Manfaat Memiliki Power Bank Selain Untuk Mencharge HP - ngasih.com

Manfaat Memiliki Power Bank Selain Untuk Mencharge HP

Power bank adalah salah satu aksesoris HP yang booming pada awal era smartphone. Hal ini berawal dari kondisi smartphone yang memiliki kapasitas baterai terbatas, namun dituntut untuk bisa terus digunakan sepanjang hari. Dengan keterbatasan kapasitas baterai ini, sebuah smartphone yang secara intens digunakan dahulu bisa kehabisan baterai hanya dalam waktu 2-3 jam saja.

Sedangkan pada saat yang bersamaan, belum tentu seseorang bisa menemukan outlet listrik untuk mencharge HP-nya. Pada kondisi seperti inilah kemudian power bank menjadi bermanfaat dan banyak dicari.

manfaat menggunakan power bank, manfaat lain power bank, cara kerja dan manfaat power bank, kegunaan power bank adalah, apa manfaat power bank, manfaat dari power bank, kegunaan power bank untuk hp, kegunaan power bank samsung

via : bukalapak.com

Seiring dengan meningkatnya kapasitas baterai smartphone dan semakin efisiennya kinerja software di dalamnya, pemakaian power bank bisa dibilang sedikit menurun. Hari ini, sebuah smartphone mampu bertahan dari pagi hingga sore dalam kondisi terus menerus dipakai.

Sehingga seseorang tidak akan terlalu kebingungan ketika mendapati persentase baterainya tinggal sedikit. Namun bukan berarti power bank tidak lagi dicari. Power bank juga mengalami perubahan. Mulai dari model, kapasitas hingga harga power bank hari ini telah mengalami perubahan. Cara masyarakat memanfaatkan power bank pun juga mulai bervariasi, tidak hanya sekedar digunakan untuk mengisi baterai HP saja. Ada beberapa cara lain masyarakat hari ini dalam memanfaatkan power bank yang dimilikinya. Berikut di antaranya.

Lampu darurat

Hal yang mungkin semakin banyak dilakukan oleh masyarakat hari ini adalah memanfaatkan power bank sebagai lampu darurat pada saat kondisi mati lampu atau di ruangan gelap. Lampu darurat ini biasanya bukan merupakan fitur bawaan dari power bank, namun lebih sering merupakan sebuah perangkat tambahan yang ditenagai oleh power bank. Perangkat ini seperti misalnya lampu USB LED yang banyak di jual secara online. Harga power bank maupun kapasitas power bank biasanya tidak terlalu menjadi pertimbangan, mengingat kebutuhan ini sifatnya darurat dan tidak selalu digunakan.

Baca Juga :  Keren, 9 Pesawat Masa Depan Super Canggih Ini Bikin Film Sci-Fi Jadi Kenyataan!

Jumper mobil

Satu hal yang mungkin tidak terpikirkan pada awal diciptakannya power bank adalah fungsinya sebagai jumper pada aki mobil. Aki mobil secara bahasa juga dapat disebut sebagai “baterai” yang mengalirkan listrik pada kendaraan. Hanya saja, ada perbedaan mendasar antara aki mobil dengan baterai pada HP. Yang paling mencolok adalah tegangan yang dihasilkan. Aki mobil mampu menghasilkan tegangan hingga 12 volt. Sedangkan pada baterai, tegangan yang dihasilkan hanya berkisar separuh atau di bawahnya.

Hal ini membuat power bank yang mampu difungsikan sebagai jumper mobil memiliki fitur tambahan. Seperti misalnya tambahan adaptor agar dapat menghasilkan tegangan yang sesuai. Kemudian kabel tambahan dengan ujung capit buaya untuk menghubungkan kedua kutub aki mobil.  Hal ini juga yang kemudian menjadikan harga power bank jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan power bank pada umumnya.

Baterai perangkat elektronika

Sebagai mana fungsi power bank adalah sebagai pengisi daya bagi baterai HP, maka sebagian orang hari ini ada yang menggunakannya sebagai sumber daya listrik bagi perangkat elektronika. Bahasa sederhananya, power bank ini digunakan sebagai pengganti dari baterai. Jika menggunakan baterai untuk memberi daya bagi perangkat elektronika, terkadang seseorang akan kerepotan karena harus membeli dan mengganti baterai baru ketika dayanya habis.

Berbeda ketika seseorang menggunakan power bank. Power bank relatif lebih mudah digunakan dan dapat “di isi ulang” ketika dayanya habis. Pada power bank model tertentu juga memiliki bentuk yang praktis, sehingga mudah di rangkai bersama dengan perangkat elektronika. Berbeda dengan baterai yang masih memerlukan komponen tambahan agar dapat terpasang menjadi satu bagian dengan perangkat. Untuk harga power bank dalam kasus ini relatif menyesuaikan dengan kapasitas dari power bank itu sendiri.

Baca Juga :  Sharkbanz, Penangkal Hiu bagi Perenang dan Peselancar

Berbagai jenis, bentuk, harga dan kapasitas dari power bank hari ini menjadikan seseorang perlu untuk melihat-lihat terlebih dahulu. Salah satu tempat terbaik untuk mencari power bank hari ini adalah di Bukalapak. Di Bukalapak kita bisa mencari berbagai jenis power bank mulai dari yang berkapasitas tinggi atau yang memiliki bentuk praktis. Kita juga bisa mendapatkan tambahan berupa diskon atau gratis ongkos kirim dengan membeli power bank ini di Bukalapak sekarang juga.

Loading...