Lotus, Tanaman Air yang Cantik dan Perbedaannya dengan Teratai - ngasih.com

Lotus, Tanaman Air yang Cantik dan Perbedaannya dengan Teratai

Bunganya yang putih, hanya tahan sehari setelah mekar. Di saat mekar, diameter bunganya sekitar 25 cm.

Berdasarkan warna bunganya, tanaman air Nelumbo nucifera ini ada yang berbunga merah jambu, putih dan kuning.

Yang berbunga merah jambu, sudah dikenal di Indonesia sejak jaman Belanda dulu. Kini tanaman itu banyak terdapat di rawa-rawa sebagai tumbuhan liar. Penyebarannya pun sangat luas, sehingga bisa dijumpai di hampir semua tempat yang berair banyak.

“Yang putih masih langka”,  yang berbunga putih itu berasal dari Taiwan. Yang berbunga kuning masih jarang di Indonesia, meskipun keberedaannya banyak di Amerika.

Tak kenal musim

Tanaman air berbunga putih itu mampu berbunga beberapa kali dalam setahun, sehingga boleh dibilang masa pembungaannya tidak mengenal musim. Dari kuncup sampai mekarnya bunga dibutuhkan waktu sekitar seminggu. Bunganya yang harum tumbuh menjulang dengan tangkai bulat panjang dan kokoh, menyembul dari permukaan air.

Pada saat mekar, diameter bunganya sekitar 25 cm. Mekarnya sehari penuh, mulai pagi sampai sore hari. Setelah itu layu. Selanjutnya, satu persatu mahkota bunganya berguguran. Akhirnya tinggal putik bunganya saja yang berbentuk seperti corong mikrofon, warnanya hijau kekuningan.

Jumlah sepal dan petal dalam satu kuntum bunga masing-masing enam, kecuali yang berbunga dobel atau mahkota bunganya bersusun-susun. Sepal dan petal bunga sulit dibedakan, karena warna dan bentuk keduanya hampir serupa.

Dari putik yang seperti mikrofon itulah terbentuk buah teratai yang mengandun biji. Butiran-butiran bulat mirip butiran kacang tanah. Jumlahnya 15-30 butir per buah. Masing-masing butiran itu tersembunyi di dalam lubang-lubang buahnya yang berbentuk seperti sarang lebah. Biji itu sudah terhitung cukup tua kalau umurnya telah mencapai sebulan sejak bunganya mekar. Ciri biji yang suah tua, warnanya hijau kehitaman.

Baca Juga :  6 Tanaman Penghias Dalam Ruangan Terbaru

Ciri-ciri Bunga Lotus, Berdaun Lebar dan Bundar

Tanaman air yang sangat indah itu berdaun bundar. Daun itu disangga oleh tangkai yang sangat panjang, bulat, berdiameter 0,5-1 cm. Tangkainya itu berwarna hijau muda, berkulit halus, tidak berduri. Panjangnya sekitar satu meter yang kecil dan dua meter yang besar.

Daunnya menyembul ke atas permukaan air, bagai payung yang terbuka, dan menjulang tegak seperti daun keladi. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau keputihan. Licin, mengkilat, sedang bagian tengahnya agak cekung ke bawah. Permukaan bawahnya berwarna hijau muda.

Daun dan bunganya langsung keluar dari ruas-ruas batang atau rimpangnya yang terletak di dasar kolam. Batang itu tumbuh menjalar dan di bawah lumpur. Setiap ruas terdiri dari beberapa daun dan bunga yang menyembul dari dalam air ke udara.

Perbedaan Lotus (Seroja) dan Teratai

Lotus berbeda dengan teratai. Perbedaannya, daun dan bunga lotus tumbuh menjulang jauh di atas permukaan air. Sebaliknya daun dan bunga teratai menempel di permukaan air.

Menurut Setiyati Sastrapradja (dalam buku Tumbuhan Air, LBN-LIPI, 1981). Lotus adalah nama atau sebutan lain dari teratai, yang nama ilmiahnya adalah Nymphaea pubescens. Tanaman ini asli dari Afrika, tetapi sudah ratusan tahun dibudidayakan orang di Asia.

Ciri utamanya, batang atau rimpangnya tumbuh tegak di dalam air, buahnya masak di dalam air, daunnya yang bundar lonjong melipat dan bergerigi pada tepinya. Bunganya yang putih atau merah mekar pada malam hari, kecuali Nymphaea capensis yang berbunga ungu atau biru lembayung, mekar pada siang hari. Tanaman air ini oleh orang Inggris dikenal dengan sebutan Water Lotus.

Sedangkan Nelumbo nucifera dalam buku itu disebut Seroja. Asal tanamannya dari Asia daratan atau India. Penyebarannya ke berbagai negara lain seperti Mesir, Iran, Cina, dan Indonesia dilakukan oleh orang Hindu. Tanaman ini dipelihara sebagai penghias kolam taman. Tanaman air ini oleh orang Inggris dikenal dengan sebutan water lily, namun ada juga yang menyebutnya East Indian Lotus.

Sudah sejak jaman dahulu, keagungan bunga Lotus atau seroja ini dikaitkan dengan soal-soal keagamaan. Bagi pemeluk Hindu, yang berbunga ungu atau biru lembayung dipersembahkan kepada Dewa Wisnu sesuai warna keramatnya. Yang merah kepada Dewa Brahma dan yang putih kepada Dewa Syiwa.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Pupuk di Indonesia Kegunaannya

Pemeluk Budha pun menganggap bunga itu melambangkan kesucian. Hal itu tercermin dalam berbagai lukisan dan patung, yang menggambarkan Sang Budha sedang duduk bersemedi di atas bunga lotus yang sedang mekar dan menyembul ke luar di atas permukaan air. Lotus, Tanaman Air yang Cantik dan Perbedaannya dengan Teratai. #BK

Loading...