9 Hadiah atau Kado Terbaik untuk Anak yang Baru Disunat atau Dikhitan - ngasih.com

9 Hadiah atau Kado Terbaik untuk Anak yang Baru Disunat atau Dikhitan

ngasih.com. Sunatan atau khitanan atau sepitan dalam bahasa Sunda baiknya segera dilaksanakan apabila seorang anak laki-laki muslim sudah cukup umur, atau memang siap untuk disunat. Apa yang Rasul contohkan ini memang untuk kebaikannya sendiri. Selain untuk membersihkan, rupanya khitan juga memberi segudang manfaat lain, khususnya dalam hal kesehatan. Laki-laki jadi terhindar dari kanker prostat, HIV, infeksi ginjal/ kandung kemih, dsb.

Jelang libur panjang, biasanya banyak anak laki-laki yang sudah membulatkan tekad untuk disunat. Mereka bisa jadi anak tetangga, keponakan, murid sendiri, dll. Sesuai adat-istiadat yang ada, kita pun musti ancang-ancang untuk memberi hadiah atau kado. Hal ini sebagai apresiasi dari keberanian si anak untuk menghadapi khitanan.

Namun kadang kita bingung hendak memberikan buah tangan apa. Nah berikut ini rekomendasi kado atau hadiah yang terbaik, yang bisa kamu kasihkan pada anak yang baru dikhitan atau disunat. Jom!

1. Uang Cash

masalah keuangan, masalah keuangan dalam rumah tangga, masalah keuangan keluarga, solusi masalah keuangan rumah tangga, masalah keuangan dalam rumah tangga menurut Islam, masalah keuangan di dalam rumah tangga, masalah keuangan dalam rumah tangga

Pemberian yang satu ini biasanya jadi pilihan pertama atau terakhir kita. Karena tidak ada ide atau belum sempat mempersiapkan kado, kita pun memilih mentahnya saja. Namun tak apa, karena uang bisa jadi hadiah yang fleksibel. Anak bisa bebas menggunakan uangnya. Entah untuk membelikan sesuatu yang diinginkan, menyumbang pengeluaran orang tua, atau jadi tabungan si anak kelak.

2. Perlengkapan Ibadah

hadian untuk sunatan, hadiah anak sunat, hadiah untuk sunat, hadiah kado sunatan, hadiah untuk anak yang sunat

Hadiah yang satu ini tentu sangat bermanfaat. Anak laki-laki yang disunat bisa dikatakan sudah menuju masa baligh yang sempurna. Ibadah mereka pun musti terus ditingkatkan dan diperbaiki. Karena itu, kita bisa menyemangati mereka dengan membelikan alat sholat baru. Bisa sarung, peci, baju koko, tasbih, sajadah, Kitab Suci Alqur’an, dsb. Kalau tak mampu membeli secara lengkap, kita bisa mengambil salah-satu yang terbaiknya saja.

Baca Juga :  8 Buah-Buahan untuk Ibu Setelah Melahirkan

3. Perlengkapan Sekolah

hadiah khitan, hadiah buat khitanan, hadian untuk khitan, hadiah anak khitanan, hadiah anak khitan

Sebagai anak sekolah, hadiah yang satu ini sudah pasti bisa dipergunakan. Meski tengah libur panjang, namun perlengkapan sekolah bisa disimpan untuk dimanfaatkan kemudian. Selain memotivasi anak, kita pun bisa meringankan beban orang tuanya. Hadiah tersebut meliputi tas, sepatu, tempat pensil, alat tulis, buku-buku pengetahuan dan sebagainya. Jika tak membelikan versi lengkapnya, kita beri satu diantaranya saja.

4. Mainan

hadiah mainan anak khitan, hadiah buat khitanan, hadian untuk khitan, hadiah anak khitanan, hadiah anak khitan

Untuk pemberian yang satu ini, kita musti mempertimbangkan minat dan usia si anak. Sehingga kita bisa menentukan hendak menyerahkan mobil-mobilan, motor-motoran, robot-robotan, bola sepak, atau apa. Anak yang sudah kelas 5 SD tentu sudah ogah bermain gelembung.

5. Outfit

hadiah mainan anak khitan, hadiah buat khitanan, hadian untuk khitan, hadiah anak khitanan, hadiah anak khitan

Buah tangan lain yang bisa kita persembahkan yaitu berupa outfit. Misalnya satu set celana dan atasan khusus musim panas, bertema baju formal, santai, casual, atau mungkin piyama, dsb. Kalau ingin lebih istimewa, kita juga bisa memesan yang edisi khusus, misalnya kaos atau jaket dengan desain pesanan sendiri.

6. Aksesoris

hadiah anak khitan, hadiah untuk anak sunatan, hadiah buat anak sunat, hadiah untuk anak yang sunat

Biarpun masih anak-anak, namun sekarang banyak aksesoris lucu yang bisa mereka pakai. Termasuk juga bagi si pengantin sunat. Kita bisa memilih benda-benda seperti jam tangan, topi, kacamata gaya, dsb.

7. Binatang Peliharaan

hewan peliharaan anak kost, hewan peliharaan anak kosan, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak muda, hewan peliharaan untuk anak

Ada beberapa anak yang sudah menunjukkan ketertarikannya pada binatang. Sebut saja pada ikan, burung, kucing, ayam, kelinci, hamster, dsb. Jika memang si anak terlihat sebagai penyuka hewan tertentu, kita bisa jadikan hewan tersebut sebagai opsi hadiah.

8. Sepeda

hadiah buat khitanan, hadian untuk khitan, hadiah anak khitanan, hadiah anak khitan

Hadiah yang cukup mahal, namun pasti sangat disukai. Apalagi kalau sepedanya memang bagus dan keren. Anak laki-laki biasanya akan sangat senang dan bangga jika memiliki “tunggangan” atau sepeda baru. Ia akan bergairah, sebab sudah memiliki banyak rencana dengan sepeda. Baik itu dipakai untuk bermain, pergi ke sekolah, atau sekadar olahraga.

Baca Juga :  Mengapa Tanda Tangan Dibuat, Apa sih Fungsinya ?

9. Gadget/ Games

hadiah anak sunatan, hadiah anak khitan, hadiah untuk anak sunatan, hadiah buat anak sunat, hadiah untuk anak yang sunat

Setelah disunat, biasanya sang anak tak diperbolehkan untuk bermain ke luar secara bebas dengan rekan sejawatnya. Selain karena takut terjadi kontak yang bisa melukai alat kelaminnya, sang anak sendiri memang cenderung akan sangat berhati-hati. Namun kalau anaknya biasa main ke luar, tentu ada kejenuhan tersendiri saat harus jadi “orang rumahan”. Untuk mensiasatinya, kita bisa membelikan gadget atau playstation. Namun pastikan untuk selalu menemani dan mengarahkannya.

Pengantin sunat sering disebut sebagai “raja sehari”. Sebagai bentuk syukuran dan rasa bangga, orang-orang di sekitar anak berusaha memanjakannya. Namun selain mengucurkan aneka benda beserta kesenangan di dalamnya, tak lupa kita juga musti menghaturkan hadiah terpenting, yakni doa agar anak tersebut tumbuh sebagai orang yang sholeh dan bermanfaat bagi semesta. Aamiin… Kado Terbaik untuk Anak yang Baru Disunat atau Dikhitan. #RD

Loading...