6 Cara Melindungi Tubuh dari Radiasi Elektromagnetik

ekor9.com. Meski tidak terlihat, di sekitar kita terdapat radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh berbagai hal. Mulai dari sinyal telepon selular, microwave, laptop, wifi, dan perangkat lainnya.

Karena itu, kita harus waspada. Berdasarkan penelitian, paparan radiasi elektromagnetik dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti kanker, depresi, penyakit kardiovaskular, mutasi genetik, hingga keguguran.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan? Berikut ini 6 upaya untuk melindungi tubuh dari paparan radiasi elektromagnetik yang terus mengitari kita:

melindungi mata dari radiasi komputer, melindungi diri dari radiasi, cara melindungi diri dari radiasi wifi, cara melindungi tubuh dari bahaya radiasi, cara melindungi diri dari bahaya radiasi

1. Menjaga jarak

Radiasi elektromagnetik terkuat ada di sekitar sumbernya. Semakin jauh kamu dari sumber radiasi, maka semakin lemah paparan radiasi yang kamu terima. Setidaknya, gunakan speaker atau beri jarak sekitar 1,5 cm dari kepala ketika kamu menerima panggilan telepon. Selain itu, jangan meletakkan laptop di pangkuan, letakkan modem wifi di tempat yang jarang dilalui orang, serta jauhi microwave ketika tengah beroperasi.

2. Menggunakan kabel

Sinyal nirkabel memancarkan radiasi elektromagnet secara konstan. Maka, sebiasa mungkin gunakan kabel untuk meminimalisir paparan radiasi. Misalnya, gunakan headset untuk menerima panggilan telepon atau menggunakan kabel eternet untuk komputer.

Baca Juga :  Cara Membuat Anak Orang ini Aneh! Hingga Punya 106 Anak, Kok Bisa?

3. Mengatur waktu

Perhatikan waktu kerja dan hindari paparan radiasi elektromagnetik terlalu lama. Apabila sehari-hari kamu bekerja menggunakan laptop atau komputer, atur waktu untuk beristirahat sejenak. Alih-alih relaksasi dengan menonton video atau mendengarkan musik melalui smartphone, cobalah untuk berjalan-jalan bersama teman dan menikmati udara segar. Dengan demikian, kamu dapat menetralisir paparan radiasi elektromagnetik yang harus kamu hadapi selama bekerja.

4. Mencabut kontak

Setiap benda elektronik terus memancarkan radiasi selama terhubung dengan sumber energi. Maka, matikan atau cabut kontak listrik dari perangkat jika tidak sedang kamu gunakan. Selain menghindarkan tubuh dari paparan radiasi, upaya ini juga berguna untuk melakukan penghematan energi.

cara melindungi mata dari radiasi hp, cara melindungi mata dari radiasi komputer, cara melindungi mata dari radiasi laptop, melindungi mata dari radiasi hp

5. Menjauhkan benda elektronik dari kamar tidur

Kamar tidur menjadi tempat yang krusial. Kualitas tidur berpengaruh besar pada kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Maka, pastikan kamar tidur kamu selalu kondusif dengan suasana yang menunjang kenyamanan selama beristirahat. Di malam hari, jauhkan benda-benda elektronik seperti hp (telepon genggam), tablet, televisi, radio, dan perangkat lain yang dapat memancarkan radiasi elektromagnetik sekaligus menjadi distraksi yang mengganggu tidurmu.

Baca Juga :  Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan

6. Menjaga kesehatan

Radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan gangguan pada sel-sel tubuh manusia. Kendati demikian, dalam kondisi normal, tubuh kita sudah terdesain sedemikian rupa untuk memperbaiki dan melindungi diri.

Hanya saja, kemampuan tersebut tidak berfungsi optimal jika tubuh kita berada dalam kondisi kurang sehat atau kekebalan tubuh sedang melemah. Maka, jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, serta perbanyak aktivitas di lingkungan yang sejuk dan alami.

Ingat, ada baiknya, kamu tidak menyepelekan dampak buruk dari paparan radiasi elektromagnetik. Karena, hanya dengan tubuh yang sehat, kamu bisa terus produktif dalam berkarya. Tetap waspada, dan jangan lupa bahagia!

Loading...
error: