9 Tips Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan di Malam Hari

Malam adalah waktu yang ideal untuk bersantai atau tidur lebih panjang. Namun momen tersebut akan terganggu ketika tenggorokan kita begitu gatal, sampai-sampai kita gregetan untuk menggaruknya langsung. Sudah batuk-batuk sampai berdehem-dehem pun rasanya sensasi geli di tenggorokan tetap nempel.

Penyebab tenggorokan gatal sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Mungkin saja karena tenggorokan kita begitu kering, adanya alergi, infeksi, ciri demam, dsb. Apa pun itu, kita tentu lebih berharap untuk menikmati waktu yang lebih tenang tanpa gangguan.

Bagaimana caranya? Berikut ini tips sederhana yang bisa dicoba. Jom!

sakit tenggorokan tidak sembuh2, sakit tenggorokan tidak bisa menelan makanan, sakit tenggorokan tidak boleh makan, sakit tenggorokan tidak bisa tidur, sakit tenggorokan tiap bangun tidur

Teh Madu plus Lemon

Kita bisa siapkan secangkir teh hangat, lalu campurkan satu sendok madu dan perasan lemon. Setelah itu, seruput dan telan pelan-pelan sampai gatalnya mereda. Jika tak ada teh, kita bisa menggantinya dengan air hangat biasa.

Berkumur dengan Air Garam

Kita tinggal siapkan segelas air putih hangat, tambahkan garam secukupnya, dan pakai untuk berkumur. Usaha ini dipercaya bisa mengatasi tenggorokan kering dan rasa geli yang terus mengganggu. Pada kasus infeksi, trik ini juga bisa membantu meredakan inflamasi atau peradangan dan rasa sakitnya. Sebab dalam air garam tersebut terdapat kandungan antiseptiknya.

Minum Air Hangat

Gatal pada tenggorokan mayoritas diakibatkan oleh kekeringan, apalagi kalau sensasi tersebut datang bersamaan dengan batuk yang cukup sering. Untuk itu, obat paling simpelnya yakni dengan meminum air hangat. Selain mencegah dehidrasi, cara ini juga bisa mengatasi rasa gatalnya.

Minum Jus Lidah Buaya

Cara selanjutnya, yakni dengan menyiapkan air hangat dan menambahkan lidah buaya di dalamnya. Manfaatnya sendiri rupanya begitu banyak. Selain meredakan sensasi gatal di tenggorokan, air campuran lidah buaya ini bisa mengurangi dampak bronchitis juga.

Baca Juga :  Psikologi Perkembangan Laki-laki (phallic developmental psychology)

Minum Teh Jahe

Teh jahe hangat sudah pasti begitu enak. Meminum teh jenis ini sebelum tidur juga disarankan kalau memang kita kerap diusik tenggorokan yang gatal. Apalagi kalau rasa geli itu diserta dengan batuk-batuk yang mengganggu. Selain teh ini, kita juga bisa memiliki teh herbal lain seperti peppermint, kemangi, chamomile, serai, dsb.

Minum Susu

Susu memiliki konsistensi yang cukup tebal, sehingga efektif untuk menjaga hidrasi tenggorokan. Kita pun bisa mengusir kerontangnya tenggorokannya, sensasi gatal, dan iritasi yang ada. Bila perlu, kita bisa menambahkan sedikit madu. Selain membuat cita-rasanya lebih enak, faedahnya pun diharapkan akan lebih banyak.

Posisi Kepalanya Tinggi

Ketika telentang di kasur, pastikan kalau posisi kepala kita lebih dari kaki. Dengan demikian, kita akan terhindar sensasi menggelikan di tenggorokan, sampai menyebabkan batuk terus-terusan. Posisi telentang cenderung mengundang lendir untuk kembali ke area tenggorokan, sehingga kita pun akan merasa gatal. Cara ini sendiri diharapkan bisa menghentikan proses tersebut.

Jaga Kebersihan Kasur atau Ranjang

Terus mempertahankan kebersihan tempat tidur memang tak pernah merugikan. Kita akan terhindar dari kedatangan tungau debu, serpihan kulit mati, remah-remah, dsb. Semua itu kadang mengundang alergi dan rasa geli tersendiri. Untuk itu, pastikan selalu membersihkan kasur, bantal-guling, dan selimut yang kerap kita peluk.

Tambahkan Kelembapan Udara

Kelembapan ini bisa membantu mengurangi kekeringan di area tenggorokan, sehingga kita tidak harus menderita akibat gatal sampai terbatuk-batuk. Salah-satu cara yang bisa diterapkan yaitu dengan mandi sebelum tidur. Namun hati-hati kalau kamu memiliki riwayat asthma, sebab cara ini bisa memperparah batuknya. Bila diperlukan, kita juga bisa memanfaatkan humidifiers atau pelembap udara. Untuk mengetahui level kelembapannya sendiri, kita bisa memakai hygrometer.

Cara-cara di atas begitu sederhana dan bisa diterapkan di mana saja. Namun kita disarankan untuk meminta saran dokter juga apabila memiliki ciri-ciri seperti; gatal tenggorokannya disertai demam, terjadi selama beberapa hari, sampai sulit menelan sesuatu, adanya phlegm atau darah dalam air liur, tenggorokan dan area telinga terasa sangat sakit, atau memang baru saja melakukan operasi tenggorokan.

Baca Juga :  Kuliah Online Tambahan Kosakata: Tentang WARNA

Demikianlah, 9 Cara atau Tips Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan Di Malam Hari. #RD

Loading...