Makhluk Laut Cantik yang Berbahaya dan Mematikan - ngasih.com

Makhluk Laut Cantik yang Berbahaya dan Mematikan

Hewan laut yang Cantik namun Berbahaya dan Mematikan

Lautan sangat kaya akan ragam spesies ikan dan hewan laut lainnya. Anda yang suka bermain di pantai, snorkeling ataupun menyelam mungkin tidak asing dengan beberapa hewan-hewan cantik berikut ini yang ternyata sangatlah berbahaya dan mematikan.

1. Anemon Laut (Sea Anemone)

Sering dikira tanaman, makhluk kaleidoskop ini memiliki beragam warna. Mereka memiliki belalai atau cangkram basal dengan pusat bukaan mulut memancar dari cangkram ini, seperti cabang pohon.

hell's fire anemone facts, hell's fire anemone care, branching anemone, anemone tree, hellfire anemone hellfire anemone sting

Hell’s fire anemone (Anemon api neraka)
gambar : lightcurve.com

Sedikitnya mempunyai 10 sampai ratusan tentakel beracun. Racun kuat yang dimilikinya ini memungkinkan hewan bergerak menjadi lumpuh dan memindahkan mangsa ke mulut terbukanya dan mengaktifkan sistem pencernaan.

Di tengah cangkramnya, kita bisa melihat ada mulut. Itu sebenarnya adalah mulut dan sekaligus berguna sebagai anus. Mereka akan memasukkan makanannya kemudian dicerna secara internal lalu sisanya akan keluar melalui lubang yang sama. Bagian paling berbahaya dari hewan aneh ini adalah senjata rahasianya yang mematikan. Tiap tentakel dilapisi sel penyengat, menembakan semacam harpun beracun jika terkena sentuhan. Setiap anemon memiliki mekanisme yang mampu menangkap mangsa, jadi semua tentakel yang ada pada anemon laut akan memiliki nematosista atau sekumpulan nematosista pada ujung tentakel atau mungkin disepanjang tentakel. Saat ada yang menyentuh ujung tentakel harpun ini akan menembak dan menarik mangsa.

anemon laut bernafas dengan, anemon laut dan ikan badut, fun facts about sea anemones, where do sea anemone live, zeeanemoon, morska sasa, heteractis magnifica, hydra

Anemon laut dan ikan badut
gambar : thatpetplace.com

Tak semua vertebrata terpengaruh oleh tentakel yang memiliki racun mematikan ini, beberapa spesies anemon mengembangkan hubungan simbiosis mutualisme dengan hewan lainnya. Anemon kecil menempelkan dirinya kepada kerang moluska usang yang ditempati Hermit crab (kumang / kelomang / umang-umang).

Baca Juga :  Ayam Bangkok Aduan Super, Harganya Bisa Milyaran!

Anemon besar berdiam di karang berbatu, memberikan perlindungan dari predator bagi ikan badut (Clownfish) atau ikan giru yang bernama ilmiah Amphiprioninae. Ikan badut tinggal dan bersembunyi di antara tentakel penyengat anemon laut. Lalu mengapa ikan badut tidak terkena sengatan racun anemon ? Karena perlindungan berupa lendir menutupi ikan badut bertindak sebagai satu-satunya penghalang bagi kematian oleh penyengat beracun tersebut. Anemon hell’s fire adalah salah satu anemon yang sangat berbahaya bagi manusia dan dapat memberikan derita besar pada orang yang terkena sengatannya.

Jika kulit tersentuh anemon hell’s fire ini, tidak hanya mengakibatkan efek rasa sakit dan pembengkakan, namun neurotoksin yang sama menyebabkan pembusukan daging pada tempat yang disengat begitu juga kerusakan otot dan saraf yang lama. Terkena anemon laut ini proses penyembuhannya akan berjalan lama. Jadi tahan keinginan menyentuh makhluk indah yang seperti bunga laut cantik yang tentu saja menggoda dan menari dengan elegan.

2. Siput Kerucut (Cone Snail)

cone snail facts, cone snail pictures, cone snail for sale, cone snail medicine, cone snail venom effects, cone snail venom medicine, cone snail venom, cone snail deaths

Siput Kerucut (Cone Snail)
Hewan ini memanglah cantik bahkan cangkangnya ada yang mirip batik :v
gambar : wikipedia.org

Walaupun terlihat tidak berbahaya, makhluk yang satu ini adalah moluska kejam. Bayangkan ini. Anda berjalan di pantai berair biru jernih lalu anda menemukan kerang yang indah yang tidak Anda ketahui, lalu menyentuhnya dan nyawa anda bisa melayang.

hewan paling berbahaya di laut, laut berbahaya di dunia, makhluk aneh di laut, makhluk hidup di laut, makhluk yang hidup di laut

Siput laut menangkap mangsanya
gambar : wikipedia.org

Namanya siput tentu saja hewan ini bergerak lambat sehingga ia membutuhkan senjata lihai untuk berburu. Berburu di malam hari, siput kerucut menggunakan indra penciuman untuk melacak ikan tidur, kemudian menembakan semacam jarum beracun (seperti jarum suntik ditembakkan ke mangsa). Senjatanya menyebarkan bisa, lalu racunnya menyebar ke semua organ, jantung bahkan semua otot membuat ikan segera lumpuh dan siput itu akan menelan si ikan selagi ikannya masih hidup dan lumpuh lalu menelannya bulat-bulat.

Baca Juga :  Merawat Burung Di Perjalanan

Perlu di ingat, makhluk yang memburu ikan adalah makhluk yang berbahaya bagi kita. Bagi manusia, kita takkan dimakan hidup-hidup namun cara kerja bisa-nya sama. Karena racun mereka berkembang untuk melumpuhkan ikan (makhluk vertebrata) oleh karena itu manusia sebagai makhluk vertebrata juga akan mengalami pengaruh yang sama jika terkena racun siput kerucut.

Mereka biasanya hidup di rataan terumbu karang di sekitar perairan Australia, namun spesies yang berbahaya umumnya ada di daerah tropis. Cangkangnya bisa tumbuh sampai sebesar tangan orang dewasa, dan jarum mematikan itu adalah salah satu mekanisme tercepat di laut, menembak dengan kecepatan sangat tinggi. Kekuatannya lebih besar daripada peluru yang berkecepatan tinggi. Kecepatan jarumnya yang sangat kuat sehingga dapat menembus pakaian selam tebal. Tak ada cara aman untuk mengangkat siput ini dengan tangan, karena belalainya dapat meregang hingga ke belakang dan mengenai tangan Anda.

cone snail deaths, cone snail venom, cone snail facts, cone snail pictures, cone snail for sale, cone snail medicine, cone snail venom effects, cone snail venom medicine

Jarumnya yang seperti tombak dapat menyemburkan racun ke dalam tubuh anda
gambar : wikipedia.org

Kita bukan incaran siput kerucut namun jika Anda mengangkatnya, hewan ini bisa saja menyerang untuk melindungi diri. Kecelakaan akibat hewan ini biasanya terjadi karena orang menganggapnya cantik lalu mengangkatnya dimasukan ke saku lalu pergi berenang. Tidak lama kemudian hewan ini pun menyerang mengakibatkan lumpuh sampai pingsan dan tenggelam. Saat siput ini menyerang bisanya mengenai pusat sistem saraf, itu mengakibatkan serangan jantung. Anda hanya bisa bertahan jika mendapatkan bantuan. Anda harus selalu diberikan napas buatan, karena tidak ada antidote atau obat untuk sengatan siput kerucut ini. pilihan satu-satunya adalah menjaga pasien tetap hidup sampai efek bisanya habis. Meskipun hewan ini sangat mematikan namun para peneliti di Amerika sedang meneliti hewan ini untuk penyembuh kanker.

Baca Juga :  Tahap Perkembangan Mental Anak Anjing

3. Lion Fish (Pterois / Ikan Lepu)

lion fish facts, lionfish for sale, lionfish facts, lionfish care, lionfish invasion, lionfish sting, lionfish invasive species, lion fish recipes

lion fish (Ikan lepu)
gambar : wikipedia.org

Selebritis dari laut yang satu ini, karena penampilannya yang cantik telah memancing begitu banyak penggemarnya yang kurang beruntung. Ikan ini dikenal akan kecantikannya, sirip depan yang melambai dan memiliki pola seperti permen tongkat yang menarik. Namun kami ingatkan penampilan bisa menipu. Boleh dilihat tetapi jangan disentuh!

Karena hanya dengan kontak singkat saja bisa mengakibatkan penyebaran racun mematikan dari punggungnya yang seperti jarum. Anda hanya perlu tertusuk duri punggungnya di permukaan kulit Anda, dan itu cukup untuk memasukkan racun ke dalam tubuh Anda. Lalu setelah itu, anda berada dalam masalah.

ikan lepu ayam, ikan lepu beracun, ikan lepu batu, ikan lepu blogspot, ikan lepuh

Ikan lepu (Lion fish) / Pterois
gambar : wikipedia.org

Sifatnya adalah suka mengintai di malam hari, bersembunyi di balik terumbu karang dan celah-celah berbatu. Penyengat alami ini ditemukan di perairan hangat dan merupakan pemburu ulung sekaligus kanibal yang memakan sesama jenisnya. Lion Fish (Ikan Lepu) mampu memindahkan pusat gravitasi mereka untuk lebih mudah menyerang mangsanya, sembari menyemburkan air untuk membuat targetnya bingung. Mengandalkan kamuflase dan refleks secepat kilat saat mencapluk mangsanya.

Perlu diketahui bahwa ikan lion fish betina mampu bertelur hingga 30.000 telur setiap empat hari. Karena duri beracunnya, ikan ini termasuk kedalam golongan ikan scorpion bersama ikan batu. Dikenal juga dengan ikan turki atau ikan naga. Jika Anda sedang sial sehingga tersengat ikan ini, penghilang rasa sakit terbaik adalah air panas, sepanas mungkin. Rendam tubuh yang terkena bisanya di air panas atau segera mandi air panas. Kabar baiknya, Anda tidak mungkin meninggal namun anda mungkin malah berharap begitu, karena rasanya sangat menyakitkan.

Loading...