6 Hewan Reptil Terbesar di Dunia Saat Ini - ngasih.com

6 Hewan Reptil Terbesar di Dunia Saat Ini

6 Hewan Reptil Terbesar di Dunia

Reptil atau makhluk melata ini merupakan hewan vertebrata berdarah ingin. Umumnya mereka memiliki sisik sebagai penutup tubuh. Binatang ini sendiri sudah hidup sekitar 300 juta tahun yang lalu. Diprediksi kalau hewan jenis ini, zaman dulunya, memiliki ukuran ekstra. Dan sampai sekarang, kita masih bisa menjadi saksi kehadiran reptil “purba” tersebut. Berikut inilah lima reptil yang berukuran raksasa dan masih eksis di dunia. Jom!

1. Buaya muara (Crocodilians)

hewan reptil terbesar, hewan reptil terbesar dan langka, foto hewan reptil terbesar di dunia, 10 hewan reptil terbesar

Hewan bergigi tajam Buaya muara atau buaya air asin ini bisa tumbuh memanjang sampai melebihi 6m. Ukuran jumbo dan rahang kuatnya memungkinkan mereka untuk melumat tulang sapi dan manusia sekalipun. Populasi mereka tersebar di ujung selatan Asia sampai ke Australia. Eksistensinya memberi gambaran makhluk-makhluk pra-sejarah dulu, sebab buaya jenis ini memiliki nenek moyang yang lebih kuno daripada dinosaurus.

2. Penyu Belimbing Laut (Leatherback Sea Turtle – Testudines)

10 reptil terbesar di dunia, foto terptil terbesar di dunia, video reptil terbesar di dunia, 7 reptil terbesar di dunia, binatang reptil terbesar di dunia

via : pinterest.com

Ukuran pemilik batok ini bisa mencapai 2m, dan bagian sirip atau tangannya bisa tumbuh sepanjang 3m. Mereka memang cukup unik dibanding dengan penyu biasanya. Karapas kasar nan bergeriginya membantu mendorong kecepatan, sehingga mereka memeroleh gelar sebagai reptil tercepat. Keunggulan berupa kecepatan dan juga lemaknya membuat mereka tetap hangat, sekalipun harus menempuh perjalanan laut yang jauh dan mendalam. Binatang ini doyan melahap ubur-ubur. Hanya saja, beberapa kasus menggambarkan kalau sang penyu kerap memakan plastik yang dikiranya ubur-ubur. Kalau fatal, kesalahan tersebut bisa menyebabkan kematian bagi sang binatang. Selain itu, populasi mereka terus terusik lantaran beberapa orang (khususnya di Malaysia dan Thailand) masih hobi mengkonsumsi telur-telurnya.

3. Ular Sanca Kembang (Reticulated Python – Squamata)

nama hewan reptil, reptil klasifikasi lebih rendah, 30 jenis hewan reptil, contoh ikan, hewan reptil langka

via : pinterest.com

Ukurannya hampir mirip dengan buaya air asin, di mana piton ini memanjang sampai 6,95 m. Banyak dari kita yang masih kaget ketika mengetahui fakta kalau ular piton ini jago berenang, mengingat ukuran dan bobotnya yang begitu besar. Mereka bahkan bisa melewati rute antara kepualauan Indo-Australia. Menakjubkan! Selain itu, piton sudah terkenal agresif kerika mencekik mangsa dan menelannya bulat-bulat.

Baca Juga :  10 Fakta Unik dan Menarik seputar Sloth atau Kungkang

4. Ular Anakonda Hijau (Squamata)

ular anaconda, ular anaconda berasal dari, ular anaconda terbesar di dunia, ular anaconda raksasa, ular anakonda di sungai amazon

Sebagian dari kita kadang bingung membedakan mana yang lebih besar dan panjang antara piton serta anaconda. Beberapa pihak bahkan mengunggulkan ular yang satu ini. Lebih lagi sudah banyak film atau cerita legenda mengenai anaconda. Kesan menyeramkan pun terbentuk dengan sendirinya. Untuk ukuran real sendiri, anaconda terpanjang yang pernah ditemukan berukuran 6,6 m. Angka tersebut terpaut tipis dari piton yang kita bahas sebelumnya.

5. Komodo (Squamata)

komodo 7 keajaiban dunia, ciri-ciri komodo, komodo hewan langka, komodo vs buaya, komodo makan manusia, komodo terbesar, komodo dragon

via : pinterest.com

Kadal dan ular memang memiliki kesamaan secara teknis. Bedanya, mayoritas ular hidup tanpa kaki. Sebaliknya, kadal memang memiliki kaki. Termasuk komodo yang satu ini. Adapun disebut “dragon” lantaran ukuran tubuhnya yang besar, bisa tumbuh sampai 3m. Mereka juga tampak ganas. Mulutnya memang tak seperti naga yang mengeluarkan api membara. Tetapi air liurnya diketahui mengandung bakteri yang tumbuh pesat. Kita pun tak disarankan untuk macam-macam agar tak kena gigitan, dan tak menderita akibat bakteri tersebut.

6. Tuatara (Sphenodontia)

hewan reptil terbesar dan langka, foto hewan reptil terbesar di dunia, 10 hewan reptil terbesar

via : pinterest.com

Yang ada di list terakhir ini memang tak berukuran apa-apa dibanding dengan lain. Hanya saja, hewan inilah yang masih bertahan di tengah garis keturunannya yang sudah punah. Mereka juga memiliki kekerabatan terhadap ular atau reptil.

Tuatara sendiri memang unik. Mereka memiliki kaki dan otak. Mereka pun dianggap mirip amfibi. Tulang belakangnya mirip ikan, sementara bagian rusuknya mengingatkan kita akan burung. Lalu bagian ekor berdurinya juga menyerupai buaya. Lebih jauh, penglihatan mereka cukup spesial. Binatang ini dikaruniai 3 kelopak mata serta mata parietal yang posisinya tepat di atas kepala. Bagian tubuh itu sendiri membantu mereka untuk mendeteksi siklus siang dan malam. Hewan ini tumbuh dan berkembang di kepulauan lepas pantai Selandia Baru.

Baca Juga :  Nama-Nama Organisasi (Hewan) Satwa Peliharaan

Beberapa reptil lain tengah gencar dilindungi. Pasalnya jumlah mereka terus merosot, baik karena perburuan liar atau pun kehilangan habitat aslinya. Kita tentu berharap agar kesadaran untuk melindungi populasi mereka terus meningkat dan diaplikasikan. Demikian, 6 Hewan Reptil Terbesar di Dunia. #RD

Loading...