Olahan Daging Kambing Khas solo - ngasih.com

Olahan Daging Kambing Khas solo

Olahan Daging Kambing Khas solo

peta kota solo lengkap, kota solo sekarang, wisata kuliner kota solo, kota solo setelah dipimpin jokowi, keindahan kota solo, kota solo jawa tengah, kota solo lirik, kota solo dimalam hariKota yang memiliki tradisi Jawa yang sangat dibanggakan oleh masyarakatnya ini merupakan kota yang dibangun oleh Sunan Pakubuwana II.

Riwayat kota ini tidak bisa lepas dari sejarah keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam.

Karenanya sering disebut juga Kota Surakarta.

Selain memiliki keistimewaan dari sisi sejarah, kota Solo juga mempunyai keistimewaan dari kulinernya.

Dikalangan para pecinta kuliner, Kota Solo adalah merupakan gudangnya makanan lezat. Beragam makanan dan minuman khas dapat Anda temui di Solo.

Di bawah ini adalah beberapa makanan khas Solo yang bahan olahannya dari daging kambing :

1. Tengkleng Khas Solo

resep tengkleng solo, tengkleng solo terkenal, tengkleng solo enak, tengkleng solo pasar klewer, tengkleng solo buka malam, tengkleng solo di jakarta selatan

Tengkleng Solo klewer

Inilah salah satu kuliner yang patut anda coba bila mengunjungi Solo. Makanan khas Kota Solo yang berupa tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel (seperti kerewedan kalau orang Sunda bilang). Yang disertai kuah yang pedas manis ini tentunya akan sangat menggugah selera anda.

Salah satu penjual Tengkleng yang terkenal adalah Bu Edi. “Tengkleng Klewer Bu. EDI” ya seperti itulah merek dagangnya šŸ˜€

Berada tepat di bawah gapura Pasar Klewer di sisi utara, dengan terpal sebagai penutup warung dan berjajar bangku yang sederhana. Warung Tengkleng bu Edi justru menjadi warung tengkleng paling ramai dan laku.

Bagaimana tidak, warung Tengkleng yang buka pada jam satu siang, pasti sudah habis laku terjual pada jam empat sore!.

Dalam sehari Bu Edi mampu menjual 40 kepala kambing yang sudah dipotong-potong, tulang kambing seberat 50 kilogram dan 20 kg jeroan kambing.

tengkleng solo pasar klewer, resep tengkleng solo asli, tongseng kambing, tengkleng solo klewer, resep tengkleng khas solo

Suasana di warung tengkleng pasar klewer bu Edi
gambar : auratrans.blogspot.com

Proses pembuatan tengkleng sendiri cukup sederhana, dimulai dari pembersihan kepala dan kaki kambing, pembakaran lalu kambing tersebut dipotong-potong, lalu dicuci kembali setelah itu direbus selama 2 jam. Dalam sehari ibu Edi membawa 4 sampai 5 panci ukuran besar dan menu yang paling diminati konsumen adalah tengkleng iga, lidah, sumsum, kaki, mata dan pipi.

Baca Juga :  17 Keajaiban Dunia sekaligus Situs Bersejarah Terbaik dan Populer

Dan jangan khawatir harga satu porsi tengkleng tidak akan membuat anda meronggoh kocek terlalu dalam, karena harganya berkisar antara Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 30.000 saja.

2. Sate Buntel Khas Solo

resep sate buntel, sate buntel solo, sate buntel di solo, sate buntel tambak segaran, sate buntel ayam, sate buntel recipe, lamb sate recipe, cooking lamb sate

Sate Buntel Solo

Jika anda bosan dengan sate ayam atau sate kambing yang penyajiannya begitu-begitu saja atau bahasa kerennya (mainstream), mungkin sate buntel yang satu ini bisa menjadi pilihan alternatif Anda.

Sate buntel merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing, kemudian dibakar.

Makanan yang lezat ini merupakan salah satu kuliner yang tekenal di Solo.

Tekstur dagingnya sangat lembut dan lemak kambing yang membalut daging kambing tersebut menjadi pelengkap rasa gurih, serta menghasilkan wangi yang begitu menggoda dan membangkitkan selera makan Anda. Biasanya harga yang dibandrol adalah sekitar Rp. 15.000.

3. Tongseng dan Gulai Kambing Khas Solo

resep tongseng kambing solo, resep tongseng kambing enak, bumbu tongseng kambing, cara membuat tongseng kambing, resep tongseng kambing tanpa santan, resep tongseng kambing sederhana, bumbu tongseng kambing solo, resep tongseng kambing khas solo

Tampilan Tongseng khas Solo

Meskipun keduanya terlihat mirip, makanan yang berbahan dasar daging kambing ini memiliki perbedaan. Tongseng adalah merupakan daging kambing yang telah dipotong seperti dadu lalu ditumis dengan bumbu bawang putih, bawang merah, merica bubuk, tomat, kol, sedikit kuah kental dan kecap. Rasa dari tongseng kambing lebih manis dan pedas, karena biasanya cabe rawit yang dipakai dihancurkan di dalam kuali penggorengnya.

gulai kambing arab, tongseng kambing, gulai kambing madura, gulai kambing recipe, resep gulai kambing betawi resep gulai kambing enak, resep gulai kambing jawa timur, resep gulai kambing

Ilustrasi Gulai kambing Solo

Yang menjadikannya unik dan nikmat, bisa jadi adalah proses memasak tongseng yang dilakukan di atas tungku yang memakai arang. Sangat cocok disajikan hangat-hangat dengan nasi panas, oleh sebab itu para penjualnya biasanya akan memasaknya seketika pada waktu ada yang memesan.

Berbeda dengan tongseng, gulai kambing tidak hanya memakai daging kambingnya saja namun beberapa jeroan juga dicampur di dalam kuah gulai. Jika tongseng memakai kol, gulai kambing tidak perlu menambahkan kol (kubis). Seperti halnya tongseng, gulai kambing pun sangat cocok disajikan dengan nasi panas.

Baca Juga :  Kuliah Online Tambahan Kosakata: Tentang WARNA
Loading...