7 Jenis Kacang Australia Yang Mempunyai Nilai Ekonomi Tinggi

7 Jenis Kacang Australia Yang Paling Mahal

jenis kacang dan manfaatnya, jenis kacang almond, jenis kacang arab, jenis kacang panjang, jenis kacang kacangan untuk diet, jenis kacang yang cepat tumbuh, jenis kacang kapri, jenis kacang kacangan yang bagus untuk ibu hamilMakadamia, pecan, chestnut, almond, hazelnut, walnut, dan pistachioKetujuh jenis kacang-kacangan ini sepertinya memang pantas termasuk kedalam kelompok kacang-kacangan termahal di dunia. Negara Australia yang mempunyai wilayah beriklim tropis dan subtropis memungkinkan berbagai komoditas pertanian tumbuh serta dikelola ala industri. Termasuk di dalamnya buah-buahan, sayuran, dan bunga-bungaan. Tapi, belum semuanya dikebunkan dalam skala komersial. Setelah sukses dalam mengembangkan hortikultura, kini giliran ‘kacang-kacangan’ yang dijadikan sasaran berikutnya.

Istilah ‘kacang’ menurut kita amatlah berbeda dengan ‘kacang’ (nut) yang dimaksud di Australia. Kita menggunakan istilah ‘kacang’ untuk buah tanaman yang menghasilkan polong, seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah. Semuanya tergolong famili Leguminosae yang tanamannya bukan berupa pohon. Sedangkan, ‘kacang’ di Negara Kangguru itu adalah buah tanaman yang bersosok semak hingga pohon yang berketinggian puluhan meter. Kecuali makadamia, enam jenis tanaman lainnya mengalami fase pengguguran daun. Semuanya tumbuh optimal di daerah subtropis dan sedang.

1. Macadamia

manfaat macadamia, jual kacang macadamia, macadamia nut tree, macadamia integrifolia, macadamia nut oil, macadamia little glamz, macadamia cookies recipe, kacang macadamia

Kacang macadamia
gambar : organicforrest.com.au

Diantara 7 jenis ‘kacang’ Australia, makadamia bisa dikatakan yang paling serius dikembangkan. Data dari Australian Bureau of Statistics (Agriculture Census Data, 1993/1994) menyebutkan, di negara bagian Queensland saja tak kurang 1.146.235 pohon ditanam lebih dari 700 petani. Sedangkan total produksi yang dicapai 4.172.153 ton. Tahun 1995 lalu produksi dari produsen seluruh Australia diproyeksikan 18.000 ton (The Australian Horticulture Statistic Handbook).

Mekadamia (Mecadamia integrifolia) termasuk anggota famili Proteaceae. Bersosok pohon dengan tinggi sampai 12 meter. Tanaman ini berasal dari negara bagian New South Wales utara dan Queensland selatan. Perkembangan terakhir, Australia tercatat menjadi penghasil terbesar kedua di dunia setelah Hawaii. Di Indonesia, harga eceran makadamia cukup tinggi, sekitar 350.000,00/kg.

Sentra produksi terbesar makadamia tersebar di Atherton, Tablelands, Rockhampton, Bundaberg, Sunshine Coast (Queensland), Far North Coast, dan Mid North Coast (New South Wales). Di wilayah-wilayah tersebut, tanaman makadamia tumbuh di areal berhawa dingin dan menyukai tanah yang solumnya dalam, terdrainasi dengan baik, serta kaya akan bahan organik. Varietas yang dikembangkan adalah keaubou, ikaika, kau, kakea, keaau (asal Hawaii), dan binde, own choice (asal Australia).

Baca Juga :  6 Tanaman Penghias Dalam Ruangan Terbaru

2. Pecan

kacang pecan, pecan substitute, pecan latin name, pecan nut health benefits, pecan praline recipe, pecan nutrition, pecan means

Kacang pecan

Pecan (Carya illinoensis) juga ‘kacang’ yang telah jadi industri. Tahun 1995, produksi Australia diperkirakan mencapai 2.870 ton. Angka sebanyak ini dukumpulkan dari kota-kota sentra produksinya, yakni Gatton (Queensland) dan Moree, Lismore, Hunter Valley (New South Wales). Tanaman asli Amerika Utara tersebut tingginya mencapai 55 meter, sehingga memerlukan tanah yang lapisannya sangat dalam dan terdrainasi dengan baik.

Walaupun cocok di daerah dingin, pecan butuh cuaca panas dan kering untuk mematangkan buahnya, hingga 200 hari. Bentuk buah memanjang dan bila telah dikupas bentuknya tidak beraturan dan beralur-alur. World book menyebutkan, produksi per tanaman cukup tinggi 230 kg. Namun, pecan yang termasuk famili Juglandaceae perlu penyerbukan silang agar produksinya bagus. Western schley, moore, cheroke, tejas, whichita, pabst, dan shoshoni adalah varietas-varietas yang di budidayakan disana.

3. Chestnut

tumbuhan kastanya, kandungan kastanya, klasifikasi kastanya, kastanya castanea, kastanya spesies, chestnut warna rambut, chestnut pearl onigiri, chestnut munia, chestnut hair, chestnut movie, chestnut red hair color, chestnut manfaat, chestnut brown

Chestnut atau Kastanya

Seperti tanaman nut yang lain, chestnut atau Kastanya juga bersosok pohon besar. Tingginya berkisar 25-30 meter. Bentuk buahnya unik, berbulu agak panjang. Kalau sudah masak, ujungnya terbelah tiga sehingga tampak bijinya. Chestnut (Castanea dentata), anggota famili Fagaceae, berasal dari pegunungan Eropa dan Asia, lalu dibawa ke Australia oleh penambang Cina tahun 1850. Populasi chestnutmeningkat seiring dengan migrasi orang Eropa ke negara benua itu. Namun, produksinya belum tinggi, hanya 440 ton (tahun 1994). Sentra produksi chestnut di Australia meliputi Manjimup (Western Australia), Adelaide Hills (South Australia), Bathurst/Orange, Batlow (New South Wales), North East dan Dandenongs (Victoria). Di daerah beriklim sedang tersebut, chestnut ditanam di tanah yang drainasenya sangat baik dan mengandung bahan organik tinggi. Beberapa varietas yang dikembangkan ialah buffalo queen, marone, dan luciente. Hasil per tanaman yang produktif mencapai 500 kg.

Baca Juga :  Keren, Pohon Kedondong Listrik Ciptaan Naufal Raziq

4. Almond (Badam)

harga kacang almond per kg, dimana beli kacang almond, harga kacang almond, jual kacang almond, asal kacang almond, kacang mete kacang mede, manfaat kacang almond

Kacang Almond (Badam)

Kita mengenal ‘kacang’ yang satu ini sebagai campuran kue dan coklat. Tanaman almond (Prunus amygdalus) itu sendiri berasal dari Asia Barat Daya dan ditanam secara komersial di Kalifornia (Amerika Serikat). Sosoknya indah, berketinggian 6-7 meter. Ia menyukai daerah ‘hangat’, kering, dan dekat pantai. Diantara ‘kacang-kacang’ lainnya, anggota famili Rosaceae ini termasuk yang berbunga paling awal. Secara alamiah, buahnya jadi terhindar dari frost. Harga per kilogram kacang Almond atau Badam ini berkisar 285.000.

Biji kacang tumbuh terbalut olrh kulit yang kering, halus, dan bertekstur seperti kulit. Untuk memproduksi buah, bunganya perlu penyerbukan silang. Melihat tipe buahnya, almond dibagi tiga, yakni hardshell (bercangkang keras), softshell (lunak), papershell (seperti kertas). Dari ketiga tipe itu, papershell-lah yang lazim dikembangkan perkebunan Australia, misalnya varietas nonpariel, IXL, fritz, dan ne plus ultra.

5. Hazelnut (Corylus americana)

hazelnut coffee, hazelnut latte, hazelnut milk vs almond milk, hazelnut butter, hazelnut coffee recipe, hazelnut oil, hazelnut tree hazelnut band, harga kacang walnut, kacang almond, kacang walnut untuk ibu hamil, kacang walnut beli dimana, khasiat kacang walnut, manfaat kacang walnut

Hazelnut (Kacang Hazel)

Hazelnut (Corylus americana) merupakan anggota famili Betulaceae. Tanaman berupa pohon agak kecil, seukuran dengan apel, tumbuh di daerah beriklim sedang benua Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Tanah yang cocok untuknya mesti terdrainasi baik dan subur. Bila dibanding dengan nut-nut lain, hazelnut bisa jadi yang paling mudah dibudidayakan dan tahan terhadap frost. Umurnya pun relatif genjah, 3-4 tahun mulai produktif. Pembentukan buah hazelnut memerlukan penyerbukan silang, sehingga dalam satu kebun harus ditanam dua atau lebih varietas yang kompatibel. Varietas yang paling banyak dikebunkan petani Australia adalah barcelona, cosford, red avalin, dan wanliss pride.

Produsen hazelnut di dunia antara lain: Australia, Amerika Serikat, dan Italia. Salah satu tujuan ekspor Australia adalah negri kita dengan total impor 65.685 ton (Biro Pusat Statistik/BPS, 1994).

Baca Juga :  11 Kawasan Hutan yang Paling Indah di Dunia, Indonesia Termasuk Salah Satunya

6. Walnut

kacang walnuts, harga kacang walnut, kacang walnut untuk ibu hamil, kacang walnut beli dimana, meredam stress dengan kacang walnut khasiat kacang, manfaat walnut, khasiat kacang walnut

Kacang walnut (Juglans)

Nama walnut mewakili tiga spesies tanaman, yaitu Junglans regia (english walnut), J. nigra (black walnut), J. cinerea (white walnut). Mereka berkerabat dekat dengan almond dan tergabung dalam satu famili Junglandaceae. Tanaman ini istimewa tingginya bisa lebih dari 30 meter, lambat berproduksi (paling tidak 10 tahun) tetapi umurnya panjang hingga 100 tahun lebih dan hanya bisa berproduksi bila ditanam dari bibit okulasi.

Negara-negara penghasil utama walnut adalah Amerika Serikat, RRC, Yunani, dan Turki. Tapi, data BPS menyatakan Indonesia mengimpor nut ini dari Australia sebanyak 96,02 ton tahun 1994. Di Negara tetangga itu, wlanut tumbuh baik di wilayah ‘hangat’ negara bagian Victoria, New South Wales, dan Australia Selatan. Franquette dan treyve menjadi varietas paling favorit diantara penanamnya.

7. Pistachio

harga kacang pistachio 2014, harga kacang pistachio per kg, kacang pistachios, jual kacang pistachio, kacang pistachio murah, kacang pistachio kolesterol, kacang pistachio jepang, kacang pistachio online, manfaat pistachio, pistachio tree, pistachio ice cream, pistachio cake, kacang pistachio untuk ibu hamil, harga kacang pistachio, manfaat kacang pistachio, kacang pistachio murah

Kacang Pistachio

‘Kacang’ pistachio belakangan ini mulai banyak dijual di pasar-pasar swalayan di kota besar Indonesia. Harga ecerannya cukup tinggi, untuk satu kemasan berisi 250 gram harganya Rp 50.000,00. Meskipun Australia juga mulai memproduksi pistachio, namun kita lebih banyak tahu produk yang berasal dari Hawaii. Wajar, karena petani Australia baru kenal tanaman ini 20-25 tahun lalu. Kacang ini juga biasa dibawa oleh jemaah Haji atau Umroh saat kembali pulang kerumah sebagai oleh-oleh, biasanya disandingkan dengan kurma dan air zam-zam.

Tanaman pistachio (Pistacia vera) bersahabat dengan jambu mete dan tergolong dalam famili yang sama Anacardiaceae. Nut-nya terbungkus oleh kulit yang liat dan keras berwarna putih, sedangkan bagian dalamnya hijau. Kendati lokasi tanamannya banyak dan tersebar, pistachio hanya akan membentuk buah di daerah yang suhu musim panasnya tinggi dan kering serta musim dingin tanpa frost. Tidak seperti tanaman nut lain yang menghasilkan bunga jantan dan betina pada satu tanaman atau satu bunga, pistachio berumah satu. Jadi harus ditanam varietas tanaman jantan dan betina. Varietas betina favorit petani Australia adalah kerman dan sirora. Sementara, beberapa varietas jantan tersedia juga. GT ~ Jenis Kacang Termahal di Dunia

Loading...
error: