7 Makanan Unik Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba - ngasih.com

7 Makanan Unik Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba

Dalam sektor pariwisata, Jawa Barat memiiliki potensi luar biasa. Selain bentang alam yang memesona dan kebudayaan yang ramah, sajian kuliner yang memanjakan lidah juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Di tanah Sunda, kita dapat menemukan berbagai makanan yang unik, enak, dan autentik. Rasanya yang istimewa, bakal bikin kamu sulit move on dan selalu ingin berkunjung ke sana.
Dan, dari sekian banyak jajanan yang digandrungi orang, berikut ini 7 makanan unik khas Sunda yang wajib kamu coba:

1. Colenak

colenak itu apa, colenak artinya apa, colenak bahan, colenak cara membuat, colenak yang enak di bandung, resep colenak enak, colenak paling enak

Nama colenak merupakan singkatan dari “dicocol enak”. Colenak terbuat dari peuyeum atau singkong fermentasi yang dibakar, lalu disajikan dengan saus berisi gula merah dan parutan kelapa. Bau pembakaran yang khas, menjadikannya kudapan lezat yang digemari wisatawan dan penduduk lokal.

2. Tahu Sumedang

tahu sumedang mentah, tahu sumedang renyah, tahu sumedang berasal dari, tahu sumedang terkenal, tahu sumedang adalah, tahu sumedang crispy, tahu sumedang enak

Kegurihan tahu Sumedang yang bikin ketagihan, telah populer di segala penjuru Nusantara. Kendati hanya berwujud tahu kotak tanpa isi, tahu Sumedang begitu nikmat dimakan dengan cabai ketika hangat. Kini, kita dapat menemukan penjual tahu Sumedang di luar wilayah Jawa Barat. Namun, konon, tahu asli dari Sumedang memiliki rasa yang lebih lezat, karena perbedaan sumber air dan bahan baku yang digunakan.

3. Karedok

karedok berasal dari, karedok adalah, karedok adalah kuliner khas dari, karedok apa, karedok cara membuatnya, karedok dan lotek, membuat karedok enak

Mirip dengan gado-gado, namun karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan dasar dan siraman bumbu yang terbuat dari kacang, bawang putih, kencur, cabai, gula jawa, air asam, terasi, dan garam. Seperti salad sayur khas Indonesia, karedok dapat menjadi alternatif makan siang yang sehat dan autentik.

4. Nasi timbel

nasi timbel berasal dari, nasi timbel komplit, nasi timbel bakar, nasi timbel adalah khas, nasi timbel apa, nasi timbel cara membuat, nasi timbel dari mana

Berbeda dengan nasi biasa, nasi timbel tersaji dalam balutan daun pisang, sehingga memiliki aroma yang segar dan menggugah selera. Sebagai pelengkap, nasi timbel ditemani dengan lauk, seperti gepuk, tahu goreng, tempe goreng, sambal, lalap, dan jambal.

Baca Juga :  7 Jenis Mie Terfavorit dan Paling Disukai Masyarakat Indonesia Beserta Gambarnya

5. Misro

misro resep, misro artinya, misro and combro, misro berasal dari, bahan misro, beda misro dan combro, misro crispy

Berbentuk bulat, tebuat dari adonan parutan singkong, berisi gula merah, dan digoreng hingga kecoklatan, menjadi ciri-ciri misro. Jajanan khas Jawa Barat ini coco untuk kamu yang gemar dengan kudapan manis.

6. Cireng

cireng resep, cireng anti gagal, cireng artinya, cireng berasal dari, cireng cara membuat, cireng enak, cireng frozen

Tergolong makanan asal Jawa Barat yang paling populer, cireng terbuat dari tepung kanji atau aci yang digoreng. Tekstur yang alot, rasa yang gurih, dan terkadang, memiliki varian isi, membuat cireng cocok menjadi cemilan di segala suasana.

7. Gepuk

gepuk artinya, gepuk bahan, gepuk berasal dari, gepuk empuk, foto gepuk, resep gepuk femina, harga gepuk daging sapi

Kita dapat menemukan gepuk di warung makan Sunda atau toko oleh-oleh. Nah, di balik rasa dan tekstur gepuk yang istimewa, ternyata ada proses pembuatan yang cukup panjang. Daging sapi diiris tipis searah dengan serat daging, lalu direbus.

Kemudian, daging sapi tersebut dipukul-pukul hingga empuk, direndam dalam bumbu rempah yang dicampur dengan santan, lalu direbus kembali hingga bumbu menyusut. Setelah itu, gepuk digoreng dengan sedikit minyak, dan voila! Siap disajikan bersama nasi hangat dan sambal.
Nah, kamu mau coba nomor berapa dulu nih?

Loading...