7 Jenis Palem Hias Dalam Ruangan (Indoor Palm) - ngasih.com

7 Jenis Palem Hias Dalam Ruangan (Indoor Palm)

7 Tanaman Palem Dalam Ruangan (Indoor Palm) dan Cara Merawatnya

Ada 7 palem yang banyak dicari untuk palem indoor, yakni palem phoenix, palem kuning, palem kol, palem sadeng, palem chamaedorea, palem waregu, dan palem segitiga hijau.

Ruang-ruang di perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel-hotel kota besar kini didominasi palem sebagai penghias ruangan. Penampilannya yang anggun, ramping, cantik, dan sekaligus gagah, memberi warna tersendiri pada ruangan yang dihiasi tanaman ini. Apalagi ia toleran dalam ruang dan perawatannya relatif mudah.

1. Palem Phoenix

jenis palem phoenix roebelenii care, phoenix roebelenii palma, phoenix canariensis, date palm, chrysalidocarpus lutescens, phoenix roebelenii growth rate, phoenix sylvestris, phoenix roebelenii sale

Jenis palem phoenix yang cocok dipakai dalam ruangan ialah Phoenix roebelenii dan Phoenix canariensis. Sosoknya yang anggun dengan daun berwarna hijau gelap menjuntai menjadi daya tarik utama. Anak-anak daunnya berukuran kecil dengan susunan rapat dan kompak. Palem yang berasal dari China ini memiliki batang soliter dan ramping. Ia akan tampak serasi bila dihadirkan pada ukuran yang tidak terlalu besar.

2. Palem Waregu

rhapis excelsa wikipedia, rhapis excelsa description, raphis excelsa variegata, waregu rhapis excelsa, tanaman rhapis excelsa, rhapis excelsa care, cycas revoluta, chrysalidocarpus lutescens

Palm Rhapis Excelsa atau waregu termasuk jenis yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Keistimewaan palem ini ialah rumpunnya yang rapat dan kekar. Penampilannya artistik dengan bentuk daun mirip kipas. Daun berwarna hijau gelap, mempunyai 5 – 10 torehan yang dalam. Tanaman yang berasal dari China bagian selatan ini memiliki batang beruas-ruas sebagai tempat duduk daun. Pada batang bagian luar tampak bulu-bulu halus mengelilinginya. Tinggi palem waregu sekitar 1 – 3 m.

Karena sifatnya yang relatif lambat tumbuh, palem yang sering disebut lady palm ini banyak dimanfaatkan, hingga tak heran ada yang menyebutnya tanaman “spesial penghias pojok ruangan.”

3. Palem Kuning

Palem kuning, chrysalidocarpus lutescens, palem kuning chrysalidocarpus lutescens, klasifikasi chrysalidocarpus lutescens

Chrysalidocarpus lutescens atau palem kuning sangat banyak digunakan untuk menghias ruangan. Kelebihannya terletak pada penampilan daun-daunnya yang bersirip memanjang dengan lengkungan indah, berwarna hijau kekuningan serta bagian pangkal yang kuning keemasan. Banyak orang menyenangi palem kuning karena bentuknya indah dan menjuntai ini. Palem asal Madagaskar – Afrika ini jika ditanam dalam pot hanya mencapai tinggi 2 m. Batangnya tumbuh merumpun dan berwarna kuning.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tanaman Air

Palem ini sangat mudah perawatannya dan tidak membutuhkan perhatian sangat ketat, serta memiliki toleransi tinggi bila dipelihara dalam ruangan. Palem kuning umumnya diletakkan di ruang yang luas atau sudut-sudut ruangan.

4. Palem Chamaedorea

lady palm, palem bambu wikipedia, jual palem, spesies palem bambu, kingdom palem bambu, klasifikasi tumbuhan palem bambu, klasifikasi tanaman palem bambu

Bila ruangan dalam kantor tidak cukup luas atau sempit, sebaiknya digunakan palem chamaedorea. “Chamaedorea palm ini disenangi karena sosoknya kecil, sehingga tidak ‘menghabiskan’ tempat. Bentuknya pun sederhana, memberi kesan agung. Ada beberapa jenis chamaedorea yang kini populer sebagai tanaman indoor, yaitu C. elegans, C. Metallica dan C. Erumpens. Chamaedorea elegans atau palem salon bersosok ramping, dan agak tegak. Daunnya mirip pita lebar yang menjuntai indah serta kompak, sehingga membentuk naungan dengan warna hijau tua. Keindahannya akan semakin lengkap bila muncul tandan buah dari pelepah daun.

Pertumbuhannya relatif lambat, bahkan ia cenderung menjadi kerdil. Tanamannya ini bersifat awet, senang teduh, jadi kuat dalam ruangan. Dengan bentuk yang mungil palem ini cocok ditempatkan pada bagian sisi atau pinggir ruangan. C. Metallica atau palem ekor ikan kerdil mempunyai daun berwarna khas, yaitu hijau metalik, sehingga tampak berkilau. Warna metaliknya akan semakin tajam bila ia diletakkan di tempat sejuk. Palem asal Meksiko ini tergolong pula palem kerdil, karena pertumbuhannya yang lambat. Bagian pangkal penyangga mahkota daun membentuk roset yang melebar. Sedangkan C. Erumpens atau biasa disebut palem bambu memiliki daun dan batang mirip bambu, yaitu merumpun dan anak daun yang memanjang serta runcing pada ujungnya. Palem yang berasal dari Amerika Selatan ini sangat cocok dipajang di sudut ruangan.

5. Palem Sadeng

jenis palem hias, jenis palem langka, palem merah, tanaman palem, harga palem, palem kuning, palem botol, jenis palem mahal, jual palem pohon palem, palem sadeng sinencis, palem sadeng cinensis

Palem sadeng atau nama latinnya Livistona rotundifolia merupakan palem asli Indonesia yang berdaun indah. Helaian daunnya bundar seperti kipas membulat dengan bagian ujung bercelah-celah. Pada tangkai daunnya terdapat duri-duri kecil menutupi permukaan tangkai. Seluruh tajuk membulat, tampak kontras dengan batang yang lurus ramping. Batangnya tumbuh tunggal, berwarna kecokelatan, dan memiliki tinggi sekitar 40 cm. Bunga berupa tandan panjang seperti malai. Buahnya bulat berwarna jingga kemerahan.

Baca Juga :  Jenis Pohon Kupu-Kupu yang Berbunga Indah Dan Cantik

Ia termasuk tanaman yang “awet muda” dan tetap mungil, karena sifat pertumbuhannya yang lambat. Palem ini cocok diletakkan di sudut ruangan atau bila ukuran palem kecil dapat juga dipajang di atas meja.

6. Palem Kol

klasifikasi pohon palem, nama latin pohon palem, jenis pohon palem, harga pohon palem, pohon palem botol, pohon palem kipas, manfaat pohon palem, ciri ciri pohon palem

Yang hampir mirip bentuknya dengan palem sadeng ialah palem kol bernama latin Licuala grandis. Palem ini juga mempunyai daun yang berbentuk membulat, namun lebih utuh dibandingkan palem sadeng. Lebar daun palem asal Papua Nugini ini 60 – 100 cm. Tangkai daunnya pun berduri dan tepi bergerigi. Tajuk daun tumbuh melebar sehingga banyak menyita tempat. Selain itu, batangnya yang tunggal dan tegak dapat mencapai tinggi 2 m.

Palem ini termasuk jenis yang “kuat” dalam ruangan, dan tidak tahan terhadap sinar matahari langsung. Sebagai tanaman pot, palem ini lambat tumbuhnya. Dengan sosok dan sifat yang demikian, palem kol cocok ditempatkan di ruangan yang memiliki tempat cukup luas. Dapat pula ditaruh pada sisi atau pinggir ruangan.

7. Palem Segitiga Hijau

nama latin pohon palem, jenis pohon palem, harga pohon palem, pohon palem botol, pohon palem kipas, manfaat pohon palem, ciri ciri pohon palem, klasifikasi pohon palem

Yang terkahir ialah palem segitiga hijau bernama latin Neodypsis decaryi. Ciri dari palem ini ialah penampang batang yang berbentuk segitiga, berwarna hijau, dan tangkai daun yang berhimpit. Daunnya berwarna hijau agak kelabu dengan ujung menggantung.

Tanaman ini sangat menarik bila diletakkan di pinggir atau pada sisi ruangan. Dengan demikian ciri khas dari batang dan daun palem ini jelas terlihat.

Cara Perawatannya Mudah

Keistimewaan palem-palem ini ialah sifatnya yang sangat tahan hidup dalam ruangan dan tetap prima dalam jangka waktu relatif  lama. Karena itu, perawatannya pun tidak serumit tanaman lain.

Penyiraman tidak perlu dilakukan tiap hari. Yang penting kelembapan media harus tetap terjaga agar tidak terlalu kering. Sedangkan untuk pemupukan, perlu pula ditambahkan pupuk NPK satu bulan sekali dengan membenamkannya kedalam media tanam.

Baca Juga :  Sejarah Burung Merpati Pos

Walaupun jenis-jenis palem indoor ini tahan diletakkan dalam ruangan, tidak berarti tanaman ini tidak butuh cahaya. Pada palem yang menyukai cahaya penuh, tanaman diletakkan di tempat yang terkena cahaya atau dikeluarkan dari ruangan setiap bulannya selama satu minggu. Sedangkan palem yang semi cahaya dikeluarkan selama 3 – 4 hari setiap bulannya. Ciri ciri pohon palem – #TY

Loading...