Beberapa Cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong) - ngasih.com

Beberapa Cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong)

Cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong) Pemakan Buah

kelelawar malam, ciri khusus kelelawar, makanan kelelawar, kelelawar di rumah, kelelawar masuk rumah kelelawar adalah, kelelawar pemakan buah, jenis kelelawar pemakan buah, kelelawar haram

Codot (kelelawar pemakan buah)
gambar : flickr.com

Ada 2 jenis kelelawar. Pertama pemakan serangga, misalnya kampret (microchiroptera).  Kedua adalah pemakan buah-buahan yakni kalong (Pteropus edulis) dan codot (Hipposideros diadema), yang keduanya tergolong jenis megachiroptera. Kelelawar pemakan buah-buahan inilah yang paling merepotkan petani khususnya petani buah-buahan.

Kelelawar pemakan buah-buahan lebih dikenal dengan nama kalong dan codot. Binatang mamalia yang bisa terbang ini cukup besar ukurannya, warnanya hitam, dan bentuk wajahnya mirip anjing. Hama ini termasuk hewan nokturnal karena siang hari tidur, tapi malam harinya aktif terbang mencari makan.

Bagi petani buah-buahan, codot dan kalong jelas merupakan hama yang merugikan. Betapa tidak, buah-buahan di pohon yang kemarin terlihat utuh di pohon, esok paginya tahu-tahu sudah terlihat berantakan. Yang dirusak biasanya buah-buahan yang menjelang masak (ranum).

agar bunga tanaman buah tidak rontok, penyakit busuk buah nangka, cara mengatasi rontok buah pada tanaman, obat tanaman agar buah tidak rontok

Kalong pemakan buah (Pteropus vampyrus)
gambar : youtube.com

Jangan berharap pisang raja yang masak di pohon bisa utuh, kalau bau matangnya sudah tercium codot. Begitu pula buah lengkeng yang mulai menua, bila sebelumnya tak dibungkus terlebih dulu dengan selongsong bambu.

Beberapa jenis buah-buahan lainnya pun tak akan luput dari incarannya. Antara lain sirsak, jambu air, pepaya, mangga, sawo, belimbing, apel, anggur dan lain-lain.

Aksi sang codot yang sangat merugikan itu, mau tidak mau menimbulkan ikhtiar atau usaha manusia untuk mencegah dan memburunya. Usaha ini dimaksud untuk menjaga, agar buah-buahan di pohon tidak fatal dirusak mereka. Dan usaha dalam melindungi buah-buahan dari serangan codot ini bermacam-macam caranya. Berikut diantaranya :

1. Melindungi Buah dengan Kelongsong

cara mengusir kelelawar, mengusir kelelawar, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar di atap rumah

Penggunaan kantung pembungkus buah dapat mencegah hama kelelawar atau codot
gambar : italianfoodexcellence.com

Kulit buah yang rasanya sepet dan pahit, biasanya kurang disukai codot. Buah rambutan misalnya, jarang sekali dirusak kelelawar atau codot ini, walau di pohon telah ranum masak dan tetap telanjang di udara terbuka.

Baca Juga :  9 Manfaat atau Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Tetapi kalau buah lengkeng? Wah, tak bakal tunggu waktu lagi. Kulit buah ini tipis, mudah dikelupas, dan rasanya tidak pahit bila termakan. Tanggung bakal ludes dalam semalam, bila buah ini sudah mulai meranum masak.

Itulah sebabnya, agar lengkeng di pohon tidak berantakan disikat kelelawar, jauh-jauh sebelumnya orang sudah membungkus dengan kelongsong (berupa ayaman dari bambu).

Pembungkusan buah serupa ini juga diterapkan pada buah-buahan lain. Alat pembungkus selain kelongsong bambu, antara lain bisa dipakai kantong plastik, kantong dari kertas semen, kain yang sudah tidak terpakai, dan lain-lain. Ukuran besarnya, tergantung dari jenis-jenis buah-buahan yang akan diamankan dari serangan kelelawar.

2. Menangkap Kelelawar Dengan Jaring

fox bat, where do giant fruit bats live, ceram fruit bat p ocularis, banks flying fox p fundatus pteropus insularis

Mengusir kelelawar dengan cara memburunya dengan jaring
gambar : fractalenlightenment.com

Loading...

Untuk mengurangi gangguan hama buah ini, codot bisa juga diburu. Mereka bisa ditembak dengan senapan angin (bila punya). Tapi perburuan dengan menembak, hanya bisa dilakukan pada siang hari saja. Menembah codot pada malam hari tidaklah tepat. Dalam keadaan gelap, penembak tak mungkin bisa membidik sasaran dengan jitu.

Sebaiknya codot dijebak dengan mempergunakan jaring. Jaring dipasang dengan cara merentangkan jaring dengan menggunakan bambu. Jaringnya memang harus panjang dan lebar, serta kuat. Perentangannya tentu saja harus dilakukan paling sedikit 2 orang. Nah, bila nanti ada kelelawar (codot) yang tersangkut menabrak jaring, dengan sigap kedua bambu dan ujung jaring ditangkupkan. Dengan demikian codot terperangkap dan menempel pada jaring. Mereka tidak mungkin bisa terlepas lagi. Setelah jaring dijatuhkan, tinggal melakukan penangkapan.

mengatasi mengusir kelelawar kalong, memburu dan cara mengusir kelelawar pemakan buah, mengusir kelelawar, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar di atap rumah

Bahkan kail pancing pun bisa dijadikan alat penjerat kelelawar (codot)
gambar : dryflyexpert.blogspot.com

Bisa juga codot dipancing memakai kail tanpa umpan. Pancing berkail digantungkan mengelilingi pohon yang akan dijaga buahnya. Karena kail merupakan benda kecil, dalam gelap tidak akan terlihat. Sehingga codot yang terbang mendekati pohon buah, praktis akan tersangkut sayapnya terkena mata kail. Bila tersangkut, mereka tak akan bisa terlepas lagi. Akibatnya akan meronta-ronta kesakitan, dan suaranya yang berisik akan membuat codot-codot lain tidak berani mendekati pohon buah lagi. Semakin banyak pancing yang dipasang, makin besar kemungkinan mendapatkan codot jeratan.

Baca Juga :  Mengagumkan, Patung Ukiran Singa Raksasa ini Terbuat dari Satu Batang Pohon

3. Mengusir Menggunakan Belerang dan Instektisida

bats eating fruit in trees, cara mengusir kelelawar pemakan buah, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar dari rumah, cara usir kelelawar, pengusir kelelawar, cara mengusir kelelawar dari rumah

Kelelawar (codot) pemakan buah
gambar : nwf.org

Dengan membakar belerang dan memasang insektisida, juga bisa dipakai untuk menjatuhkan buah dari serangan kelelawar. Caranya, belerang di bakar di bawah pohon yang sedang berbuah. Tapi kelemahan cara ini, bila ada angin, bau asap belerang akan lenyap tidak berfungsi, lenyap tertelan angin.

Penggunaan insektisida tidak perlu disemprotkan pada buah, karena yang akan dimanfaatkan hanya baunya saja. Sebaiknya dipilih insektisida yang baunya menusuk. Insektisida cukup diletakkan dalam kaleng terbuka, lalu digantungkan dekat pohon buah yang akan dijaga. Biasanya setelah mencium bau insektisida, codot tidak berani mendekat.

Cara lain adalah menggantung lampu minyak di cabang-cabang pohon buah-buahan. Lampu minyaknya dibuat dari stoples / toples atau bahan lain dari gelas. Dalam toples dipasang sumbu kecil di tengah. Lalu diisi minyak sedikit saja, yang diperkirakan bisa menyala semalam suntuk. Pada leher toples diberi pengikat kawat, agar bisa digantungkan di cabang pohon. Jangan lupa diberi penutup, untuk mencegah air hujan atau api tertiup angin. Pemasangan tutup jangan terlalu dekat dengan mulut toples.

Bila pohon buahnya besar, pemasangan toples harus lebih dari satu, agar lebih aman. Pemasangan lampu dilakukan dari senja hari. Oleh karena lampu itu menyala, codot atau kelelawar tidak berani mendekati pohon buah. Mungkin dikira ada penjaganya. Kalau tidak mau repot-repot memuat lampu minyak sendiri, dapat juga membeli lentera kecil yang tersedia banyak di pasaran.

4. Mencegah Kelelawar Menggunakan Terasi

bats eating fruit on trees, cara mengusir kelelawar pemakan buah, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar dari rumah, cara usir kelelawar, pengusir kelelawar, cara mengusir kelelawar dari rumah

Jenis codot (kelelawar pemakan buah) menyantap buah di pohon, tidak akan seperti ini jika menggunakan terasi
gambar : youtube.com

Cara ini cukup ampuh juga untuk mengatasi hama codot ini, dengan jalan membaluri kulit buah atau dahan-dahan di sekitar buah dengan terasi. Ada dua metode, yang pertama terasi dileburkan dalam air lalu siramkan air yang tercampur terasi itu ke ranting juga daun disekitar buah secukupnya, selain disiramkan cara ini juga bisa menggunakan alat semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Yang kedua atau boleh juga pada kulit buah yang ingin kita lindungi dilaburi langsung dengan terasi tanpa campuran air.

Baca Juga :  Jenis Ikan Guppy Termahal dan Terbaik

Karena bau terasi yang menyengat itulah otomatis kelelawar tidak mau memakan buah kesayangan kita yang kita idam-idamkan kenikmatan dan kelezatan rasanya semenjak masih tergantung di pohon. Semoga bermanfaat, Cara Mengusir Kelelawar #DD

Loading...