7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

ngasih.com. Siapa warga negara Indonesia yang tidak tahu daun singkong?

Daun yang mudah ditemukan ini menjadi salah-satu santapan pendamping favorit. Penampilan dan cita-rasanya bahkan sudah sangat akrab. Anda bisa membuat tumis daun singkong, gulai daun singkong, atau sekadar daun singkong rebus.

Selain melimpah dan harganya murah, daun singkong memang memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Entah itu zat besi, serat, karbohidratm, protein, asam amino esensial, serta vitamin A dan B1. Oleh karena itu, tidak perlu gengsi untuk melahap daun singkong.

Berikut ini 7 manfaat daun singkong yang mungkin tidak anda sangka:

manfaat daun singkong jepang, manfaat daun singkong untuk ibu hamil, manfaat daun singkong arab, manfaat daun singkong untuk kesehatan, manfaat daun singkong untuk ayam bangkok, manfaat daun singkong adalah, manfaat daun singkong afrika, manfaat daun singkong arab untuk ibu hamil, manfaat daun singkong alodokter

1. Daun singkong sebagai sumber energi

Sudah disinggung sebelumnya, kalau daun singkong kaya akan karbohidrat dan protein. Keduanya bisa menjadi sumber energi dan tenaga. Sehingga anda bisa beraktivitas dengan lancar dan bergairah.

2. Daun singkong untuk metabolisme tubuh

Vitamin B dan protein menjadi zat yang berperan penting untuk fungsi ini. Keduanya bertugas membentuk sel-sel tubuh khusus. Sebab hasil tersebut akan menghasilkan enzim yang sangat vital bagi proses metabolisme tubuh.

Baca Juga :  Jenis dan Ciri-Ciri Buah Belimbing Manis

3. Daun singkong untuk melancarkan pencernaan

Serat atau fiber menjadi salah-satu kandungan unggulan. Manfaatnya sangat terasa untuk proses pencernaan. Anda pun jadi terhindar dari masalah sembelit atau gangguan pencernaan lain.

4. Daun singkong sebagai antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai mokelul yang melindungi sel karena pengaruh radikal bebas. Sehingga tubuh tercegah dari bahaya masalah kulit dan penyakit kanker. Senyawa ini bisa didapatkan dari berbagai sumber. Entah itu teh hitam, teh hijau, kacang-kacangan, jeruk, sayur, dll, termasuk daun singkong.

5. Daun singkong sebagai penambah darah

Orang yang lemas karena didiagnosis menderita anemia, biasanya direkomendasikan untuk mengonsumsi daun singkong. Rupanya cara ini bukan hoax, sebab daun singkong memang memiliki zat besi yang cukup tinggi. Makanan murah meriah ini pun bisa membantu membentuk sel darah merah.

6. Daun singkong untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Daun ini memberikan kandungan mineral dan vitamin. Fungsinya tidak perlu diragukan lagi. Selain membantu proses metabolisme tubuh, kandungan ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Waspada! Ancaman Tungau Di Musim Kemarau

7. Daun singkong untuk diet

Jika anda sedang menjalani program diet, daun singkong bisa menjadi salah-satu pilihan menu. Bagaimana pun, kandungan kalorinya sangat rendah. Sementara  serat dan protein di dalamnya cukup kaya. Asupan ini tentu bisa menjadi menu yang ideal.

Nah, setelah membaca ini, jangan pernah menyepelekan daun singkong lagi. Malah daun ini sebaiknya menjadi satu dari sekian menu makanan rutin anda, ya. Meski demikian, hati-hati dengan daun singkong karet, karena mengandung racun. #RD

Loading...
error: