Hati-Hati, Bahaya Tersembunyi dari Telepon Selular, Wi-fi, dan Perangkat Lainnya! - ngasih.com

Hati-Hati, Bahaya Tersembunyi dari Telepon Selular, Wi-fi, dan Perangkat Lainnya!

ngasih.com. Apa saja bahaya radiasi hp? Memasuki era milenial, kehidupan manusia di usia produktif tidak bisa lepas dari penggunaan gadget a.k.a gawai. Namun, jika ingin tetap sehat, ada poin yang harus kita waspadai. Karena, penelitian membuktikan bahwa perangkat elektronik yang kita gunakan, mulai dari telepon selular, modem wi-fi, laptop, dan perangkat lainnya, berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Dan, bahaya tersembunyi di balik gawai itu berkaitan dengan EMF, yaitu electric and magnetic field, termasuk pula radiasi elektromagnetik. Dapat dikatakan, seluruh perangkat berteknologi tinggi yang kini marak digunakan, memancarkan polusi radiasi yang tidak nampak namun berdampak cukup fatal, secara fisik maupun mental.

Maka, kita perlu meminimalisir paparan radiasi dengan berbagai cara, dengan mengenali sumber-sumbernya. Apa saja?

Apa saja bahaya radiasi hp

1. Telepon seluler

apakah telepon seluler itu, apakah telepon seluler berbahaya, apa kegunaan telepon seluler, bagaimana telepon seluler memanfaatkan gelombang elektromagnetik, kenapa telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnetik, mengapa telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnetik, siapa penemu telepon seluler

via : pinterest.com

Kini, hampir semua kalangan masyarakat memiliki telepon seluler, dengan berbagai tipe dan merek. Sebagian orang, bahkan tidak hanya menjadikannya sarana komunikasi semata, melainkan juga komputer mini untuk bekerja dan beraktivitas. Kedekatan tersebut yang membuat telepon seluler menjadi pemancar dan pemapar radiasi paling dominan.

Berdasarkan sebuah panel dari International Agency for Research on Cancer (IARC), World Health Organization (WHO) pada tahun 2011, terdapat studi yang menunjukkan bahwa radiasi telepon seluler kemungkinan berpotensi menjadi karsinogenik, dengan tingkat bahaya seperti pestisida.

Maka, penting untuk sadar bahwa kita sebaiknya menggunakan speaker atau earphone untuk mendengarkan panggilan suara, agar terhindar dari kontak langsung dengan telinga maupun kepala. Karena, masih menurut WHO, radiasi telepon seluler dapat menurun secara eksponensial ketika menjauhi sumber atau pemancarnya.

Persoalan tersebut juga menjadi alasan untuk tidak menyimpan telepon genggam atau perangkat yang memancarkan radiasi elektromagnet di saku atau meletakkannya di dekat kepala ketika tidur.

Baca Juga :  13 Ponsel Anti Air Terbaik

2. Bluetooth

apa bluetooth itu, apakah bluetooth berbahaya, apakah bluetooth mengganggu penerbangan, bagaimana bluetooth bekerja, bagaimana cara bluetooth dari hp ke laptop, berapa jauh jarak bluetooth, siapa pencipta bluetooth

Sebisa mungkin, hindari penggunaan headset dengan bluetooth, karena pancaran radiasi elektromagnetik akan langsung mengarah ke telinga dan kepala kamu. Apalagi, dengan level radiasi headset bluetooth yang rata-rata mencapai 0,23 watt per kilogram (0,23 W/kg), artinya 10—100 kali lebih besar dari dosis frekuensi radio yang dapat melukai pembuluh darah di otak dan memasukkan racun ke dalamnya.

3. Laptop dan tablet

 

 

laptop dell inspiron, laptop dell core i5, laptop dell inspiron 14, laptop dell amd, laptop dell amd a9, a dell laptop, a dell laptop computer

Perangkat komputer berupa laptop atau tablet dalam beragam merek dan tipe, menjadi sumber radiasi yang utama, karena dapat sekaligus memancarkan tiga jenis radiasi yang berbahaya.

Pertama, radiasi ELF (extremely low frequency) yang berasal dari rangkaian elektrik di dalamnya, berupa kabel hingga sakelar. Kedua, radiasi RF (radio frequency) yang muncul ketika terhubung dengan transmisi wi-fi dan bluetooth. Dan ketiga, berupa radiasi panas akibat peningkatan temperatur yang terjadi apabila perangkat menyala terlalu lama.

Maka, alih-alih meletakkan laptop atau tablet di pangkuan, ada baiknya kamu gunakan meja. Selain itu, mengandalkan baterai juga dapat meminimalisir radiasi dibandingkan jika perangkat terhubung dengan listrik. Menggunakan kabel eternet, juga disinyalir lebih baik dari segi radiasi daripada memanfaatkan wi-fi.

4. Aksesori

 

Gawai yang menjadi aksesori seperti Apple watch juga memancarkan radiasi dan menjadi lebih berbahaya karena secara konstan menempel langsung dengan kulit. Meski radiasi tergolong rendah, namun paparan jangka panjang dapat memicu penyakit serius, seperti tumor ganas, gangguan darah, dan lainnya.

Apabila kamu benar-benar memerlukan aksesori tersebut, pastikan kamu tidak menggunakannya terus-menerus. Luangkan waktu untuk relaksasi dan beristirahatlah tanpa gawai apapun yang berdekatan dengan tubuhmu.

Dan, jika kamu ingin menjalani gaya hidup sehat secara menyeluruh, perlu konsistensi dan upaya untuk menyeimbangkan aktivitas. Meski butuh penyesuaian, tidak ada salahnya demi kesehatan diri dan keluarga, bukan?

Baca Juga :  7 Truk Canggih Paling Kuat di Dunia, Bikin Nyaman saat Berkendara
Loading...