Menantu seperti apa yang diinginkan bapak ibumu? - ngasih.com

Menantu seperti apa yang diinginkan bapak ibumu?

Mungkin kalian perlu tahu: Menantu seperti apa yang diinginkan bapak ibumu?

–> Mantu yang sukses, kaya, terpandang, bikin bangga dan gak malu-maluin di mata keluarga besarnya?

  • Harapan yang wajar bin manusiawi. Yang perlu direnungkan dengan serius: adakah orang dengan kriteria seperti itu yang mau jadi anak mantu mereka? Kalian sendiri yang jadi anaknya apa cukup pede mengemban aspirasi mereka? Bahasa kasarnya: apakah orang tuamu sumbut dengan ambisinya? Punya mantu dan besan orang terpandang jelas membanggakan. Tapi kalau status sosial kita di bawah mereka, siapkah digunjing atau dipandang sebelah mata?

–> Mantu dari keluarga yang setara derajadnya dengan mereka. Artinya, tak lebih miskin atau kaya. Biar sama levelnya…

  • Psychologically mungkin ini solusi aman buat ego mereka. Tapi kayaknya hidupmu bakal stagnan dan tidak ada kemajuan…

–> Mantu yang soleh / solikhah ahli agama, patuh perintah Tuhan dan istiqomah menjauhi larangannya. Qatam Al Qur’an pakar hadits.

  • Wah, bagus itu. Tapi orangtuamu sendiri seperti apa kualitas ibadahnya? Dan siapkah mental mereka kalau nanti digurui menantunya dan sedikit-sedikit dikoreksi jalan hidupnya?

–> Mantu idaman orang berada, berpangkat, petinggi partai, polisi atau tentara, yang bisa mendongkrak harga diri keluarga, agar tak lagi diremehkan para tetangga.

  • Sudahkah orang tua membahas keinginannya itu dengan saudara? Atau mereka terlalu egois menumbalkan dirimu sebagai sandra aspirasi sosial mereka?

–> Mantu apa dan siapa saja tidak jadi soal. Miskin atau kaya, Jawa atau Cina, sarjana atau diploma tiga, tak jadi soal bagi mereka. Yang penting kalian bahagia.

  • Kesannya ini sikap yang bijak, tapi sesungguhnya bahaya. Pernahkah mereka bertanya apa sesungguhnya yang kau inginkan? Pahamkah kau apa itu bahagia? Tahukah kalian beda antara nafsu dan cinta? Ngerti nggak kalian apa yang esensial dalam perkawinan? Pernahkah kau mengamati kehidupan orangtuamu? Bahagia atau susahkah hidup mereka? Pasangan yang hidupnya tersiksa pasti sulit menanamkan konsep kebahagiaan kepada anaknya. Bapak atau ibu yang selebor mana mungkin bisa mengajari cara memilih jodoh pada anaknya?
Baca Juga :  10 Penulis atau Pengarang Terkenal Paling Kaya di Dunia

Tulisan ini bisa makin panjang dan bikin galau sampeyan. Mulai sekarang renungkan semua itu. Diskusikan masalah ini dengan bapak ibu kalian, supaya persoalan jodohmu jadi terang dan harapan kalian lebih rasional dan berimbang.

Credit : Arif Subiyanto

Loading...