Betutu, Ikan Males yang Harganya Mahal

Betutu, Ikan Males yang Mahal

harga ikan betutu di singapura, jual ikan betutu, beli ikan betutu, ikan betutu atau malas, bibit ikan betutu, mencari ikan betutu di semua pilihan, gambar ikan betutu, ikan males

Ikan betutu sering di ekspor ke Singapura dan harganya bisa naik 100 % dari harga di Indonesia
gambar : anglingthailand.com

Nama aslinya sebetulnya betutu. Tapi orang lebih mengenalnya sebagai ikan bodoh atau ikan males. Harganya saat ini Rp. 130.000 per kilo dan eksportir sudah lama mencari-cari. Sayang, ikan berdaging gurih yang mudah diternak ini belum banyak dikenal. Jadi harap maklum, jika sampai sekarang ikan mahal ini masih sulit ditemukan di pasaran.

Banyak orang, memang tidak menduga bahwa ikan malas adalah nama kesohor ikan betutu. Ini bisa terjadi karena betutu populer dan mencuat sebagai ikan mahal bukan lewat jalur resmi. Misalnya, lewat Ditjen perikanan. Betutu justru populer lewat para penangkarnya di sungai-sungai, pengumpul dan eksportir yang sudah lama mencari-cari betutu yang ternyata juga amat disukai di luar negeri.

Akibatnya bisa dimaklumi bila nama lain ikan betutu cukup beragam. Misalnya, selain ikan malas atau ikan bodoh nama kesohornya, ia juga dijuluki ikan blo’on dan bloso. Yang lebih seram nama yang diberikan penduduk Kalbar, tempat betutu banyak ditemukan. Mereka namai ikan ini ikan hantu.

1. Betutu, Si Ikan Malas

jual ikan betutu, beli ikan betutu, ikan betutu atau malas, bibit ikan betutu, mencari ikan betutu di semua pilihan, gambar ikan betutu, ikan males, harga ikan betutu di singapura

Ikan betutu
gambar : wikipedia.org

Julukan terhadap betutu yang semuanya bernada merendahkan itu, memang beralasan. Ikan ini tabiatnya malas bergerak. Saking malasnya ia bergerak, terkadang sampai satu jam diamati belum juga bergeser dari tempatnya. Bahkan suara bising atau keciprak air yang dibuat di dekatnya belum tentu membuatnya bergeming. Terkecuali kalau tangan kita menyentuh tubuhnya. Baru dia akan bergerak meski tak sampai jadi liar seperti halnya ikan jenis lain. Paling, betutu hanya berpindah tempat, lalu bengong lagi.

Baca Juga :  5 Hewan Albino Paling Unik Terlangka di Dunia

Dengan tabiat seperti ini, jangan kaget bila cari makan pun ia enggan. Ia hanya menunggu, dan manakala perutnya lapar baru ia menyambar anak-anak ikan yang melintas di depannya. Setelah kenyang, ikan yang mirip ikan gabus ini akan kembali bengong bahkan tidur di dasar perairan seperti ikan mati.

Karena apa sebenarnya harga betutu mahal ? memang masih sulit dilacak pasalnya. Tapi beberapa sumber menyebut karena dagingnya gempal putih bersih berserat halus itu, rasanya gurih dan proteinnya tinggi, selain itu pula karena jarang ditemui jugalah yang menyebabkan harga ikan ini tinggi.

Tentang rasanya yang gurih tentu ada yang berbeda pendapat. Tetapi beberapa orang sepakat bahwa rasa daging ikan betutu sangat enak. Kalau cara memasaknya tidak diketahui memang bisa berabe. Dagingnya sangat halus. Oleh karena itu jika digoreng begitu saja dagingnya akan hancur. Sebaiknya sebelum digoreng, betutu yang sudah dibumbui dilaburkan dulu adonan tepung. Kalau masaknya begitu, selain dagingnya utuh dan garing, rasanya pun hm… akan terasa nikmat.

Baca Juga :  10 Gambar Hewan Tersenyum Bahagia ini Bikin Kamu Ikut-Ikutan Senyum

2. Cara Budidaya/ Pembesaran Ikan Betutu

klasifikasi ikan betutu, sedia benih ikan betutu, jual ikan betutu, budidaya ikan betutu, ikan malas, harga ikan betutu, manfaat ikan betutu, cara budidaya ikan betutu

budidaya ikan betutu
gambar : ariesambu.wordpress.com

Yang perlu diketahui yang ideal untuk induk betutu adalah berukuran 300 – 5 00 gr. Ia bisa menghasilkan telur sebanyak 1.000 butir telur.

Kolam untuk pembesaran betutu sama dengan kolam ikan pada umumnya. Kualitas dan debit air juga tidak dituntut istimewa. Sebagai ikan sungai dan rawa, ia mirip seperti lele. Bahkan menurut peternaknya, jika di sungai Cisadane Tangerang, ikan-ikan jenis lain sudah banyak musnah karena airnya tercemar, betutu malah sehat walafiat saja.

Yang berbeda dari kolam ini selain dalamnya paling tidak 1 meter di sepanjang sisi dasar kolam dibuatkan parit ukuran lebar 75 cm dan dalamnya 30 – 40 cm. Gunanya, selain memudahkan panen nantinya juga sebagai tempat mengumpulkan ikan-ikan yang sengaja ditebar untuk makanan betutu. Terakhir, kalau bisa buatlah pintu pembuangan air sistem monik agar saat pengeringan kolam-nya lebih mudah.

a. Ditebar Mujair Terlebih Dahulu

Setelah jadi, kolam dibiarkan kering dan terjemur sinar matahari selama 3 – 5 hari agar semua bibit penyakit dan hama mati. Begitu kering, ditebarkan pupuk organik seperti kotoran kuda, sapi, kerbau, atau kompos untuk memancing pertumbuhan makanan alami bagi benih mujair, sebanyak 0,5 kg/meter persegi.

Selesai pemupukan kolam diisi air setinggi 30 cm, dan ditunggu sampai air tampak berubah jadi hijau. Andaikata air sudah hijau, ditambahkan air lagi setinggi 1 meter. Kini giliran memasukkan benih-benih mujair sebagai santapan betutu. Sebagai ancar-ancar, kolam ukuran 200 – 300 meter persegi diperlukan benih mujair sebanyak 1 – 15 kuintal. Setelah 1 – 2 bulan mujair yang rajin dan doyan kawin ini di dalam kolam, benih betutu pun ditebar.

manfaat ikan betutu, cara budidaya ikan betutu, klasifikasi ikan betutu, sedia benih ikan betutu, jual ikan betutu, budidaya ikan betutu, ikan malas, harga ikan betutu

ikan betutu atau malas
gambar : sidatmasapi.blogspot.com

b. Padat Penebaran Benih Ikan Betutu

Berbeda dengan ikan lain yang padat penebarannya banyak tergantung debit air, yang dilakukan salah satu peternak bernama Handoko justru mengaitkan padat penebaran pada masa pemeliharaan serta bobot ikan yang diinginkan. Menurutnya, jika bobot betutu yang mau dipanen nantinya kurang lebih 0,5 kg per-ekor dari benih ukuran 5 – 10 cm dengan masa pemeliharaan 5 bulan, maka padat penebaran 20 ekor / meter persegi.

Baca Juga :  10 Hewan Peliharaan Unik Paling Mahal di Dunia

Tapi bila ukurannya di atas 0,5 kg, dengan masa pemeliharaan yang sama, padat penebarannya 10 ekor permeter persegi. Namun walaupun benih ikan ini masih jarang dipasaran yang perlu diketahui adalah ukuran betutu yang dibutuhkan konsumen (restoran dan eksportir) biasanya antara 300 – 500 gram, hal ini tidak jadi masalah.

c. Panen Ikan Betutu

Memanen betutu dengan konstruksi kolam yang dibuat parit, tentu mudah sekali. Setelah air kolam dikeringkan dengan membuka pintu pembuangan, ikan-ikan akan berkumpul di dalam parit. Karena parit mengitari seluruh kolam maka untuk mudahnya, sebaiknya parit disekat-sekat. Setelah disekat betutu yang agak “jinak” kita tangkap dengan serok. Sementara mujair kita biarkan tetap di kolam sebagai pakan betutu pada pemeliharaan berikutnya. #Pns

Loading...
error: