Jenis Kaktus di Indonesia dan Gambarnya

Jenis Kaktus Di Indonesia

cactus identification, prickly pear cactus, cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti, cactus types listAneka ragam jenis kaktus sudah dikenal di Indonesia. Mulai dari opuntia yang bentuknya seperti centong (sendok nasi) sampai golden barrel atau gentong besar yang berduri besar, kuat, dan tajam. Juga ada kaktus unik yang dijuluki nenek tua yang gila sesuai penampilannya, kaktus berbunga seperti Astrophytum atau kaktus bintang, dan masih banyak lagi.

Banyak jenis kaktus yang sudah dikenal di Indonesia. Ada yang bisa ditanam di luar rumah kaca tetapi banyak jenis yang memerlukan rumah kaca agar bisa tumbuh bagus. Pasalnya, Indonesia terlalu basah untuk tanaman asal daerah gurun ini, Dari beragam jenis kaktus, ada beberapa yang menjadi kebanggaan para kolektor di Indonesia, sebagai berikut.

1. Ariocarpus

macam macam jenis kaktus, jenis kaktus berbunga, media tanam kaktus, jenis kaktus hias mini, cara menanam kaktus, jual kaktus mania, harga kaktus mania, klasifikasi tanaman kaktus

Bentuk kaktus ini cukup unik, daunnya berbentuk prisma. Dan setiap jenis bentuk daunnya berbeda. Misalnya A. trigonus berdaun runcing, A scapharus berdaun tumpul, dan A. furfurace berdaun lengkung.

Warna daunnya pun bervariasi. Ada yang hijau keperakan, ada juga yang kecokelatan. Dan selain daunnya, bunganya pun bervariasi, yakni berwarna putih, kuning atau pink. Keistimewaan lain dari kaktus ini tidak berduri.

2. Astrophytum

jenis kaktus hias, jenis kaktus mini, jenis kaktus dan gambarnya, jenis kaktus di Indonesia

Disebut Astrophytum karena sosoknya sepintas menyempai bintang. Kaktus ini berasal dari Meksiko, namun sekarang berkembang di Jepang. Kaktus ini banyak sekali jenisnya, mencapai 100 jenis.  Selain bervariasi Astrophytum ini cukup unik. Sosok tubuhnya bersegi-segi, dengan lekukan yang dalam menyerupai buah belimbing. Astrophytum yang berlekuk seperti belimbing dinamakan A. myriostigma, sedang yang lekukannya berupa celah sempit dinamakan A. asterias, Disamping kedua jenis yang tidak berduri, ada juga yang berduri yakni A, capricorne, A, senile, dan A. ornatum.

Variasi lainnya, ada Astrophytum yang tumbuh kristata membentuk mahkota yang melingkar. Jenis ini rajin berbunga. Kekurangannya, pertumbuhannya sangat lambat. Sebagai gambaran, tanaman berumur 3 tahun diameternya baru mencapai 5 cm. Tempat tumbuh yang dikehendaki adalah yang bersuhu tinggi, tetapi tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Suhu sekitar 40 derajat Celcius akan merangsang keluarnya bunga.

Baca Juga :  6 Jenis Tanaman Tillandsia

3. Cephalocereus Senilis

cactus types list, cactus identification, prickly pear cactus, cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti

Kaktus yang unik ini diberi julukan old man cactus. Diberi nama demikian karena bentuk badannya mirip kepala manusia, dan seluruh permukaannya tertutup rambut panjang terjurai berwarna putih seperti uban yang awut-awutan, menggambarkan rambut orang tua.

Ada kaktus lain yang penampilannya mirip old man cactus ini, yaitu Echinocereus delaetli. Bentuk badannya kolumnar dengan bagian atas yang agak membulat seperti kepala manusia. Bedanya, yang asli panjang bulunya sampai 12 cm serta warnanya putih bersih, sedang yang palsu bulunya hanya sekitar 5 cm dan warnanya putih kekuningan.

Untuk mendapatkan old man cactus yang mempunyai pertumbuhan prima. perawatannya harus selalu diperhatikan. Yang pasti kaktus ini mesti mendapatkan panas yang cukup dengan suhu sekitar 32-400C. Kaktus ini dapat diletakkan di rak teratas, dekat dengan atap rumah kaca agar suhu yang dikehendaki tercapai. Agar terbebas dari debu dan polusi, sebaiknya kaktus ini diletakkan di rumah kaca, dan seminggu sekali disemprot dengan sprayer yang agak kencang, agar debu yang menempel pada rambutnya hanyut terbawa air.

4. Echinofossulocactus

cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti, cactus types list, cactus identification, prickly pear cactus

Ciri khas dari kaktus ini adalah rib-nya tipis dan meliuk-liuk membungkus seluruh tubuhnya. Warna batangnya hijau tua dilengkapi duri-duri yang mencolok. Pertumbuhannya lambat, tetapi tergolong cepat mengeluarkan bunga. Dalam waktu 3 tahun saja kaktus ini sudah mempersembahkan bunganya yang cantik.

Warna-warni bunganya bisa dijadikan patokan untuk membedakan jenisnya. Misainya, E. telli mempunyai bunga berwarna merah, E. captonogonus berbunga putih, dan E. phyllacantus kuning. Ukuran durinya juga berbeda-beda, ada yang panjang, atau pendek. Bentuk rib-nya ada yang sangat meliuk seperti E. antraktuosus, ada pula yang kurang meliuk atau seolah-olah tidak meliuk, misalnya E. captonogonus.

Baca Juga :  Fakta-Fakta Unik dan Menarik Tentang Batu Akik

5. Ferocactus

cactus identification, prickly pear cactus, cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti, cactus types list

Ferocactus adalah kependekan dari Ferocious cactus (kaktus buas). Dinamakan demikian gara-gara ia mempunyai duri yang besar, kuat, dan tajam. Umumnya kaktus menarik karena bentuk badan dan bunganya. Namun pada Ferocactus duri yang menjadi daya tarik utamanya. Duri yang besar dan kokoh memenuhi seluruh permukaan tubuhnya. Keistimewaan lain, tubuh kaktus ini cenderung lebih besar dari pada kaktus lainnya.

Tanaman ini banyak jenisnya, antara lain Ferocactus acanthodes. Kaktus ini tergolong raksasa, sebab diameternya bisa mencapai 40-45 cm. Bentuk tubuh­nya bulat berlekuk-lekuk dangkal. Warna batangnya hijau dengan duri tajam dan kekar berwarna merah muda yang memenuhi tubuhnya, sehingga nampak lebih dominan. F. stainesii, lekuk tubuhnya tajam sekali, durinya berwarna merah, kaku dan tajam, sehingga tampak lebih dominan daripada tubuhnya yang berwarna hijau. Kemudian F. repphenhagenii, tubuhnya bulat dengan diameter 20-25 cm, ditaburi duri berwarna kuning, Ukuran durinya lebih kecil daripada ‘saudara’-nya yang lain.

6. Golden Barrel

golden barrel blackstrap molasses, golden barrel plant, golden barrel reviews, care golden barrel cactus, golden barrel cactus growth rate, jenis kaktus di Indonesia

Dinamakan golden barrel karena memang bentuknya seperti gentong besar, dengan duri-duri besar, kuat, tajam, dan berwarna kuning emas. Di Indonesia kaktus yang bernama latin Echinocactus grusonii ini oleh penggemarnya dinamakan kaktus bola emas dan tak jarang menjadi koleksi kebanggaan. Disebut demikian karena di Indonesia kaktus ini paling besar hanya sebesar bola, dan belum ada yang ukurannya sebesar gentong seperti di negara asalnya.

Golden barrel sebenarnya berasal dari Meksiko, dan menyukai ternpat tumbuh yang banyak mengandung pasir serta batuan. Tetapi kemudian kaktus ini banyak ditemukan di Texas dan beberapa negara Eropa. Di Indonesia si bola emas ini bisa tumbuh baik, tetapi berhubung iklimnya kurang mendukung, terutama karena curah hujan yang terlalu tinggi, maka untuk menghindari curah hujan tersebut kaktus ini harus ditanam di rumah plastik atau rumah kaca.

Baca Juga :  Tips-Trik Membuat Bonsai Karang

7. Opuntia

harga kaktus mania, klasifikasi tanaman kaktus, jenis kaktus hias, jenis kaktus mini, jenis kaktus dan gambarnya, jenis kaktus di Indonesia

Kaktus yang berbentuk seperti centong (sendok nasi) ini sudah sangat dikenal masyarakat. Jenisnya cukup banyak, hanya saja yang banyak ditemukan di Indonesia adalah opuntia besar yang berwarna keabuan dengan duri panjang yang tajam. Jenis seperti ini oleh pecinta kaktus dianggap ‘biasa’, sebab masih ada opuntia jenis lain yang lebih cantik.

Jenis-jenis opuntia tersebut antara lain O. pycnantha. Entongnya berbentuk oval dan pipih, tetapi tampak ‘berisi’. Warna entong hijau kekuningan. Durinya yang menambah cantik penampilannya berwarna merah, dengan panjang sekitar 1-1,4 cm, kaku serta tajam. Jenis lain O. microdasys var. rufida, mempunyai bentuk entong membulat dengan warna hijau muda. Durinya berwarna merah bata, sangat halus dan pendek-pendek, berkelompok membentuk bundaran-bundaran kecil. Sedang O. microdasys var. cristat mempunyai bentuk unik. Tidak seperti ‘saudaranya’, bentuk entong-nya cenderung tidak beraturan dan berwarna hijau segar. Durinya bergerombol, halus, pendek serta berwarna kuning yang menyerupai bintil-bintil kecil.

8. Saguaro

cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti, cactus types list, cactus identification, prickly pear cactus

Sosok saguaro sebenarnya sering kita lihat, terutama di film-film koboi, Kaktus raksasa yang berlengan ini memang sering muncul di film-film seperti itu.  Sesuai dengan namanya, Carnegiea gigantea, sosok kaktus ini memang raksasa. Di habitat aslinya, kaktus yang dijadikan simbol dari negara bagian Arizona (Amerika Serikat) ini tingginya bisa mencapai 15 m. Warna batangnya hijau, berbentuk bulat memanjang, permukaannya berusuk-rusuk atau semacam cekungan kerangka tulang rusuk, serta berduri pendek-pendek.

Ciri yang sangat khas dari kaktus ini adalah adanya lengan yang sebenarnya merupakan cabang dari batang utamanya. Tetapi untuk bisa tumbuh cabang diperlukan waktu yang sangat lama, sebab kaktus ini tergolong lambat pertumbuhannya. Untuk mencapai tinggi 15 m saja diperlukan waktu sekitar 200 tahun. Jenis kaktus di Indonesia dan Gambarnya – #IDS