Jenis-Jenis Burung Ocehan Penghias Taman - ngasih.com

Jenis-Jenis Burung Ocehan Penghias Taman

ngasih.com. Beberapa jenis burung ocehan bisa dipajang untuk meramaikan taman. Selain warna bulunya yang elok dipandang, celotehnya pun bisa menghidupkan suasana taman.

Taman, akan lebih semarak kalau dihuni burung-burung cantik yang mengoceh. Gerakan terbangnya ke sana kemari akan mampu menghidupkan suasana taman.

Jenis burung penghias taman ini tentu saja adalah jenis burung ocehan, lebih bagus lagi kalau yang warna bulunya menarik. Burung-burung yang berukuran besar maupun kecil tak jadi soal, asalkan penempatannya sesuai, dalam kandang soliter atau kadang koloni. Beberapa jenis burung yang cocok dipilih untuk meramaikan taman adalah ; kakatua, nuri, parkit dan poksay.

1. Burung Kakaktua

penangkaran burung kakatua, harga burung kakatua, burung kakatua dijual, burung kakatua jambul kuning, burung kakatua putih

Kakatua putih berjambul kuning di atas tenggeran terbuka sering menyemarakkan taman dengan suaranya yang cerewet

Kakatua masih sebangsa dengan betet, Psittaciformes, hanya ukuran badannya lebih besar. Kebanyakan burung ini berekor pendek, berbulu putih, abu-abu, atau hitam dan berjambul tegak panjang pada kepalanya. Paruhnya cukup besar dan melengkung, sanggup membelah tempurung kelapa.

Kakatua termasuk jenis burung besar dengan suaranya yang cerewet dan suka menjerit-jerit. Karena suaranya yang cukup bising, sebaiknya ia ditempatkan pada taman yang letaknya agak berjauhan dari rumah. Namun kakaktua elok dipandang, karena warna bulunya yang kebanyakan putih bersih, dengan jambul di atas kepalanya. Sedangkan tempatnya, bisa dikurung dalam kandang soliter, yang dapat dipindah tempatnya sewaktu-waktu, ataupun hanya berupa tenggeran terbuka. Burung ini bisa juga dilatih bicara, walaupun tidak akan selancar beo.

2. Burung Nuri

harga burung nuri kepala hitam, jenis burung nuri, makanan burung nuri, burung nuri in english, burung nuri untuk dijual, burung nuri jantan, makanan burung nuri irian

Burung nuri selalu menjadi favorit karena warna bulunya yang mencolok

Kelompok yang terdiri dari 65 spesies betet ini masuk dalam subfamili Loriinae. Yang kesemuanya memiliki paruh berbentuk kait. Tungkainya pendek dan kakinya baik untuk memanjat. Nuri merupakan burung yang paling cemerlang warna bulunya di antara semua kelompok betet. Guratan warna merah, kuning, hijau dan biru cerah pada bulunya sangat mencolok. Burung yang panjang tubuhnya 12,5 – 50 cm ini, tersebar di Irian dan Maluku Tengah. Suarana bising, tetapi kalau dilatih dengan tekun bisa juga ia berbicara seperti beo. Ia memang menyenangi hiruk-pikuk dan suka berkelompok dengan kerabatnya.

Baca Juga :  MENGEBUNKAN TANAMAN BUAH

Dalam taman, sebaiknya ia ditempatkan di kandang soliter, karena jenis ini termasuk burung besar yang tidak bisa dicampur dalam satu kandang koloni dengan burung jenis kecil. Makanan utamanya berupa nektar, buah-buahan, dan serangga.

3. Burung Parkit

perbedaan burung parkit jantan dan betina, burung parkit putih burung parkit jambul, cara ternak burung parkit, ternak burung parkit, harga burung parkit

Parkit rukunun dan mesra dalam satu kandang

Parkit (Melopsittacus undulatus) masih sekeluarga juga dengan betet, yaitu famili Psitacidae. Parkit cukup menarik sebagai burung hias karena warnanya yang beraneka ragam dan kicaunya yang sangat ramai. Oleh karena itu, burung yang lincah perangainya ini sering mendapat julukan burung yang cantik. Burung berukuran mungil ini memiliki kekhasan pada paruhnya yang berbentuk melengkung atau bengkok.

Sebagai pelengkap keindahan taman, biasanya ia ditempatkan bersama-sama dalam kandang besar (voliere). Mereka mempunyai kebiasaan bertengger bersama-sama atau berdua-dua sambil bercucmbu dan ramai berkicau. Setidak-tidaknya kandang berlantai 90 x 90 cm dan tinggi 120 dapat dipakai untuk memelihara 5 pasang parkit.

Sesuai dengan bentuk paruhnya, makanan utama parkit adalah biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

4. Burung Poksay

poksay mantel, burung poksay, poksay jambul, burung poksay mandarin, poksay hitam, poksay jambul, poksay mandarin

Poksay jambul putih, bulunya menawan
gambar : Birds of America

Poksay sudah cukup terkenal karena kicauannya dan juga karena sering dilombakan. Selain pandai mengoceh dan bernyanyi, ia pun gemar bersalto di udara. Variasi sudaranya cukup banyak dan pintar menirukan suara burung lain.

cara membuat kandang burung, kandang burung kenari, Kandang burung depan rumah, bird cage front of house, kandang burung love bird, kandang burung parkit, kandang burung ciblek

Kandang burung (sangkar) Soliter dalam taman

Untuk sebuah taman, selain burung yang bersuara indah, penampilan fisiknya pun perlu diperhitungkan. Untuk itu ada poksay yang cukup memenuhi syarat sebagai penghuni taman, yaitu poksay berjambul putih (Garrulax leucolphus). Poksai ini bulunya berwarna dasar cokelat, namun lehernya putih, seperti halnya jambul di atas kepalanya. Sedangkan warna hitam ada di sekitar amtanya mirip kacamata.

Baca Juga :  Mengatasi Penyakit Mencret Pada Burung Cucakrawa

Suaranya yang indah, namun keras dan lepas, membuat ia lebih cocok ditempatkan agak jauh dari rumah, dengan sangkar soliter.

Loading...