5 Api Abadi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Api abadi adalah nyala api, lampu atau obor yang menyala terus menerus dalam waktu yang tidak terbatas.

Sebagian besar api abadi cenderung dinyalakan secara sengaja, namun ada pula fenomena alam yang disebabkan oleh kebocoran gas alam dan kebakaran lapisan batu bara, awalnya semuanya itu disebabkan oleh petir, piezoelektrik atau aktivitas manusia, beberapa di antaranya telah menyala selama ratusan hingga ribuan Tahun.

Api abadi buatan manusia yang ada dibuat untuk mengenang seseorang, memperingati peristiwa yang penting secara nasional, atau sebagai simbol sifat abadi seperti kepercayaan religius, atau pengingat akan komitmen terhadap tujuan bersama, seperti diplomasi. Lalu dimanakan api abadi itu berada, berikut 5 diantaranya;

1. Kawah Gas Darvaza

api abadi terbesar di dunia, api abadi terbesar

via : monsoondiaries.com

Jauh sebelum terjadinya tragedi LAPINDO di Sidoarjo, ternyata kejadian serupa telah terjadi di Derweze Turkmenistan (dahulu Uni soviet) pada tahun 1971.Tragedi tersebut menyebabkan terbentuknya Kawah gas. Kawah gas ini sekarang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai “Door to Hell” atau pintu neraka.

2. Api abadi Mrapen – Indonesia

gambar api yang tak pernah padam

via : wikipedia.org

Legenda Sunan Kalijaga (salah satu dari 9 Wali) dan pengikutnya kelelahan pada akhir perjalanan yang panjang. Mereka berhenti untuk beristirahat dan bermalam di desa Mrapen, tapi mereka kedinginan. Sunan Kalijaga memasukkan tongkatnya ke tanah, menariknya keluar, dan menyalakan api yang menghangatkan mereka. Api abadi di Mrapen ini tidak pernah padam hingga saat ini, bahkan di tengah hujan angin sekalipun.

3. Stone fiery Chimaera (Yanartas) – Turki

api yang tak pernah padam, api yang tak pernah padam di dunia, api yang tak pernah padam selama 2500 tahun, misteri api yang tak pernah padam

via : hotcopas.com

Ini adalah lokasi dimana puluhan api kecil yang membara abadi yang dihasilkan dari ventilasi di bebatuan di sisi gunung. Api ini disebut Yanartas di Turki, dan telah menyala setidaknya selama 2500 tahun.

4. Gua Air dan Api (Cave Water and Fire) – Taiwan

api abadi di dunia, api abadi di madura, api abadi di bojonegoro, api abadi di air terjun

via : pinterest.com

Taiwan memiliki beberapa gunung berapi yang fantastis dan sumber air panas alami. Karena geologi setempat, lumpur gunung menghasilkan gas metana. “Gua Air dan Api” berada dekat kuil dimana gas terbakar. Tapi sebenarnya ini bukanlah gua, tapi merupakan bebatuan dan kolam air panas. Gas metana memasok bahan bakar terus menerus, yang memberi tampilan api menyala di atas batu dan air.

5. Chestnut Ridge Park – Amerika Serikat

7 api abadi di dunia, api abadi di air terjun

via : listverse.com

Terletak di belakang air terjun di Shale Creek Preserve di selatan Chestnut Ridge Park di Northwestern Pennsylvania. Di sini kamu bisa melihat nyala api abadi di belakang air terjun yang indah. Penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui dari mana api itu berasal. Meskipun begitu, api abadi tersebut kini tetap menjadi fenomena yang indah dan misterius. 5 Api Abadi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia – DD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *