluruhan warnanya hijau, dengan gradasi merah di sana-sini. Warna merah ini lebih banyak muncul pada yang bagian betina. Ia disebut burung nuri garis kuning, karena ada garis-garis kuning pada dada dan seputar lehernya.

Bernama latin Chalcopsitta sintillata dan orang Eropa menyebutnya Yellowish-streaked lory ini hidup berpasangan atau dalam kelompok sampai 20 ekor di daerah dataran rendah, savana, dan hutan-hutan yang tersebar di Kepulauan Aru dan bagian selatan Papua Nugini.

4. Burung Nuri Jala

nuri merah kepala hitam, burung nuri kepala merah, jenis burung kicau, jenis burung nuri dan harganya, jenis burung kicau kecil, jenis burung

Burung nuri jala (burung nuri kepala merah)
gambar : bilder.shdongliang.net

Burung Nuri Jala bernama latin Eos reticulata. Orang Eropa menyebutnya Blue-streaked lory. Ciri khasnya ada pada warna biru gelap memanjang di sekitar mata dan lehernya, mirip topeng tokoh film zorro. Sedang warna dasar tubuhnya merah menyala. Di bagian sayapnya terselip warna-warna hitam di antara warna dasar merah.

Baca Juga :  Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Cucakrawa

Burung pemakan buah-buahan dan madu ini hidup di Kepulauan Tanimbar dan Kei, Maluku Selatan.

Loading...
error: