6 Fakta Menarik Donnie Yen Lengkap dengan Biodatanya - ngasih.com

6 Fakta Menarik Donnie Yen Lengkap dengan Biodatanya

Bila kamu penggemar film Ip Man, pasti sudah enggak asing lagi dengan sosok Donnie Yen, bintang di film tersebut. Aktor jago kung-fu yang satu ini menjadi salah satu aktor laga Asia tersukses yang makin populer setelah aksinya dalam film Ip Man yang rilis dengan tiga series.

Sebagai ahli beladiri wushu yang telah menjuarai berbagai turnamen ini dianggap sosok yang turut mempopulerkan Wing Chun. Donnie Yen atau yang juga akrab disapa Yen-ji ini pun pernah dinobatkan sebagai salah satu aktor Asia dengan bayaran termahal di dunia.

Nah, seperti apa fakta-fakta menarik tentang Donnie Yen yang lainnya? Simak uraian dari kami berikut ini!

fakta donnie yen, donnie yen biodata, biodata donnie yen, tentang donnie yen, donnie yen saat ini, donnie yen sekarang

Profil dan Biodata Donnie Yen

Sebelum kita bahas mengenai berbagai fakta menarik tentang Donnie Yen, ada baiknya kita menilik dulu biodata lengkapnya di bawah ini:

  • Nama artis: Donnie Yen
  • Nama asli: Yen Ji Dan
  • Tanggal lahir: 27 Juli 1963
  • Tempat lahir: Guangzhou, Guangdong, China
  • Kewarganegaraan: China
  • Tinggi badan: 175 cm
  • Profesi: Aktor, sutradara, produser, atlet Wushu
  • Populer: Berperan sebagai Chan Chuen Chung dalam film “Drunken Tai Chi” (1984)
  • Nama Ayah: Klyster Yen (Editor Surat Kabar)
  • Nama Ibu: Bow-Sim Mark (Atlet Bela Diri)
  • Saudara: Chris yen (adik)
  • Istri: Zing-Ci Leung (1993-cerai), Cecilia Wang (sejak 2003)
  • Anak-anak: Man-Zeok Yen, Jasmine, James

Fakta-fakta Menarik tentang Donnie Yen

Bagi kamu yang ingin tahu apa saja fakta-fakta menarik tentang Donnie Yen, berikut kami sampaikan ulasannya:

1. Beberapa Kali Menjuarai Turnamen Wushu

Sebagai atlet Wushu, kehebatan beladiri Donnie Yen sudah enggak diragukan lagi. Ia pernah beberapa kali menjuarai turnamen beladiri Wushu.

Sejak remaja, Donnie telah mengikuti Akademi Wushu Beijing, dan belajar seni bela diri pada Master Wu Bin yang juga dikenal sebagai pelatihnya Jet Li.

Baca Juga :  10 Daftar Film yang Bercerita Tentang Game Terbaik

Menginjak usia 19 tahun, Donnie sukses menjuarai turnamen Wushu tahunan di Amerika Serikat. Selain Wushu, Ia juga menguasai beberapa jenis bela diri lainnya, seperti judo, taekwondo, tinju, gulat, muay Thai, hapkido, jiu-jitsu, kickboxing, dan jeet kune do.

2. Penggemar Berat Bruce Lee dan Jet Li

Diakui, Donnie Yen merupakan penggemar berat Bruce Lee. Sosok lainnya yang Ia idolakan ialah Jet Li, sebagai aktor laga favorit yang pernah beradu akting dengannya.

donnie yen dan bruce lee, bruce lee e donnie yen, donnie yen on bruce lee, donnie yen y bruce lee

3. Punya Ibu yang juga Ahli Beladiri

Fakta menarik Donnie Yen berikutnya ternyata memiliki seorang Ibu yang lebih gahar dalam seni bela diri. Sosok sang ibu yang bernama Bow-sim Mark juga menguasai beberapa ilmu bela diri. Namun, Ia lebih terkenal sebagai seorang Tai Chi Grandmaster yang punya segudang prestasi. Wah, pantas saja anaknya juga ahli bela diri. Ternyata sudah turunan toh.

4. Memulai Karir di Dunia Akting Sejak 1985

Meski terlihat muda, Donnie Yen ini termasuk aktor senior lho! Ia memulai karirnya di dunia akting sejak pertama kali memerankan film berjudul Drunken Tai Chi (1985), kemudian juga film berjudul Once Upon a Time in China (1992) hingga masuk dalam nominasi aktor pendukung terbaik di award Hong Kong film.

5. Karena Terlalu Bersemangat, Pernah Mematahkan Jari Mike Tyson

Fakta Donnie Yen berikutnya ialah pernah mengalami insiden saat adegan ‘berkelahi’ dengan Mike Tyson. Karena terlalu bersemangat saat akting baku hantam, sampai-sampai terjadi insiden Donnie Yen mematahkan jari telunjuk Mike Tyson.

donnie yen and mike tyson, mike tyson e donnie yen, donnie yen mike tyson, donnie yen on mike tyson, tyson contra o donnie yen, ip man 3-donnie yen vs mike tyson, donnie yen vs mike tyson, tyson vs donnie yen, ip man 3 donnie yen vs mike tyson, ip man 3 donnie yen mike tyson, ip man 3 donnie yen mike tyson full movie, ip man 3 donnie yen vs mike tyson youtube, download ip man 3 donnie yen vs mike tyson

6. Fakta-fakta Unik Donnie Yen Lainnya

Aktor laga kelahiran Guangzhou ini memang memiliki banyak sisi menarik, di antaranya yaitu:

  • Donnie menyukai perkelahian yang realistis, kreatif, dan nonkonvensional dalam memfilmkan setiap adegan laga.
  • Selain jago bela diri, Donnie juga mahir memainkan piano klasik.
  • Donnie sempa mengalami cedera parah di bagian bahu kanannya saat syuting film Mismatched Couples (1985), dan cedera tersebut masih berpengaruh sampai sekarang.
  • Sebagai penggemar berat Bruce Lee, dua film yang Ia bintangi berjudul Fist of Fury (1995), dan Legend of The Fist: The Return of Chen Zen (2010), secara khusus didedikasikan untuk idolanya tersebut.
  • Aktris laga Malaysia, Michelle Yeoh, mengakui Donnie Yen sebagai aktor bela diri dengan gerakan tercepat yang pernah beradu akting dengannya.
  • Donnie mempelajari gaya pembuatan film laga Hong Kong dari mentornya yang bernama Yuen Woo-ping.
  • Donnie Yen mulai tertarik dengan pembuatan koreografi adegan laga dan mulai menggarap di belakang kamera dalam berbagai proyek film pada pertengahan tahun 90-an.
  • Menguasai 4 bahasa, antara lain Kanton, Mandarin, Inggris, dan Korea kasual. Ia mulai belajar bahasa Korea ketika bermain dalam film Seven Swords (2005).
Baca Juga :  Daftar Film Terbaru yang Dibintangi Brie Larson, si Captain Marvel

Itulah sederet fakta menarik tentang aktor laga China, Donnie Yen. Bagaimana menurut kamu, keren kan?

Loading...