Ciri dan Jenis-Jenis Katak Beracun dari Amerika

Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Katak Peliharaan Sekaligus Beracun di Amerika

Hutan, ternyata tidak hanya menghasilkan jenis-jenis tanaman yang indah, tetapi juga jenis-jenis fauna yang sangat menarik untuk dipelihara, diantaranya katak beracun yang terkenal memiliki warna-warna yang eksotik.

Katak merupakan hewan kecil yang hidup di tempat-tempat berair, rawa, sawah, serta danau. Pantaslah bila hewan amfibi ini tampak kotor dan menjijikan. Namun jangan heran bila Anda melihat katak kecil dari hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan ini memiliki pesona warna yang beragam dan sangat menarik.

Pelengkap Senjata Perang

poison arrow frog for sale, poison arrow frog video, poison arrow frog facts for kids, poison arrow frog adaptations, poison arrow frog pet, anaconda

Perpaduan warna hijau dan hitam dari Dendrobates auratus
gambar : wikipedia.org

Katak mungil ini juga dikenal dengan sebutan poison frog atau poison arrow frog. Mengapa dikatakan demikian? Karena, tubuh hewan ini diselimuti racun. Racun tersebut di pedalaman Amerika, khususnya oleh orang Indian Amerika dari Amazon dan Kolombia banyak digunakan sebagai isi anak panah atau lembing (tombak) sebagai senjata untuk berburu atau berperang, sehingga katak ini sering juga disebut-sebut sebagai poison dart frog dan poison arrow frog.

Katak atau kodok yang digandrungi para hobiis di Amerika Serikat ini, 65 spesies termasuk ke dalam keluarga Dendrobatidae dari sekitar 175 spesies yang ada. Keluarga Dendrobatidae bukan hanya katak yang benar-benar beracun dan menghasilkan racun sendiri pada kulitnya, tetapi juga katak roket (genus Colostethus yang terdiri dari kurang lebih 110 spesies), dan katak yang memiliki bau busuk (skunk frog).

Keluarga Dendrobatidae merupakan katak tropis yang memiliki hubungan dengan keluarga Leptodactlidae, salah satu dari keluarga besar katak Amerika. Keluarga Dendrobatidae juga dikenal dengan katak pohon (keluarga Hylidae) yang tampak pada ujung jarinya. Walaupun seluruh katak ini cenderung memiliki piringan pada ujung jarinya, pada Dendrobatidae setiap ujung jarinya memiliki dua bagian yang menonjol yang dinamakan scutes, suatu ciri yang dapat memudahkan para hobiis membedakan dengan jenis lainnya.

Baca Juga :  Luar Biasa, Seniman ini Mengubah Sampah Menjadi Mural dan Patung yang Indah

Katak beracun ini beberapa diantaranya sangat cantik dengan perpaduan warna yang indah menutupi tubuhnya, diantaranya merah, kuning, bahkan hijau dan biru. Katak yang aktif sepanjang hari ini sering melakukan aktivitas berbahaya dan berada pada daerah terbuka serta dapat dengan mudah terlihat oleh ular predator, burung, dan mamalia kecil.

Katak roket mamiliki warna paling sedikit, dan racun pada kulitnya pun kurang jelas. Sebenarnya memang katak yang memiliki racun sangat kuat cenderung memiliki warna yang sangat cerah.

Alarm

contoh jenis darah hewan katak, artikel jenis darah hewan katak, makalah jenis darah hewan katak, katak lucu, spesies katak beracun

Strawberry Dart Frog, spesies yang banyak dikoleksi di Amerika

Warna-warna seperti itu sebenarnya menjadi ’alarm’ bagi para predator bahwa mereka tidak sedap dimakan. Warna pemberitahuan tersebut dikenal dengan nama aposematic, secara ilmiah dan terjadi pada beberapa tipe hewan yang berbeda, khusunya untuk daerah tropis. Ini menyebabkan katak beracun hanya memiliki sedikit predator yang dapat memangsanya. Sebagai contoh, apabila seekor ular menggigitnya, maka secara langsung ular akan membebaskannya (meludahkan keluar) dan menggosokkan sisik bibirnya pada tanah saat merasa benar-benar sakit akibat racun katak tersebut.

Keberadaan racun pada kulitnya secara ilmiah dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, dan mereka dapat memenuhi suplai makanannya dengan memangsa secara aktif setiap saat. Katak jantan dapat menetapkan wilayahnya untuk menarik katak betina. Katak jantan biasanya memimpin dalam kelompok katak dewasa (misalnya Harlequin poison frog yang dapat hidup panjang sekitar 9 tahun), khususnya melindungi telur dan kadang berudu (kecebong).

Katak betina dari sebagian besar spesies dapat bertelur pada setiap musim dingin atau dengan kata lain setiap tahun, sehingga katak beracun ini dapat berkembang dengan jumlah yang sangat menakjubkan pada habitat yang cocok. Beberapa spesies dapat tetap dipertahankan populasinya di atas beberapa tahun saat dikembangkan dan dapat “dipanen” sebagai hewan kesayangan. Berikut ini jenis-jenisnya :

Baca Juga :  15 Kota Paling Sepi dan Terisolasi di Dunia

Jenis-Jenis Katak Peliharaan di Amerika

Dendrobates

Umumnya katak beracun hanya tampak dari ciri luarnya, tapi secara umum spesies ini dikelompokkan ke dalam katak berukuran besar (20-50 mm dari ujung moncong sampai lubang anus), memiliki ujung jari yang berkembang (membuka), dengan jari pertama yang lebih pendek daripada jari kedua. Pola warna umumnya kurang cerah. Terdapat 26 spesies dalam genus ini.

report text frog, contoh report text about frog, example report text about frog, contoh jenis darah hewan katak, artikel jenis darah hewan katak, makalah jenis darah hewan katak, katak lucu, spesies katak beracun

Blue poison frog

Epipedobates

Spesies dari genus ini jarang ada di pasaran. Termasuk genus yang dapat dibedakan oleh kombinasi jari pertama yang panjangnya sama atau lebih panjang daripada jari kedua, dan dari garis warna yang memanjang di bagian samping dari mata sampai di atas pahanya. Sebagian besar spesies ini memiliki warna metalik dan juga memiliki gigi. Genus ini terdiri dari 25 spesies.

Minyobates

Lain dengan Dendrobates, genus Minyobates ini berukuran kecil dan sebagian besar spesiesnya tidak pernah ditempatkan di dalam terarium khusus. Pola warnanya bervariasi, bertingkat dari garis yang menyempit sampai warna daerah badannya, tetapi tidak ada spesies yang memiliki pita ke belakang. Ukuran dewasa sekitar 15-21 mm, benar-benar katak mini! Terdapat 9 spesies dalam genus ini.

poison arrow frog katak eksotis yang berbahaya, poison arrow frog, poison arrow frog for sale, poison arrow frog video, poison arrow frog facts for kids, poison arrow frog adaptations, poison arrow frog pet, anaconda

Dendrobates tinctorius, bertubuh kuning dan berkaki biru

Phyllobates

Phyllobates ini dikenal dengan jumlah genus yang paling sedikit memiliki spesies. Untuk membedakan genus ini dari yang lainnya dapat dilihat jari pertamanya yang panjangnya sama atau lebih dari jari kedua. Dan ujung jarinya tidak bisa membuka dengan lebar. Kelima spesiesnya memiliki garis kuning terang atau oranye dibagian samping punggung mulai dari mata sampai ujung paha tetapi bukan kunci pahanya. Garis warna ini umumnya terlihat pada katak yang masih muda. Namun pada jenis P. terribilis dan kadang-kadang P.bicolor garis warna tersebut ‘tenggelam’ oleh pigmen terang pada punggungnya, ini terjadi pada katak dewasa.

Baca Juga :  15 Kiper Terbaik Dunia Tahun 2015

Pada katak ini biasanya dipenuhi bintik halus hijau terang atau biru cerah. Warnanya rata-rata metalik. Kelima jenis Phyllobates tersebut ialah Phyllobates aurotaenia (kokoe poison (Lovely poison frog), P. bicolor (black-legged poison frog), P. lugubris ( lovely poison frog), P. vittatus (golfducean poison frog), P. terribilis (golden poison frog).

jenis kodok langka, jenis kodok beracun, jenis kodok hias, jenis kodok peliharaan, jenis kodok yang bisa dimakan, makanan kodok dan katak, kehidupan kodok dan katak, nama kodok

Phyllobates lugubris

Pakan Hidup

Dalam melangsungkan hidupnya katak beracun ini memerlukan pakan yang berupa pakan hidup. Di alam aslinya ia selalu mencari beberapa jenis pakan, dan aktif memburu mangsa secara terus-menerus pada musim panas. Karena itulah tingkat metabolismenya tinggi, sehingga ia membutuhkan pakan yang cukup dan bergizi.

Di Amerika Serikat sebagian besar pemelihara atau hobiis memberikan pada katak molek ini setiap dua atau tiga hari dan mengurangi pakan sebanyak yang diinginkannya. Hal ini dilakukakn untuk menjaga kesehatannya dan membiasakan agar ia dapat hidup disiplin. Pakan yang dianjurkan untuk katak beracun ini adalah serangga berukuran kecil seperti lalat buah, kumbang, dan jangkrik. Tetapi hobiis di AS banyak menggunakan lalat buah karena serangga ini sudah diternakkan, sehingga para hobiis pun belum berani memelihara katak cantik ini.
Pakan komersial lainnya adalah jangkrik dari spesies Acheta domesticus. Spesies ini di Eropa telah diternakkan sebagai umpan ikan, beberapa petshop di Eropa menjual jangkrik jantan, dan mereka menjualnya dengan harga murah.

Katak beracun ini akan sangat menarik bila dipelihara dalam terarium cantik dan dibuat seperti habtat aslinya. Ini akan memberikan kedamaian pada seisi rumah ketika ia bersautan suara. Warnanya yang cantik menunjukan katak ini benar-benar beracun. Oleh karena itu dalam memelihara katak ini, harus berhati-hati. Dianjurkan jika akan memegang hewan kesayangan ini harus memakai kaus tangan, dan bila tangan terluka jangan sekali-kali memegangnya, karena racun tersebut akan masuk ke dalam luka dan akan terasa perih. N~

Loading...
error: