Mitos – Mitos Pertanda Akan Datangnya Bencana - ngasih.com

Mitos – Mitos Pertanda Akan Datangnya Bencana

Mitos-Mitos Pertanda Akan Datangnya Bencana

banshee mythical creature, screaming like a banshee, banshee folklore, banshee myths and legends, banshee encyclopedia, what is a banshee, banshee scream, banshee names

Ilustrasi Banshee yang menjadi mitos di Di Irlandia
gambar : fairyist.com

Apa yang ada dalam pikiran Anda jika melihat seekor burung gagak hitam bertengger di atap rumah Anda. Pasti anda akan langsung teringat dengan sebuah mitos yang mengatakan bahwa kedatangan burung gagak hitam menjadi pertanda akan datangnya hal buruk pada diri Anda ataupun keluarga terdekat Anda.

Selama ini memang burung gagak hitam dikenal dengan mitosnya sebagai pembawa keburukan dan kesulitan. Bahkan kehadiran gagak hitam sering kali dikaitkan sebagai penjemput ajal dari penghuni rumah yang dihinggapinya. Bukan hanya burung gagak hitam, bahkan anjing hitam juga menjadi salah satu pertanda akan datangnya mencana. Menurut mitos yang beredar, siapa saja yang melihat sosok anjing hitam maka orang itu akan mengalami kematian. Itulah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat.

Masih banyak mitos lainnya yang juga dipercaya menjadi tanda datangnya bencana. Apa saja mitos-mitos tersebut, berikut diantaranya :

1. Kucing Hitam

mitos kucing telon, mitos kucing mati, mitos kucing telon jantan, mitos kucing hitam, mitos kucing 2008-2020, toko mitos kucing, mitos tentang kucing hitam, mitos kucing belang telon

Mitos kucing hitam
gambar : sodahead.com

Dalam berbagai film misteri kehadiran kucing hitam selalu diartikan sebagai pertanda datangnya makhluk ghaib serta pembawa kesialan. Mitos ini tidak hanya berkembang luas di masyarakat Indonesia saja tetapi juga masyarakat maju seperti di Eropa dan Amerika serikat. Di Eropa sendiri, pada abad pertengahan kucing hitam dianggap sebagai jelmaan penyihir. Maka tidak heran jika dalam berbagai film horror hollywood ber-genre misteri, selalu saja muncul kucing hitam sebagai satu pertanda buruk atau jelmaan dari seorang penyihir.

Namun ternyata tidak semua masyarakat dunia menganggap kucing hitam sebagai pertanda datangnya bencana. Karena dikalangan masyarakat Inggris, pengantin yang memperoleh hadiah kucing hitam justru akan mendapatkan keberuntungan. Sedangkan di Skotlandia kucing hitam menandakan kemakmuran.

Baca Juga :  Manfaat Kolang Kaling, si Bening dari Pohon Aren

2. Petir di Siang Hari yang Cerah

petir terbesar di dunia, petir dalam islam, suara petir, batu petir, proses terjadinya petir, camel petir anti petir, petir terbesar

Petir di siang hari
gambar : weatherzone.com.au

Menurut mitos orang-orang melayu dan juga Sumatera petir yang menyambar di siang hari yang cerah tanpa ada awan mendung memiliki arti dan makna bahwa akan ada seorang tokoh masyarakat yang akan meninggal dalam waktu dekat. Tidak hanya itu pertanda serupa juga bisa diartikan sebagai pertanda bahwa akan terjadi bencana besar di daerah tersebut.

Namun bagi suku Makasar sebagai suku terbesar di Sulawesi Selatan petir di siang hari yang cerah memiliki beragam arti tergantung pada hari dan bulan petir tersebut terjadi. Seperti jika petir menyambar di hari Sabtu siang maka berarti harga pangan akan murah. Namun jika terjadi pada saat Ashar maka kemungkinan akan datang wabah penyakit serta akan terjadi perselisihan diantara penduduk. Namun jika petir terjadi di hari Selasa, maka akan banyak binatang yang mati terkena wabah penyakit.

3. Banshee (Mitos di Irlandia)

banshee mythical creature, screaming like a banshee, banshee folklore, banshee myths and legends, banshee encyclopedia, what is a banshee, banshee scream, banshee names

Ilustrasi Banshee yang menjadi mitos di Di Irlandia
gambar : fairyist.com

Di Irlandia, kehadiran sosok Banshee ternyata telah menjadi mitos tersendiri yang menjadi pertanda akan datangnya suatu bencana. Namun sebenarnya dalam bahasa Irlandia Banshee memiliki arti sebagai wanita dari dunia peri. Sedangkan dalam mitologi Irlandia Banshee dikenal sebagai roh wanita yang menandakan bahwa kematian sudah dekat. Maka tak heran jika kemudian Banshee dikenal juga sebagai pengantar kematian.

Menurut mitos yang beredar di Irlandia, jika sesosok Banshee muncul di sebuah rumah maka salah satu anggota keluarga di rumah tersebut akan meninggal dunia. Tak hanya itu Banshee juga menyampaikan pesan kematiannya dengan cara menyanyikan lagu berisi lirik-lirik kematian nan sendu kepada keluarga tersebut, dari cara Banshee menyanyi juga memiliki pertanda yang berbeda. Jika Banshee tersebut menyukai orang yang akan meninggal dan juga keluarganya, maka Banshee akan menyanyikannya dengan nada yang lembut sebagai hiburan bagi keluarga yang akan ditinggalkan.

Baca Juga :  Tertawa itu Sehat "LACHEN IST GESUND"

Namun jika Banshee tidak menyukai orang tersebut maka nyanyiannya akan bernada keras, menyeramkan hingga jeritan yang menakutkan, mitos lain dari Banshee juga menyebutkan jika Banshee muncul secara berkelompok maka hal tersebut akan menjadi pertanda bahwa akan ada seorang pahlawan hebat atau orang suci yang akan meninggal dunia.

4. Kumpulan Burung Laut

mitos burung laut, mitos burung gagak hitam, mitos burung garuda, mitos burung merpati, mitos burung hantu, mitos burung kepodang, mitos burung cendet, mitos tentang burung hantu, mitos burung gelatik

Kumpulan Burung Laut terbang ke darat
gambar : youtube.com

Dulu para ahli dan masyarakat mengandalkan berbagai macam tanda alam untuk mendeteksi datangnya bencana, salah satunya adalah tingkah hewan. Hewan diyakini memiliki indra yang cukup tajam, sehingga akan cepat mengetahui datangnya sebuah bencana seperti gempa bumi dan gelombang besar tsunami.

Tidak hanya itu hewan juga diyakini lebih peka dibandingkan manusia dalam menangkap getaran atau perubahan tekanan udara disekitar mereka. Salah satu binatang yang dipercaya menjadi salah satu pertanda akan datangnya sebuah bencana adalah burung laut. Adanya sekelompok burung laut dalam jumlah besar yang terbang rendah menjauhi lautan menuju ke tengah daratan dipercaya menjadi salah satu tanda bahwa akan terjadi gelombang besar di pantai seperti tsunami.

5. Burung Hantu

fakta tentang burung hantu, mitos memelihara burung hantu, mitos tentang burung gagak

Burung hantu sering dikaitkan dengan hal berbau mistis
gambar : youtube.com

Sosok burung hantu yang penuh misteri, sering kali dikaitkan dengan hal berbau mistis. Sorot matanya yang mengerikan ditambah lingkaran hitam disekitar bola matanya serta kemunculannya yang biasanya hanya ada saat malam hari membuat burung hantu sering kali dianggap sebagai hewan yang menakutkan dan menjadi peliharaan para hantu.

Maka tidak heran jika burung bermata belo ini dinamakan sebagai burung hantu. Di tengah masyarakat Eropa burung hantu dipercaya sebagai pembawa kesialan dan simbol dari kematian. Berbagai mitos yang beredar adalah jika terdengar suara burung hantu maka disekitar tempat tersebut terdapat hantu yang bergentayangan. Di negara India, suara burung hantu dianggap sebagai pertanda kematian.

Baca Juga :  Begini Cara Ampuh Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Mudah dan Murah!

Namun berbeda dengan masyarakat Yunani kuno yang percaya bahwa bila burung hantu mengitari pasukan yang akan berperang maka pasukan tersebut akan memenangkan peperangan. Sedangkan suku Indian menganggap bahwa burung hantu adalah jelmaan dewa penolong dan kebijaksanaan. Dari sisi ilmiah sebenarnya burung yang berbulu lebat serta halus ini hanya mengeluarkan suara apabila berhasil mendeteksi keberadaan mangsanya. Jadi jika burung hantu bersuara itu berarti burung tersebut tengah mencari makan dan telah menemukan mangsanya. #Spt.

Loading...