JENIS-JENIS BURUNG PELIHARAAN YANG POPULER

Macam-macam Burung Peliharaan

Hobi memelihara burung akhir-akhir ini banyak menarik perhatian orang, karena daya tariknya yang istimewa. Bila pemeliharaan binatang ternak terutama ditujukan untuk keperluan produksi (dikonsumsi hasilnya berupa telur atau daging), maka pemeliharaan burung sebagai hewan piaraan terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hobi atau kesenangan.

Usaha pemeliharaan yang berupa hobi ini, seringkali memberi banyak keuntungan dan rasa bangga yang tinggi. Sebab tak jarang burung yang dipiara seringkali langka, karena memiliki mutu suara dan warna bulu yang bernilai tinggi. Lebih-lebih bila burung kesayangannya itu sudah berulang kali menang dan menyandang gelar juara dalam berbagai kontes / lomba, nilai penghargaan yang diberikannya pun akan berlipat kali lebih tinggi lagi.

Burung piaraan banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya yang dipelihara dan digemari orang dewasa ini, antara lain adalah :

1. Ayam bekisar

ayam bekisar juara, ayam bekisar super, suara ayam bekisar, jual ayam bekisar, suara ayam bekisar mp3 download, ayam bekisar dijual, harga ayam bekisar

Ayam bekisar

Burung penyanyi dan berbulu indah itu tergolong ayam hibrida. Dibentuk lewat persilangan ayam hutan hijau Gallus varius sebagai pejantan dengan induk betina ayam kampung biasa (Gallus domestica). Burung ini merupakan ayam bias piaraan yang mahal, karena proses mengawinkan dua ayam yang berbeda jenis ini cukup rumit dan banyak makan waktu. Yang paling menarik dari ayam hibrid ini adalah bunyi kluruknya yang nyaring dan tinggi melengking. Ayam bekisar yang berbulu hitam mulus atau putih mulus, biasanya dihargai dengan nilai yang lebih tinggi dibanding ayam lain yang berbulu warna-warni.

2. Ayam pelung

suara ayam pelung mp3, jual ayam pelung cianjur, ayam ketawa, ayam pelung mp3, harga ayam pelung, ayam cemani

Ayam pelung

Burung penyanyi ini merupakan ayam lokal khas Cianjur. Ayam jantan tubuhnya besar, kompak dan kokoh. Bila berkokok, akan terlihat leher ayam pelung akan melengkung sampai ke bawah, dengan bunyi suara yang panjang dan nyaring. Biasanya puncak kenyaringan suaranya akan diperoleh setelah ayam berusia lebih dari satu tahun. Ciri lain yang sangat menarik sebagai ayam hias piaraan adalah cakarnya yang panjang dan besar, bulunya yang lebar mengkilat, bentuk jengger dan pialnya yang besar dan berwarna merah menyala.

3. Ayam Kate

jenis ayam kate, harga ayam kate, ayam serama, harga ayam kate putih, ayam kate photo, ayam kate lokal

Ayam Kate Holland
gambar : tumblr.com

Persis seperti namanya, ayam kate bertubuh pendek dan kecil. Dipelihara terutama untuk dinikmati keindahannya. Bentuk tubuhnya yang pendek dan mini ini seringkali menampilkan kesan yang lucu dan cantik. Ayam cebol ini sangat mengesankan sekali. Gerakannya lincah, tapi jinak. Bunyi kokoknyapun terbilang royal. Ayam ini memiliki ragam warna, yang paling populer adalah ayam kate emas. Ayam ini memiliki bulu kuning emas yang merata di seluruh tubuhnya, jengger menjulang tinggi dan tegak dan bulu lancur (ekor) krembyah-krembyah (tebal dan mekar) sampai kepala. Semakin cebol bentuk ayam, dianggap semakin murni ayam tersebut dan harganya pun semakin meningkat mahal.

4. Burung Bayan

burung bayan pulling, burung bayan jantan, burung bayan untuk dijual suara burung bayan nuri, burung bayan tanau

Burung bayan

Burung bayan (Eclectus roratus) masih kerabat dekat dengan burung betet dan kakak tua. Yang paling banyak disukai sebagai burung piaraan adalah burung betina, karena warna bulunya merah dan biru pada bagian bawah sayap dengan bulu ekor bagian ujung kuning. Sedang burung jantan warnanya hijau terang dengan warna merah pada bagian bawah sayapnya, sedang bulu ekor bagian ujung tetap hijau. Perbedaan lain adalah warna paruh. Burung betina parunya berwarna hitam, sedang burung jantan warna paruhnya bagian atas merah dan bagian bawah hitam.

5. Burung Beo

harga burung beo, urung beo dijual, suara burung beo, suara burung beo bicara, burung beo sakit, jenis burung beo

Burung Beo

Burung beo alias tiung, atau menco (Gracula religiosa) sangat dikenal orang sebagai burung piaraan yang paling menarik, karena pandai menirukan bunyi apa saja yang biasa ia dengar atau sengaja diperdengarkan kepadanya. Terutama bunyi siulan, nyanyian, seruan, teriakan, panggilan nama seseorang dan lain-lain. Apalagi burung ini mudah sekali dipelihara dan cepat mengenal pengasuhnya. Burung ini memiliki warna bulu hitam, paruh kuning kemerah-merahan dan kepala berbulu pendek dengan gembel kuning di belakang matanya. Di Indonesia burung ini terdapat dalam beberapa anak jenis. Diantaranya beo maluku (Gracula religiosa lidthii) yang terdapat di Maluku dan Indonesia bagian timur, Beo Jawa (Cracula religiosa javanensis) yang terdapat di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Lalu beo enggano (Gracula religiosa engganensis) yang terdapat di Pulau Enggano, beo mentawai (Gracula religiosa baturensis) yang terdapat di Sumatera Utara dan pulau Mentawai dan bro nias (Gracula rligiosa robusta) yang terdapat di pulau Nias. Beo Nias inilah yang paling digemari orang dipiara sebagai burung sangkar, karena pandainya menirukan kata-kata.

Baca Juga :  Cara Menangkarkan Jalak Bali Di Bali

6. Burung Betet

harga burung betet, burung betet murah, suara burung betet download, burung betet jawa, burung nuri, jual burung betet

Burung betet

Burung betet (Psittacula alexandri) seringkali disebut burung kakatua kecil. Warna bulu hijau, tapi bagian kepala keabu-abuan, leher hitam dan dada kemerah-merahan. Bulu ekor bagian tengah berbentuk seperti pedang, warnanya hijau kebiru-biruan. Paruh besar, warnanya merah. Burung ini banyak dipelihara sebagai binatang rumah, karena keindahannya. Dan bila dipelihara dan diajar sejak kecil, burung ini bisa pandai menirukan kata-kata.

7. Burung Bondol

burung bondol hijau, burung bondol hijau binglis

Burung bondol

Burung bondol tergolong dalam keluarga emprit-empritan (suku Ploceidae), di Indonesia merupakan burung hama yang cukup merepotkan petani. Tapi bondol jepang (populer disebut Commonfich) merupakan burung piaraan yang menarik, karena sekali dipelihara ia cepat berkembangbiak. Sifatnya rukun, baik sekali untuk permulaan orang yang ingin beternak burung kenari.

8. Burung Cucak Rawa

penyakit pada burung hantu, penyakit pada burung merpati, penyakit pada burung perkutut, penyakit pada burung murai batu, penyakit pada burung love bird, penyakit pada burung kenari, penyakit pada burung parkit, penyakit pada burung dara

Burung terlihat murung ketika terkena penyakit

Burung cucak rowo (Pycnonotus zeylenicus) merupakan burung kicauan berasal dari pulau Sumatera. Orang setempat menyebut burung ini barau-barau. Hidup di hutan belukar, terutama di daerah yang di dekatnya terdapat anak sungai kecil yang berair jernih. Burung ini punya kebiasaan mandi menjelang tengah hari, terutama bila cuaca panas. Burung ini merupakan kicauan di Indonesia. Bunyinya khas dengan siulan berat dan lagu berbeda-beda.

9. Burung Gelatik

ciri gelatik batu jantan, gelatik batu gacor, suara gelatik batu, gelatik batu jantan, gelatik batu mp3, harga gelatik batu, jenis gelatik batu, harga burung gelatik batu

gambar burung Gelatik Batu

Burung gelatik (padda aryzuvora) merupakan burung asli Indonesia. Banyak terdapat di pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Burung ini cantik sekali warna-warninya. Bulu badang abu-abu, sedang pada perut berwarna merah cokelat agak ungu muda. Kepala dan ekor hitam. Paruh dan kaki warnanya merah kecoklat-cokelatan. Di kalangan petani Indonesia, burung ini terkenal sebagai hama padi, terutama pada waktu padi sedang menguning di sawah. Tapi di kalangan penggemar burung, gelatik banyak diincar oleh para penyayang burung di dunia. Sifatnya bila liar, liar sekali. Bila jinak, jinak sekali.

10. Burung Hwa Mei

harga burung hwa mei, suara burung hwa mei, burung hwa mei mp3, kicau burung hwa mei, video burung hwa mei

Burung hwa mei

Burung Hwa mei (Garrulax canorus) bukan burung asli Indonesia. Sebagai burung piaraan dalam sangkar, ia banyak didatangkan dari Taiwan dan Singapura. Burung ini memiliki bulu seperti burung gereja, cokelat bergaris kehitaman. Daerah matanya terdapat garis putih yang menyolok berbentuk alis mata orang. Panjang badan kurang lebih 17,5 cm dan besarnya hampir sebesar burung jalak. Di tempat asli, hidup di daerah pegunungan berhutan lebat dengan ketinggian 400 – 1.500 meter di atas permukaan laut. Suka bermain di semak belukar yang rimbun dan sejuk. Hidup berpasangan, burung jantan pandai sekali berkicau, menyanyi dan pintar sekali menirukan suara burung lain. Burung betina suaranya Cuma cir….cir….cir.

11. Burung Jalak

burung jalak kebo, suara burung jalak suren, harga burung jalak suren, suara burung jalak, burung jalak suren, burung jalak penyu, burung jalak kapas, burung jalak putih, burung jalak bali

Burung Jalak Bali

Dilihat secara fisik, bentuk burung jalak tak begitu indah. Tapi suaranya sangat bagus, bila sudah terpelihara dan terlatih dengan baik. Burung ini sangat kaya akan kicauan, mampu menyanyi dalam berbagai suara dan lagu. Ada beberapa macam jalak hidup di tanah air kita. Diantaranya adalah jalak suren alias jalak kuning (Sturnopastor contra jalla), Jalak abu-abu (Gracupica melanopetera), Jalak sungu (Aethiopsar grandis), Jalak hitam (Acridotheres tritis), Jalak Sulawesi (Acridotheres fuscus), Jalak putih (Sturnis melanopterus) dan jalak Bali (Leucopsar rotschildi). Jalak bali Cuma terdapat di Bali, merupakan jenis burung jalak yang cantik. Bulu badan warnanya putih bersih dengan sedikit hitam pada ujung ekor dan sayapnya. Kepala berjambul, warnanya putih. Bila burung jalak berkumpul, kicauannya gaduh sekali kedengarannya. Banyak dipelihara sebagai biduan dalam sangkar.

Baca Juga :  Ayam Kate Holland, Lincah dan Rajin Berkokok

12. Burung Kakatua

penangkaran burung kakaktua, burung kakatua mp3, harga burung kakatua, burung kakatua dijual, lagu burung kakatua, burung kakatua wikipedia, burung kakatua lyrics

Burung kakatua jambul kuning

Burung ini sangat disukai sebagai burung peliharaan, bila sudah terlatih baik, mampu menirukan kata apa saja yang diucapkan manusia. Burung ini kakinya mempunyai 4 buah jari, dua menghadap ke depan dan dua lainnya menghadap ke belakang. Paruhnya kuat, tebal dan mengait. Badan termasuk pendek tapi serasi. Leher pendek, lidah tebal dan kepala besar. Beberapa jenis diantaranya banyak dipelihara manusia adalah Kakatua alba (Cacatua alba), kakatua jambul kesumba (cacatua moluccensis), kakatua jambul kuning (cacatua galerita triton), Kakatua raja (Proboscigerr atterimus), Kakatua putih kecil (Cacatua sulphurea) dan lain-lain. Hampir semua burung kakatua merupakan burung yang dilindungi Undang-undang.

13. Burung Kucica

jenis burung kucica, kucica jantan betina, cara merawat burung kucica, tips burung

Burung kucica

Burung kucica (Copsychus saularis) alias kacer merupakan burung kecil yang sangat lincah. Bulunya indah, hitam mengkilat, dengan bagian sayap mempunyai warna putih bersih. Suaranya nyaring bening dan kicauannya indah merdu. Bahkan banyak orang menganggap, burung ini merupakan burung yang paling menarik diantara burung kicauan yang ada di tanah air. Burung kucica liar tersebar luas di Sumatera, Jasa dan Kalimantan. Di luar Indonesia terdapat di India dan Vietnam. Masih sejenis dengan burung ini adalah Murai hutan (Copsychus malabaricus), tapi suaranya tak semerdu burung kucica.

14. Burung Kenari

harga burung kenari, jenis burung kenari, download suara burung kenari, burung kenari f1, jual burung kenari, burung kenari isian, ternak burung kenari, burung kacer

Burung kenari

Burung kenari (Serinus canaria) bukan burung asli Indonesia, tapi sudah cukup banyak dikenal sebagai burung hias kecil yang elok dan cantik. Burung mungil ini sangat lincah, suaranya indah dan banyak dipiara sebagai burung sangkar yang pandai menyanyi. Sebagai burung ternak, kenari terbagi dalam berbagai jenis ras atau bangsa. Masing-masing ras kenari memiliki perawakan, ciri dan warna bulu yang berbeda-beda. Ras kenari yang terkenal diantaranya adalah Norwich, Yorksire, Lizard, London Fancy, Saksis, Scoth Fancy, Waterslagers dan lain-lain. Burung ini mudah sekali dipiara dan dikembangbiakkan sebagai burung ternak. Bila di tempat asalnya (Eropa), burung ini Cuma 4 kali bertelur dan menetaskan anak dalam kurun waktu setahun, di Indonesia bisa bertelur dan menetaskan anak 8 kali dalam setahun.

15. Burung Kepodang

harga burung kepodang, suara burung kepodang, ciri burung kepodang jantan, cara merawat burung kepodang, harga burung kepodang emas

Burung Kepodang

Burung kepodang (Oriolus chinensis) sangat indah suaranya, sangat indah pula bulunya. Warna bulu kuning keemasan, sedap dipandang mata. Bagian tengkuk terdapat warna hitam melingkar. Begitu pula pada ujung sayap dan pipi kiri dan kanan. Suaranya nyaring dan dapat terdengar jelas kemerduannya, walau sang burung bertengger di pucuk ranting pohon yang tinggi. Banyak dipelihara sebagai burung biduan dalam sangkar. Di alam burung ini sering terlihat di daerah-daerah dekat pantai. Hidup di tempat-tempat yang agak terbuka, di kebun buah-buahan dan kadang-kadang hinggap di ranting-ranting pohon di halaman rumah sambil memperdengarkan bunyi suaranya yang merdu dan khas.

16. Burung Kutilang

suara burung kutilang mp3, harga burung kutilang, burung kutilang emas lagu burung kutilang, burung kutilang mp3, suara burung kutilang

Burung Kutilang

Burung kutilang (Pycnonotus cafer) merupakan burung biduan dalam sangkar yang banyak digemari, karena cepat jinak, manja dan suaranya merdu. Burung ini banyak dijual di pasar-pasar dan merupakan burung penyanyi yang sangat menarik. Burung ini warna kepalanya hitam dengan jambul agak nyegrak yang berdiri kaku. Bulu perut bagian belakang warnanya kuning agak jingga, warna ekor bagian bawah kuning tua. Burung kutilang terkenal sebagai burung yang tak suka diam, selalu bergerak dan tak suka lama-lama hinggap di suatu ranting pohon. Hampir mirip dengan burung kutilang ini adalah burung terucuk (Pycnonotus goiavier), tapi suaranya tak begitu merdu dan penyebarannya hanya terbatas di Jawa Timur.

Baca Juga :  MEMBUAT BONSAI BERBUAH

17. Burung Nuri

harga burung nuri kepala hitam, jual burung nuri, burung nuri jantan, burung nuri mp3, suara burung nuri, burung nuri kepala hitam

Burung Nuri

Burung nuri banyak sekali jenisnya, tapi biasanya yang umum dianggap sebagai burung nuri Lorius garrulus atau Domicella garrula. Burung ini memiliki bulu utuh yang seluruhnya merah, kecuali bagian sayap dan ujung ekor warnanya hijau. Di bagian punggung terdapat warna segitiga kuning, warna ini juga terdapat pada lekukan sayap. Paruh warnanya kuning merah. Burung nuri mudah dijinakkan dan bila dilatih, dapat dengan cepat menirukan kata-kata. Tapi sayang, sifat burung ini suka pemarah dan sering berteriak-teriak membuat keributan.

18. Burung Parkit

harga burung parkit, harga burung parkit 2012, jual burung parkit jinak, suara burung parkit, ternak burung parkit, makanan burung parkit

Burung Parkit

Burung parkit (Psittacula passerina) bukan burung asli Indonesia, tapi sangat menarik untuk dipiara, karena warna bulunya yang beraneka ragam dan kicauannya yang sangat ramai. Burung ini sangat lincah perangainya. Sebagai burung jinak, mudah sekali diternak. Dari hasil pemuliaan, kini terdapat berbagai varietas burung parkit. Burung ini mempunyai sifat yang khas, jantan dan betina selalu berpasangan dan jarang berpisah.

19. Burung Perkutut

harga burung perkutut, burung perkutut susi susanti, suara burung perkutut mp3, suara burung perkutut juara, burung perkutut albino, burung perkutut putih

Burung Perkutut

Burung perkutut (Geopelia striata) merupakan biduan dalam sangkar yang paling menarik di Indonesia, terutama bagi penduduk yang tergolong dalam suku Jawa. Kebanyakan dari burung jenis ini, yang berbunyi terus menerus adalah burung jantan. Burung betina bisa juga berbunyi, tapi Cuma kadang-kadang dan suaranya tida semerdu burung jantan. Ada dua macam perkutut yang dewasa ini banyak dipiara orang. Yakni perkutut alam dan perkutut ternak. Perkutut alam merupakan burung piaraan yang berasal dari hasil tangkapan burung alam. Jenis-jenis perkutut alam yang terkenal baik mutu suaranya adalah perkutut Blora, Randublatung, Tuban / Kanigoro, Bojonegoro dan Bali. Sedang perkutut ternak yang dewasa ini sangat populer sebagai burung penyanyi adalah perkutut bangkok dan persilangan antara perkutut bangkok dengan perkutut lokal.

20. Burung Poksay

harga burung poksay, burung poksay mandarin jantan, suara burung poksay, suara burung poksay download, suara burung poksay full, burung poksay jambul

Burung poksay dalam sangkar

Burung poksau (Garrulaz leucolophus) dikenal juga dengan sebutan burung gelak, karena bunyi suaranya yang sering terdengar seperti orang tertawa terkekeh-kekeh. Burung ini masih kerabat dekat dengan burung Hwa Mei dan sama-sama berasal dari Cina. Sebenarnya di Indonesia juga terdapat burung semacam ini, yakni burung kuda-kuda (Garrulax rufifrons) dan girgudei utan (Garrulax palliatus). Kedua burung lokal ini sampai sekarang masih liar, dan merupakan burung penghuni hutan penggunungan. Sebagai burung piaraan dalam sangkar, poksay merupakan burung sangkar yang sangat menarik. Suaranya bagus, warnanya elok, sikapnya tampan dan pembawaannya riang. Kepala, leher dan dada warnanya putih, demikian pula jambulnya. Paruh hitam, punggung, perut, sayap dan ekor warnanya cokelat tua kemerahan atau kehitaman. Sifatnya tidak begitu penakut. Di alam aslinya mereka hidup bergerombol. Bila berkicau, bunyi suaranya sering mengalami banyak perubahan. Seperti tertawa terkekeh-kekeh, bersorak, bersiul, berteriak, sekejab sunyi, berbisik-bisik, merintih, mengaduh, mencicit dan kemudian ramai lagi.

21. Burung Putar dan Tekukur

burung tekukur, tekukur, burung puter, burung putar

Burung putar (Puter)

Burung putar (Streptopelia bitorquata) dan tekukur (Streptopelia chinensis) banyak dipunyai orang sebagai burung piaraan yang cukup bagus bunyi suaranya. Kedua jenis burung ini mudah dipiara dan dikembangbiakan. Bahkan tak jarang mereka dikawinsilangkan dengan jenis lain untuk memperoleh keturunan bastar. Bunyi suara burung putar berbeda dengan tekukur, terutama sekali terlihat pada saat manggung. Burung putar memiliki kalung tengkuk putih di atas dan putih di bawah, sedang tekukur kalung tengkuknya hitam lebar dengan totol-totol putih. Warna sayap burung putar cokelat muda merata, sedang tekukur kelabu kecokelat-cokelatan dengan bercak-bercak hitam.

Jenis-jenis burung di atas merupakan jenis-jenis burung piaraan yang banyak digemari masyarakat, dan rata-rata mudah dibeli di pasar bebas dengan harga yang rendah maupun tinggi.

Loading...
error: